Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Memilih, mengecat elemen kayu bangunan, perabot & merawatnya

with 12 comments

Rangka atap dari kayu, terlihat menawan jika diekspos. Pengeringan ( oven ) dan coating kayu akan memperpanjang usia pemakaiannya.

Rangka atap dari kayu, terlihat menawan jika diekspos ( tanpa plafon ). Pengeringan ( oven ) dan coating kayu akan memperpanjang usia pemakaiannya.

Kayu masih menjadi primadona. Material ini begitu akrab dengan budaya membangun rumah di Indonesia. Banyak orang terpikat keindahannya. Kuda2, atap, kusen, pintu, jendela, furniture, lantai, dinding dan plafon bisa menggunakan bahan kayu. Bahkan pada jaman Belanda dulu, beberapa bangunan besar di Indonesia, ada yang menggunakan kayu sebagai pondasi, kata Endy Subijono, arsitek juga peneliti kayu. Tentu, tak semua jenis kayu sesuai digunakan sebagai elemen bangunan. Arsitek Aaron Purbo menuturkan, kayu wajib ditempatkan sesuai karakter bahan. Jangan asal menempatkan kayu kalau bukan peruntukannya. Kayu tepat, bangunan menjadi kuat.

Kayu untuk konstruksi harus memenuhi syarat teknis ; kuat, keras, berukuran besar, dan mempunyai keawetan alam yang tinggi. Jenis kayu yang tepat untuk ini, antara lain ; kayu jati, bangkirai, kapur, rasamala, balau, belangeran dan giam. Kayu langsung terkena air, misalnya lantai teras luar, rangka atap untuk genteng sirap, sebaiknya menggunakan jenis kayu tahan air seperti ; kayu ulin, bangkirai dan damar laut. Untuk yang mengedepankan keindahan, gunakan kayu berserat cantik seperti ; kayu jati, kelapa, nyatoh, ebony, sungkai dan sonokeling. Kayu untuk furnitur, sebaiknya dipilih yang sedang beratnya, berdimensi stabil, punya unsur dekoratif dan mudah dikerjakan ( dipaku, dibubut, disekrup, dilem dsb ), seperti ; kayu jati, mahoni, meranti, sonokeling dan ramin. Pada lantai ( misalnya, parket ) gunakan kayu yang keras, berdaya abrasi tinggi, tahan asam, mudah dipaku dan cukup kuat, seperti kayu ; balau, bangkirai, bungur dan jati.

Sebagian jenis kayu sangat rapuh dan mudah dimakan rayap. Sebagian lagi cukup keras dan dihindari rayap. Jenis kayu yang cukup tahan rayap, salah satunya jati yang memiliki zat ekstraktif bersifat racun sehingga rayap enggan mampir. Kelebihan lain dari jati adalah kuat, mudah diaplikasikan dan memiliki serat yang menawan. Sayang, ketersediaannya kini semakin menipis dan langka. Walhasil, harga jati melangit. Permeter kubiknya sekarang sekitar Rp15 – 20 juta. Dengan harga setinggi itu, anda harus mempertimbangkan masak2 pemakaian kayu jati sebagai konstruksi rumah, misalnya pada elemen kusen, pintu, jendela atau furnitur. Sayang ( jangan ) kalau cuma dipakai untuk kuda2 atau rangka atap.

Untuk konstruksi atap yang kuat dan tahan rayap serta harga terjangkau, gunakan kayu bangkirai. Kekuatannya boleh diadu dengan jati. Harganya sekitar Rp.3 – 4 juta permeter kubik. Persoalannya, jika menggunakan kayu ini, anda harus memperkerjakan tukang yang berpengalaman menangani kayu keras yang menuntut perlakuan lebih. Untuk bangkirai, agar mudah dipaku harus dibor dulu.

Makin langkanya kayu berkualitas, membuat orang melirik material alternatif. Sebut saja kusen aluminium, daun pintu dari PVC atau rangka atap dari baja ringan. Harga material pengganti ini cenderung lebih tinggi dari kayu ( kecuali jati dan ulin yang masih lebih mahal ). Maka, mau tak mau, kayu masih menjadi pilihan. Memang, tak semua kayu seberuntung jati atau bangkirai yang memiliki zat penangkal rayap secara alami. Kayu yang rentan rayap tetap bisa diaplikasikan, dengan perlakuan khusus terlebih dahulu sebelum digunakan sebagai elemen bangunan. Rayap juga tak selalu ada di mana-mana.

Kayu punya banyak keunggulan, mudah dibentuk, teknologi aplikasi sederhana, memiliki banyak jenis dan ragam serat, serta banyak pilihan finishing/ coating ( cat, pernis, pelitur, melamik, duco ). Kita dapat membangun rumah dengan kreativitas yang lebih bebas. Anda pun akan memperoleh rumah yang kuat dan memikat ( Idea )

Kiat membangun rumah kayu

Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

  • Rumah kayu paling tepat didirikan di daerah berhawa sejuk atau dingin karena dapat menghadirkan kehangatan.
  • Pada iklim yang lebih panas, bangunan dari kayu sebaiknya menggunakan AC ( pendingin udara ). Bisa juga dengan menerapkan pola minim sekat agar hubungan antar ruang lebih terbuka, sehingga udara mengalir lebih baik.
  • Rumah kayu di daerah panas sebaiknya menggunakan furnitur sebagai sekat. Sesuaikan furniture yang digunakan dengan bahan atau warna dominan interiornya. Jika rumah kayu terbuat dari bahan kayu kelapa, furnitur dari kayu kelapa bisa menjadi pilihan. Jika bahan utama bangunan dari kayu bangkirai, pilih furnitur berbahan jati atau kamper. Anda juga dapat menggunakan jenis kayu lain, asal tetap memperhatikan keselarasan.
  • Rumah kayu umumnya dibuat bentuk panggung agar tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Tanah mudah menciptakan kelembaban, mengundang datangnya rayap.
  • Panggung biasanya dibuat dengan ketinggian sekitar 50-60 cm dari permukaan tanah. Jika tak suka rumah kayu terlihat menyerupai rumah panggung, siasati dengan menutup bagian bawahnya menggunakan batu bata.
Gazebo tingkat dari bahan kayu.

Gazebo tingkat dari bahan kayu.

  • Rumah kayu akan lebih cantik bila ditunjang dengan ekterior yang serasi ; taman tropis, kolam dan gazebo.
  • Rumah kayu sebaiknya sering dicoating ulang, minimal 6 bulan sekali, terutama pada bagian yang langsung bersentuhan dengan eksterior. Di wilayah ini, melamik yang melekat pada kayu, misalnya, akan cepat pudar. Tanpa coating ( pernis, pelitur, melamik, duco, cat ) sinar matahari, hujan dan angin dapat membuat kayu lebih cepat rusak dan tampak kusam.
  • Sesuaikan coating dengan peruntukkannya. Misalnya, kayu yang dipakai untuk daun jendela memerlukan finishing/ coating berbeda dengan kayu yang digunakan untuk genteng.
  • Sebaiknya jendela dan pintu diberi atap tempiasan tambahan untuk menghalau sinar matahari dan hujan. Lebar atap tempiasan berkisar 60 – 120 cm.
  • Jangan lupa menggunakan kayu yang sudah di-oven untuk meminimalisir kadar air dalam batang sehingga kayu tak mudah memuai atau menyusut.
  • Siapkan dana yang cukup untuk membangun rumah kayu. Membangun rumah kayu memerlukan dana lebih besar daripada rumah batu. Sebenarnya harga permeter persegi sama, yaitu Rp.2 juta. Namun, jika pada rumah biasa/ batu, biaya itu sudah termasuk untuk kamar mandi dan pondasi. ( Idea ).

Oven dan dempul mengatasi muai susut kayu.

Kayu mudah memuai dan menyusut bila terkena cuaca ( hujan dan panas ). Hal ini dapat dihindari semaksimal mungkin dengan pengeringan kayu yang baik. Ada ukuran standar kandungan air dalam kayu yang harus dipenuhi agar muai susut yang terjadi masih dapat diterima. Standar yang umum digunakan biasanya 12 % kandungan air dalam kayu kering, yang diukur dengan alat khusus. Jika masih terjadi pemuaian, siasati dengan cara diserut atau ditambal dengan wood filler ( dempul ). Jika terjadi penyusutan, gantilah kayu tsb.

Cegah rayap mengunyah rumah anda.

Laron. Ada gula ada semut. Ada cahaya ada laron. Laron ternyata rayap kayu yang bersayap. Selain melihat kusen ada berserbuk, kehadiran laron di dekat lampu pertanda rayap sudah menyambangi rumah anda.

Laron. Ada gula ada semut. Ada cahaya ada laron. Laron ternyata rayap kayu yang bersayap. Selain melihat kusen ada berserbuk, kehadiran laron di dekat lampu pertanda rayap sudah menyambangi rumah anda. Ada yang menggoreng dan menjadikannya cemilan gurih. Hii ..

Rayap adalah musuh utama sebagian besar jenis kayu yang ada di Indonesia. Besarnya hanya 3 mm, beratnya 2,5 mg. Rayap termasuk jenis serangga purba, karena sudah ada sejak 200 juta tahun lalu. Rayap ada 3 kelompok ; rayap kayu kering, rayap pohon dan rayap tanah. Pada musim tertentu, hewan ini menjadi laron, terbang di bawah sinar lampu bersama pasangannya. Setelah melepaskan sayapnya, pasangan laron mencari tempat untuk membentuk koloni baru.

Walau bertubuh kecil, serangga ini termasuk jenis yang rakus. Satu ekor memerlukan makanan 0,24 mg setiap hari. Bayangkan, berapa kilogram kayu yang dihabiskan satu koloni rayap selama satu bulan. Tentu, tidak ada persoalan yang tidak dapat diatasi. Begitu juga dengan masalah rayap ini. Cara untuk menjaga kayu dan rumah selamat dari serangan rayap :

  • Menaburkan kapur gunung di areal tanah sebelum mendirikan pondasi rumah sehingga tingkat keasaman tanah meningkat dan rayap tidak betah.
  • Pada saat menggali lubang pondasi, sebelum rumah dibangun, seluruh lubang serta area calon bawah lantai disemprot dengan cairan anti rayap.
  • Membuat lempengan aluminium dengan sudut tertentu yang ditempatkan di bawah kusen. Tindakan ini membuat rayap tidak dapat lewat, sebab rayap tidak suka tubuhnya terbalik. Cara ini sering dilupakan orang.
  • Merendam kayu yang akan digunakan untuk membangun rumah, selama 4 hingga 6 bulan, untuk melarutkan zat2 di dalam kayu yang dapat menarik minat rayap. Dapat juga merendamnya dalam residu minyak/ aspal, minyak tanah dan kayu sereh. Campuran minyak tanah dan kayu sereh mampu melindungi kayu pinus dari rayap.
  • Jika rumah sudah berdiri, kemudian diserang rayap, tindakan pemberantasan dapat dilakukan dengan menggunakan bor beton. Caranya dengan membuat lubang2 berjarak antara 40 cm hingga 50 cm di sekitar dinding luar dan dalam rumah. Selanjutnya dengan injector berisi cairan kimia anti rayap, setiap lubang disemprot 2-3 liter termetrin yang bisa tahan 5 – 8 tahun. Setelah itu diinjeksi lagi.
  • Saat rumah sudah berdiri, struktur kayu bisa disemprot atau diroller/ kuas dengan bahan kimia anti rayap.
  • Hindari terciptanya sudut2 lembab di dalam rumah. Cegah kebocoran sekecil apa pun yang bisa membasahi rangka atap, apalagi sampai merembes ke perangkat furniture yang rata2 memakai material yang rentan rayap. Tempat lembab dan bau kayu basah memancing rayap keluar dari dalam tanah, menembus beton dan lantai semen untuk mendatangi kayu.
  • Lakukan pengecekan rayap 6 bulan sekali. Begitu terdeteksi kehadiran rayap, berantas hingga tuntas. Jangan beri kesempatan pada makhluk kecil ini untuk memakan habis rumah anda.

Aneka kayu, kelebihan dan kekurangannya

Aplikasi kayu jati di bangunan. ( dari Mahesa Internasional )

Aplikasi kayu jati di bangunan. Courtesy of Mahesa Internasional

Meranti, digunakan untuk elemen interior. Kesan ringan, tidak kokoh, mudah memuai, warna tak seragam ( putih, kuning, merah ). Harga relatif terjangkau ( Rp.1,8 juta – Rp.2 juta/ m3 )

Kamper Medan/ Banjar, digunakan untuk kuda2 atap. Bergetah, sewaktu finishing getah bisa keluar. Harga relatif terjangkau ( Rp. 2,5 juta – Rp.3 juta/m3 )

Kamper Singkil, digunakan untuk kusen. Masih mungkin memuai, mudah mengalami retak rambut, sebaiknya di-oven ( dipanaskan ) untuk memperkecil kadar air dalam batang. Harga relatif terjangkau ( Rp. 3 juta – Rp.4 juta/ m3 ). Kualitas kayu lebih kuat.

Bangkirai, Damar laut, diaplikasikan untuk elemen eksterior. Pengerjaan relatif susah karena kayu keras. Persediaan terbatas. Kayu kuat dan tahan cuaca, tampilan serat bagus, anti rayap. Harga Rp.3 juta – Rp.4 juta/ m3.

Kamper Samarinda, diaplikasikan untuk kusen, jendela, pintu. Mudah diaplikasikan. Serat bagus untuk diekspos, warna kayu hanya sejenis, mudah didapat. Agar lebih awet, sebaiknya dioven. Harga lebih mahal ( Rp.4,5 juta – Rp. 5,5 juta/ m3 )

Merbau, diaplikasikan pada elemen interior dan eksterior. Kayu keras dan kuat, bentuk serat bagus untuk diekspos, pengaplikasian mudah. ( Rp.7 juta – Rp. 9 juta/ m3 )

Jati, digunakan untuk elemen interior ; furnitur, kusen, jendela dan pintu. Kayu keras dan kuat, bentuk serat bagus, kadar air rendah, pengaplikasian mudah, tahan rayap. Beragam kualitas ; super 1, super 2, super 3, kayu berusia muda. Kualitas kayu ditentukan daerah tanamnya ( dari Jawa Timur berkualitas baik ). Persediaan terbatas. Harga sangat mahal ( Rp.15 juta – Rp.20 juta ). Karena mahal, aplikasinya terbatas pada elemen2 tertentu saja, seperti interior dan furnitur. ( Idea )

Perbandingan kayu dengan aluminium/ baja ringan

Rangka atap baja ringan, saingan rangka kayu di masa depan, jika hutan terus digunduli. Saat ini keberadaan gerainya masih terbatas.

Rangka atap baja ringan, saingan rangka kayu di masa depan. Saat ini keberadaan gerainya masih terbatas.

Kayu, harga variatif, tergantung jenis kayu. Mudah dibentuk, tampilan alami dan natural. Ukuran bervariasi, mudah didapat ( banyak penjual kayu ). Dapat digunakan untuk banyak pengaplikasian dalam membangun rumah. Sebagian tidak tahan cuaca dan rayap sehingga memerlukan perlakuan lebih khusus.

Aluminium atau baja ringan, harga relatif mahal. Tampilan terkesan lebih kaku, bentuk terbatas, lebih sulit didapat, pengaplikasian terbatas. Tahan cuaca.

Mengecat furnitur dengan melamik & duco

Bosan dengan tampilan furnitur kayu anda ? Make over dengan finishing melamik atau duco, daripada menggudangkan atau membuangnya. Apalagi jika dana cekak. Melamik cenderung menimbulkan efek alami. Apa adanya. Urat kayu akan tampak. Beda dengan duco yang menutup seluruh permukaan, sehingga urat kayu tak terlihat lagi. Pilih kesan alami ( melamik ) ? Atau rapi fabrikasi ( duco ) ? Anda bisa melakukan sendiri atau meminta jasa tukang dengan pengawasan anda. Up to you.

Alat & bahan :

  • Kape, set peralatan cat ( sprayer dan kompresor ), kuas 3 inchi, kain lap.
  • Wood filler ( dempul ), sanding sealer melamine, melamine lack semi gloss, ampelas nomor 150 dan 220

Pengerjaan melamik :

  • Ampelas permukaan furnitur sampai halus.
  • Lakukan penyemprotan warna dasar, sampai warna yang diinginkan tercapai. Pengecatan mengikuti arah urat kayu. Jarak gun spray dengan permukaan furnitur sekitar 30 cm, agar pengecatan maksimal.
  • Setelah kering, tunggu sekitar 15 menit. Amplas lagi permukaan furnitur.
  • Finish dengan cairan melamik semi gloss

Pengerjaan duco :

Finishing duco, menutup seluruh permukaan kayu.

Finishing duco, menutup seluruh permukaan kayu. Serat tak lagi nampak.

  • Untuk pengecatan ulang dengan warna yang lebih tua, cat lama tak perlu dikelupas.
  • Dempul bagian permukaan yang bocel atau berlubang, hingga rata.
  • Ampelas permukaan furnitur sambil disiram air bersih, sampai permukaan rata.
  • Permukaan yang akan dicat harus dalam keadaan bersih.
  • Gantung atau beri tatakan di bawah furnitur agar debu tidak ikut naik sewaktu pengerjaan.
  • Lakukan penyemprotan cat dasar. Tunggu hingga kering, lalu ampelas lagi permukaannya.
  • Setelah permukaan siap, barulah dicat. Tunggu sekitar 2 jam. Ulang kembali pengecatannya hingga rata.
  • Setelah kering, permukaan dapat dilapisi dengan cairan anti gores.

Mengecat ulang kusen untuk mengisi waktu luang. Hemat, memikat.

2 kaleng cat kayu ( 2 liter ) seharga Rp.50.000. Cairan pengencer ( terpentin/ thinner ) sekitar Rp.10.000/ liter. Amplas kayu plus kuas sekitar Rp.20.000. Total Rp.80.000. Anda dapat mengecat ulang seluruh kusen depan rumah ukuran standar tanpa bantuan tukang. Waktu pengerjaan sekitar 2 hari. Jika menambah ongkos tukang mesti mengeluarkan sedikitnya Rp. 100.000. Ongkos ini bisa kita alihkan untuk membeli material pengecatan kusen pintu jendela belakang atau samping.

Alat & bahan :

  • Cat kayu, thinner
  • Koran bekas, plester, kuas dan ampelas. Untuk hasil terbaik, pilihlah kuas yang memiliki bulu yang kuat dan tak mudah lepas. Bulu kuas yang terlepas akan menempel pada hasil pengecatan. Pilih kuas dari polyester karena tergolong halus sehingga hasil pengecatan lebih halus dan rata. Sesuaikan ukuran kuas dengan ukuran kusen. Ukuran yang tidak sesuai akan mempersulit kita bekerja.

Langkah pengerjaan :

Hari pertama

  • Ampelas seluruh kusen pintu dan jendela yang akan dicat ulang. Gunakan 2 jenis ampelas, yang kasar dan halus. Gosokkan ampelas kasar untuk mengerok cat lama. Lakukan hingga sebagian besar cat lama terkelupas. Gunakan ampelas halus untuk menghaluskan permukaan kayu kusen.
  • Bersihkan permukaan kusen dari debu dan kotoran tersisa. Gunakan kuas atau lap basah.
  • Jika hari belum berakhir, ambil koran dan isolasi untuk menutup bagian kaca agar tidak terkena tetesan cat ketika anda mengecat esok hari.
Kusen jendela dari kayu dan pintu standar di kebanyakan rumah2 Indonesia.

Kusen jendela dari kayu & pintu standar di kebanyakan rumah2 Indonesia.

Hari kedua

  • Ambil cat kayu, buka tutupnya dan aduk. Tambahkan thinner jika cat terlalu kental. Menggunakan kuas, sapukan sedikit demi sedikit cat ke kusen hingga cat menutup rata permukaan kusen. Tunggu hingga cat dasar ini kering.
  • Setelah proses pengecatan dasar selesai, ulangi pengecatan sekali lagi untuk memperoleh hasil maksimal. Setelah cat mengering, lepaskan koran penutup kaca. Kusen jendela pun berubah tampilan.

Berganti finishing kayu

Kayu di area ekterior anda mulai mengeripik ( retak2 ) ? Tak menarik lagi ? Saatnya finishing ulang. Sekadar mengecat atau memplitur ulang terbilang mudah. Menggantinya dengan jenis finishing lain, perlu penanganan ekstra. Cermati pilihan cat atau clear finish yang tepat. Untuk kayu di area eksterior, gunakan cat yang memiliki daya tahan tinggi terhadap cuaca dan air. Berbeda dengan cat atau clear finish untuk area interior. Perubahan dari clear finish melamik atau pelitur lebih mudah dilakukan ke warna yang lebih gelap. Jika warna awal terlanjur gelap, sementara anda ingin menggantinya ke warna yang lebih terang, butuh kerja lebih keras. Seluruh lapisan kayu harus dikelupas bersih hingga menyamai kondisi asli kayu, sebelum melamik atau pelitur warna yang baru diaplikasikan. Berikut tipsnya :

Dari melamik ke pelitur

Finishing melamik, masih memperlihatkan serat kayu. Digunakan untuk interior ( dalam bangunan ).

Finishing melamik, masih memperlihatkan serat kayu. Digunakan untuk interior ( dalam bangunan ).

Clear finish melamik memiliki daya serap sangat kuat ke dalam kayu. Tak heran jika hasil finishing-nya lebih memikat ketimbang jenis finishing yang lain. Namun melamik hanya untuk area interior. Jika digunakan untuk area eksterior, tampilannya cepat rusak. Jika anda ingin mengganti finishing melamik menajdi finishing pelitur, prosesnya adalah :

  • Aplikasikan paint remover ke permukaan lapisan yang lama. Diamkan antara 10-15 menit. Permukaan cat akan menggelembung, lalu melunak dan bertambah rusak/ luruh. Permukaan melamik siap diangkat.
  • Pengangkatan lapisan melamik dapat dilakukan dengan menggunakan kape, pisau, sikat dan scrub. Lakukan pengangkatan hingga lapisan itu terangkat semua.
  • Ampelas permukaan kayu. Pertama, menggunakan ampelas nomor 150, setelah selesai lanjutkan dengan ampelas nomor 180. Pengampelasan harus dilakukan agak dalam, hingga permukaan kayu asli terlihat. Jika lapisan melamik terlalu dalam, permukaan kayu harus diserut.
  • Setelah permukaan kayu kembali seperti semula, oleskan wood filler. Setelah wood filler kering, haluskan permukaannya menggunakan ampelas nomor 240. Ampelas terus hingga dempul itu habis dari permukaan dan hanya menutupi pori2 kayu.
  • Lapis permukaan kayu dengan pelitur. Untuk eksterior, pilih pelitur ekterior yang tahan cuaca. Setelah pelitur diaplikasikan satu kali, biarkan 3-4 jam. Kemudian diampelas ambang ( mengampelas tanpa menggunakan tenaga berlebihan, sekadar menghaluskan lapisan atas permukaan. Gunanya untuk menciptakan permukaan yang lebih kasar agar lapisan/ cat/ pelitur berikutnya merekat dengan baik ) dengan ampelas nomor 400. Setiap selang pengaplikasian pelitur harus selalu diampelas ambang, kecuali pada pengaplikasian terakhir. Lakukan pengaplikasian pelitur minimal 3 lapis.

Dari cat kayu ke pelitur

Proses pengerjaan refinish dari cat minyak ( cat kayu dan besi ) ke pelitur atau melamik lebih mudah. Caranya :

  • Bersihkan permukaan cat dengan paint remover. Lalu lapisi permukaannya dengan wood filler
  • Permukaan wood filler yang sudah kering diratakan dan dihaluskan menggunakan ampelas nomor 240
  • Setelah beres, aplikasikan pelitur atau melamik ke atas permukaan kayu. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengampelasan ambang di setiap selang pengaplikasian pelitur atau melamik, kecuali pada pengaplikasian yang terakhir. Permukaan kayu sebaiknya dilapisi pelitur sedikitnya 3 kali pelapisan.

Dari pelitur ke cat kayu

Pengangkatan finishing pelitur tidak sesulit yang difinishing melamik. Pelitur tidak memiliki daya penetrasi ke dalam kayu sekuat melamik. Karena itu, kayu tidak memerlukan penyerutan. Proses pengerjaan dari pelitur ke cat kayu, sbb :

  • Aplikasikan paint remover ke permukaan kayu. Diamkan 10-15 menit hingga permukaan kayu menjadi lunak dan rusak sehingga mudah untuk diangkat. Angkat lapisan yang rusak itu menggunakan kape, pisau, sikat dan scrub.
  • Aplikasikan wood putty ( plamir kayu ) ke atas permukaan kayu. Wood filler hanya menutup pori2 kayu sedangkan wood putty memberi lapisan baru pada permukaan kayu.
  • Setelah wood putty kering, ratakan dan haluskan permukaannya menggunakan ampelas nomor 240. Pekerjaan pengampelasan ini memerlukan tenaga cukup besar karena wood putty lebih sukar diampelas. Anda dapat menambahkan sedikit air pada permukaan wood putty sehingga pekerjaan pengampelasan lebih mudah dan cepat.
  • Setelah diberi wood putty dan diampelas rata, permukaan kayu tidak akan terlihat lagi, tertutup seluruhnya oleh wood putty. Setelah itu, anda dapat mengaplikasikan cat minyak/ kayu /besi.

Paint remover

Paint remover adalah cairan khusus utnuk menghilangkan atau merontokkan semua jenis cat. Tersedia di toko2 bahan bangunan. Ada paint remover yang mempunyai daya kerja sangat kuat. Ada juga yang ramah lingkungan, tapi biasanya kurang kuat mengelupas cat. Yang kuat, anda harus hati2 menggunakannya, karena cukup berbahaya bagi kesehatan. Pengaplikasian cairan ini dengan kuas, tapi jaga jangan sampai terpercik ke kulit atau mata karena mengandung soda api yang dapat menimbulkan gatal2, iritasi kulit dan merusak penglihatan. Gunakan sarung tangan dan pelindung mata ( kaca mata ) sewaktu bekerja. Jika terlanjur terkena, segera basuh dengan air sebanyak-banyaknya sampai rasa gatal dan perih hilang.

Jenis cat dan pengaplikasiannya

Warna warni cat menggoda selera, tapi sesuaikan pemakaiannya dengan tema ruangan dan furnitur yang ada.

Warna warni cat menggoda selera, tapi sesuaikan pemakaian nya dengan tema ruangan & furnitur yang ada.

Pelitur. Menampilkan keaslian kayu karena serat kayu tetap terlihat. Untuk eksterior yang tidak langsung terkena matahari. Diaplikasikan dengan kuas atau disemprotkan.

Cat minyak ( cat kayu, cat besi ). Menutup seluruh permukaan kayu/ besi dengan material dan warna cat. Tersedia untuk interior dan eksterior. Diaplikasikan dengan kuas.

Melamik. Menampilkan keindahan serat kayu dengan hasil rata, mengkilap dan indah. Penetrasi cukup dalam. Untuk interior. Pengaplikasian dengan cara disemprotkan.

Poly uretan ( PU ). Menampilkan keindahan serat kayu dengan hasil rata, mengkilap, dan indah. Penetrasi hanya ke permukaan kayu. Lebih fleksibel dari melamik, sehingga tidak mudah rusak dan retak. Tersedia untuk interior dan eksterior. Disemprotkan.

Cat duco. Menutup seluruh permukaan kayu/ besi dengan material dan warna cat. Untuk interior. Disemprotkan.

About these ads

Written by Savitri

14 Oktober 2009 at 11:07

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

12 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. @ Andi : senang bisa membantu

    Savitri

    23 September 2013 at 15:57

  2. sangat bermanfaat terutama mengenai paint remover karna saya baru mengetahui ini.

    andi

    29 Juli 2013 at 09:04

  3. salam kenal … makasih y artikel na … tambahan ilmu nih …

    Zidan Azhari

    2 Oktober 2011 at 09:53

  4. Wah artikel yg bagus dan baik..boleh sharing donk..

    Jika ingin membaca santai tentang rayap dan pest control
    silahkan mampir ya di http://pc3news.com

    Terimakasih..

    Sofyan hady

    15 September 2011 at 09:08

  5. @ devy :
    Cat lebih murah & singkat pengerjaannya. Why ? Anda bisa membacanya di :

    http://pelaksanaanproyek.blogspot.com/2009/12/pelaksanaan-proyek_2699.html

    Savitri

    28 Oktober 2010 at 11:00

  6. mana ya yg lebih murah dan singkat pengerjaannya utk finishing kusen dan pintu. apakah plitur atau cat. terima kasih

    devy

    27 Oktober 2010 at 01:13

  7. @ Roni :
    Jawaban tentang termitrin sudah dikirim ke alamat e-mail anda.

    Savitri

    18 September 2010 at 05:47

  8. owh,, jadi antara pelitur dan melamik itu beda yach…

    Jabon

    19 Juli 2010 at 12:14

  9. butuh melamine siap kirim

    aa'grafika

    5 Maret 2010 at 20:16

  10. ass….
    saya akan menjual rumah panggungjati alam usia 130 tahun! ukuran rumah 12×12
    semua full jati dri dapur,atap,bawah,pinggir semua nya dobel papan! bila anda ingin berminat atau info lebih jelas hubungi no hp:085295611989

    daerah: sumedang/ jawabarat

    kec:tomo
    kampung:cijelag

    hj. euis

    6 Januari 2010 at 10:58

  11. thanks for the info….salam kenal.

    martin

    15 Desember 2009 at 19:43

  12. Hai, salam kenal, artikel anda ada di

    http://rumah-taman.infogue.com/memilih_mengecat_elemen_kayu_bangunan_perabot_merawatnya

    ayo gabung bersama kami dan promosikan artikel anda ke semua pembaca. Terimakasih ^_^

    infoGue

    28 Oktober 2009 at 07:47


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: