Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Desain arsitektur kota merespon pemanasan global

with 4 comments

Pemanasan global menjadi isu lingkungan signifikan dewasa ini. Diakibatkan akumulasi gas rumah kaca, meningkatnya penggunaan bahan bakar fosil ( minyak, batubara dan gas ) dan berbagai kegiatan pembangunan. Berdampak pada peningkatan pemanasan suhu bumi yang bermuara pada kenaikan muka air laut. Perlu langkah2 antisipatif untuk menghindarinya, diantaranya melalui desain arsitektur dan kota berkelanjutan yang responsif terhadap global warming.

Indonesia, negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia. Memiliki sekitar 17.500 pulau, dengan sekitar 75 % luas wilayahnya ( 5,8 juta km2 ) terdiri lautan dengan garis pantai sepanjang 81.000 km. Karena global warming, pulau2 kecil akan tenggelam, plus daratan rendah yang kita diami. Dengan asumsi kemunduran garis pantai 50 meter, maka Indonesia akan kehilangan lahan seluas 400.000 hektar. Masyarakat pesisir yang menggantungkan hidupnya dari aktivitas pantai dipastikan merugi.

Ruang terbuka di Vientianne, Laos.

Ruang terbuka di Vientianne, Laos.

Desain arsitektur yang responsif

Desain arsitektur berkonstribusi pada pemanasan global, karena masih banyak yang menggunakan penghawaan, pendinginan dan pencahayaan buatan yang menyerap banyak energi. Faktanya, 37 % energi di AS diserap oleh bangunan untuk 3 keperluan tsb. Strategi efektif untuk menunda global warming adalah dengan melakukan efesiensi energi, melalui desain arsitektur yang adaptif terhadap lingkungan, dengan memaksimalkan pencahayaan dan penghawaan alami, serta penggunaan bahan bangunan yang ramah lingkungan. Norbert M.Lechner melakukannya dengan pendekatan sbb :

  • Penghindaran beban : Arsitektural bangunan dirancang untuk meminimalisir kehilangan panas di musim dingin, memperkecil peningkatan panas di musim panas dan memanfaatkan cahaya secara efesien.
  • Mengoptimalkan penggunaan energi : Menggunakan tenaga alami dengan sistem pemanasan, pendinginan dan pencahayaan pasif.
  • Pemilihan piranti engineering system yang tepat : Perangkat mekanikal dipilih yang lebih banyak menggunakan sumber tenaga yang dapat diperbaharui/ daur ulang agar dapat menangani sisa beban dari pendekatan pertama dan kedua.

Ketiga pendekatan tsa memungkinkan para arsitek menyediakan penghawaan dan pencahayaan bangunan dengan meminimalkan pemakaian energi serta memaksimalkan keberlanjutan, seperti yang terdapat dalam sustainable “green” design dan photovoltaic.

Menghijaukan atap

atap hijau di New York, mampu menyejukkan udara dan mengurangi efek urban heat island.

Atap hijau dari vegetasi di New York, mampu menyejukkan udara dan mengurangi efek urban heat island.

Untuk mengurangi temperatur udara di kota2 besar bisa dengan greening the top pada bangunan. Menurut Candice Lim, atap hijau menyejukkan udara, mengurangi efek urban heat island ( suhu panas kota mempengaruhi wilayah desa, terutama karena bertambahnya permukaan keras yang menyerap radiasi matahari ) dengan mengurangi suhu permukaan atap melalui bayangan dan evapotranspiration ( saat uap air sejuk dipancarkan oleh penguapan tanah dan saat tanaman bernafas ).

Atap hijau memiliki nilai isolasi lebih tinggi serta membutuhkan lebih sedikit energi untuk mendinginkan bagian dalam gedung. Menurut studi Badan Penelitian dan Pengaturan Lingkungan Pemerintah Kanada, gedung satu lantai dengan atap rumput medium setinggi 10 cm akan menurunkan 25 % kebutuhan pendinginan di musim panas. Riset di Tokyo menunjukkan atap hijau ( green roofs ) dapat menurunkan 25 % biaya pemanasan dan pendinginan gedung. Beberapa negara maju, seperti Jepang, sudah mensyaratkan atap hijau untuk meredusir panas perkotaan dan pencemaran udara. Chicago memberi insentif pada pemilik yang memasang atap hijau di gedungnya.

Kearifan arsitektural tradisional

Arsitektur tradisional yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, mengandung kekuatan filosofi, nilai sosial budaya, sejarah, tradisi serta kearifan dalam bersinergi dengan alam. Tercermin dari tampilan arsitektur, lay out ruang, penggunaan elemen arsitektur, bukaan serta bahan bangunan yang ramah lingkungan. Filosofi arsitektur tradisional patut menjadi rujukan dalam merancang arsitektur masa kini dan mendatang.

Belajar dari alam

konsep rumah rayap pada Eastgate Center, Zimbabwe, yang berprinsip pendinginan pasif.

Konsep rumah rayap pada Eastgate Center, Zimbabwe, yang berprinsip pendinginan pasif.

Belajar konsep pendinginan bangunan pasif dari rumah rayap yang menyalurkan panas dengan saluran vertikal dan lorong horizontal dalam bangunan serta bantalan udara di atas dan bawah bangunan. Terkait dengan aspek ; orientasi bangunan, material, tipe bukaan dan teduhan, konstruksi bawah tanah, pendinginan terisolasi, pendinginan dengan penguapan, ventilasi alam, dll.

Permukiman tepi air

Potensi fisik kepulauan Indonesia yang dilingkupi air memungkinkan pengembangan konsep permukiman di tepi atau atas air ( terapung ). Contohnya, permukiman tepian sungai di Kalimantan yang memaksimalkan potensi sungai, urat nadi kehidupan masyarakat. Rekayasan teknis seperti di Dubai Island juga tengah dikembangkan.

Palm Island, Dubai.

Palm Island, Dubai.

Aspek penataan ruang

PP no.47 tahun 1997 tentang RTRWN dan UU no.26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang menjadi sangat penting karena memuat kebijaksanaan pola dan struktur wilayah nasional masa mendatang. Studi mendalam tentang isu global warming seperti kenaikan muka air laut dan banjir, menjadi masukan penting RTRWN, utamanya pengembangan kawasan pesisir yang paling terkena dampak kenaikan muka air laut. Disusul RTRW provinsi, kabupaten dan kota.

Kota berkelanjutan

Menurut Budihardjo dan Sujarto, kota berkelanjutan adalah kota yang dalam perkembangan dan pembangunannya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat kini, mampu berkompetisi dalam ekonomi global, dengan tetap mempertahankan keserasian lingkungan, vitalitas sosial, budaya, politik, pertahanan, keamanan, tanpa mengabaikan atau mengurangi kemampuan generasi mendatang dalam memenuhi kebutuhan mereka. Lima prinsip dasar yang diperlukan ; environment ( ecology ), economy ( employment ), equity, engagement dan energy, artinya memiliki basis ekonomi yang kuat, lingkungan yang serasi, tingkat sosial yang setara penuh keadilan, peran serta aktif masyarakat dan pemangku kepentingan, serta konservasi energi yang terkendali baik. Beberapa aspek yang berpengaruh antara lain ; land use, sistem transportasi dan ruang terbuka hijau.

Mixed land use

Penggunaan lahan campuran menjadi strategi yang perlu terus dikembangkan. Seperti kota yang kompak ( compact city ), yakni kota yang kompleks permukimannya terintegrasi dengan tempat bekerja, dilengkapi fasilitas sosial ( fasilitas kesehatan, pendidikan, tempat ibadah, dll ) dan fasilitas umum ( pusat perbelanjaan, ruang2 publik, dsb ), didukung infrastruktur perkotaan yang baik sehingga sangat efesien dalam melakukan pergerakan. Saat ini kota2 besar dihadapkan permasalahan kemacetan lalu lintas yang berimbas pada meningkatnya polusi dan pemborosan energi.

Transportasi umum & sepeda

Transportasi umum yang nyaman, aman dan terjangkau harus terus dikembangkan ( seperti busway, riverway, subway, trem, monorail ) sehingga mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Penggunaan sepeda perlu didukung dan dikembangkan dengan menyediakan jalur khusus sepeda dan trotoar yang ramah terhadap pejalan kaki.

Ruang terbuka hijau ( RTH )

RTH di kota2 besar berfungsi menyejukkan udara, estetika kota, ruang bersantai bagi warga, mengurangi volume dan laju air hujan. Berkurangnya RTH berimbas kenaikan suhu udara perkotaan. UU no.26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang, menyebutkan bahwa, proporsi RTH minimal 30 % dari luas wilayah kota, terdiri RTH publik ( 20 % ) dan RTH privat ( kebun/ taman/ tumbuhan di halaman kantor, rumah, gedung ). RTH publik meliputi taman kota, pemakaman umum, jalur hijau sepanjang jalan, sungai dan pantai. Proporsi 30 % adalah ukuran minimal untuk menjamin keseimbangan sistem hidrologi, sistem mikroklimat, maupun sistem ekologis lain, yang meningkatkan ketersediaan udara, air bersih yang diperlukan masyarakat dan estetika kota.

pemanfaatan sungai untuk sarana transportasi air ( riverway ) di Copenhagen, Denmark.

Pemanfaatan sungai untuk sarana transportasi air ( riverway ) di Copenhagen, Denmark.

Fenomena global warming telah kita rasakan melalui peningkatan suhu udara, kenaikan muka air laut yang membenamkan sebagian wilayah pesisir, dan banjir ( air dari pusat kota yang menuju laut balik lagi ke kota karena permukaan laut sudah meninggi ). Bencana alam makin sering terjadi dan makin hebat. Namun, kita bisa mencegahnya berlanjut dengan ;


  • mengelola lingkungan dengan baik,
  • memanfaatkan energi secara bijak melalui desain arsitektur dan kota yang hemat energi,
  • mengembangkan riset mendalam terkait global warming dan dampaknya untuk strategi pengembangan wilayah kota dan pesisir, serta
  • penggunaan teknologi tepat guna.

Komitmen kuat dan partisipasi aktif semua pihak menjadi kunci utama keberhasilannya.

( Taufan Madiasworo/ Kiprah )

free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

2 September 2009 at 21:02

Ditulis dalam urban design

Dikaitkatakan dengan , , ,

Linmas, pelindung masyarakat & keamanan kota

leave a comment »

Pengantar A.Savitri :

Menjelang hari raya Idul Fitri, biasanya ada ketukan di pintu rumah. Seorang paruh baya menyodorkan map meminta sumbangan lebaran. Ia mewakili rekan-rekannya yang berseragam hijau yang acap kali terlihat hilir mudik di lingkungan perumahan kami. Hansip dulu namanya, Linmas kini sebutannya. Rasanya, kami sudah ditarik iuran keamanan tiap bulan oleh ketua RT. Rasanya, pencurian spion mobil, burung peliharaan, pot bunga, ember2 plastik, dll, juga tetap berlangsung. Saya mengernyitkan dahi, bagaimana seharusnya bersikap.

Ingatan itu muncul ketika terbit tulisan yang mengupas kehidupan anggota Linmas. Saya tak tahu mereka seuzur itu, sebagian. Saya bayangkan, Noordin M.Top atau Saefuddin Juhri yang sampai hari ini tak kunjung tertangkap oleh anggota Densus 88 yang muda nan gesit itu, bertemu dengan Dulah ( 70 ) atau Ekoy ( 67 ), anggota Linmas. Apa mereka cukup jelas melihatnya, cukup cerdik bersiasat dengannya, cukup berani melaporkannya dan cukup kuat menangkapnya ? Ketika ditanya soal teroris, mereka mengaku siap dan kuat. Ya, semangat memang tetap 45. Selebihnya, Allah yang mengurus.

Tugas membekuk teroris adalah tanggung jawab semua pihak. Polri sudah mengerahkan Densus 88 Anti Teroris. TNI berupaya memback-up jika diperlukan. Polresta Cimahi membentuk siskamling dengan mitra kamtibmas dan radio breaker. Anggota Linmas dengan semangatnya, berupaya sebisanya. Ormas Islam berusaha menjembatani umat dan aparat dengan pengertian jihad yang benar, Islam yang sejuk. Sehingga tak saling alergi dan menyakiti yang kontra produktif terhadap stabilitas negeri dan kekompakan bangsa. Televisi menayangkan wajah2 most wanted itu tiap hari, berharap pemirsa tanggap dan memberitahu keberadaan pelaku teror itu jika melihatnya. Kita semua waspada, dan berharap ketegangan segera berakhir.

Peran Linmas diperlukan untuk mengendus anggota jaringan teror. Soal kehilangan benda yang masih terjadi, sepertinya di luar jangkauan kemampuan mereka. Terlebih honornya tak seberapa. 100 ribu per 3 bulan ( ah, masak sekecil itu ? ). Saya harus ekstra memeras otak, dan menemukan cara sendiri mencegah kehilangan barang di lingkungan kami, apalagi menjelang lebaran. Iuran THR yang mereka terima, saya tempatkan sebagai apresiasi kami pada anggota Linmas yang telah mengabdi pada bangsa dan negara, meski dengan cara yang paling sederhana. Selamat bertugas, pak Linmas !

Linmas, pelindung masyarakat & keamanan kota

Barisan Linmas siap mengabdi pada negara.

Barisan Linmas siap mengabdi pada negara.

Susunan gigi lelaki itu sudah tidak lengkap. Gigi taring dan serinya, beberapa diantaranya sudah tanggal. Ketika dia tersenyum, orang bilang dia ompong. Maklum usianya sudah senja. Namun, dengan seragam hijau pakaian dinas lapangan ( PDL ), lelaki itu terlihat gagah. Apalagi dilengkapi topi, sepatu tentara, serta pangkat linmas di dadanya.

Dialah Dulah, kakek 70 tahun, yang tengah melaksanakan tugas kenegaraan. Dulah bersama 20 rekannya sedang mengamankan jalannya kegiatan Lomba Itik Nasional di Kp.Pajajaran, Desa Pangauban, Kec.Batujajar, Kab.Bandung Barat. Dia tergabung dalam linmas Desa Pangauban.

Acara tsb merupakan bagian rutinitas dirinya sebagai hansip ( pertahanan sipil ) yang kini disebut linmas ( perlindungan masyarakat ). Biasanya, kakek yang hidup seorang diri itu melakukan piket seminggu sekali bergiliran degan rekan sejawatnya.”Kalau tak ada kegiatan, saya biasanya jadi buruh tani di sawah atau kebun orang,” katanya polos.

Pekerjaan buruh tani dilakoni Dulah karena pekerjaan linmas bukan pekerjaan yang bisa diandalkan untuk menopang hidup. Titel pelindung masyarakat bagi dia dan semua rekannya, merupakan wujud pengabdian kepada negara dalam tindakan yang paling sederhana.

Hampir serupa dengan Dulah, Ekoy ( 67 ) juga mengalaminya. Uang yang diterima limnas bukanlah gaji. Setiap 3 bulan, ia mendapat uang Rp.100.000,- Kakek bercucu 6 ini menutup kebutuhan dapurnya dengan menjadi buruh tani atau menggembala domba. Ia berharap ada kenaikan penghargaan bagi linmas. Meski begitu, kedua kakek itu menegaskan, peranan mereka bukan hanya untuk mengejar materi, melainkan suatu kebanggaan karena dipercaya untuk mengabdi pada negara. Ketika ditanya soal masuknya teroris ke wilayahnya, kedua anggota linmas itu serentak menjawab mereka siap dan masih kuat mewaspadai hal itu.

Data dari Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat ( Kesbang Polinmas ) Kab. Bandung Barat, saat ini di sana terdapat sekitar 16.500 anggota linmas yang terdaftar. Momon Suherman, Kesbang Polinmas, tak memungkiri usia rata2 linmas tsb di atas 40 tahun. Darya Sugangga, kepala desa Cipatat, sependapat. Di desanya, terdapat puluhan anggota linmas berusia tak muda lagi, meski beberapa tergolong belia.

Dengan segala keterbatasannya, para linmas setia mengamankan lingkungan setiap saat. Disadari atau tidak, merekalah garda terdepan keamanan negeri ini. ( PR, 3/8/2009 )

Mitra kamtibmas & polisi menjaga keamanan ruang2 publik, dengan radio ( RPU ).

Masyarakat di wilayah hukum Polresta Cimahi, kini dapat memberi informasi tentang suatu kejadian melalui radio pancar ulang ( RPU ). Lebih mudah. Tak perlu datang ke polisi untuk melapor. RPU dapat menampung aspirasi dan informasi dari masyarakat, khususnya yang berkaitan dengan gangguan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres kota Cimahi ( kota Cimahi, Kab.Bandung Barat, Kec.Margaasih Kab. Bandung ).

“Informasi yang disampaikan masyarakat pengguna RPU, langsung dapat diterima anggota Polres Cimahi yang bertugas di posko kamtibmas selama 24 jam,” ujar Kapolresta Cimahi, Ajun Kombes Purwolelono, saat ditemui dii sela2 uji coba mitra kamtibmas di Polresta Cimahi. Masyarakat dapat mengakses RPU dengan mendaftar terlebih dahulu ke polres atau polsek setempat, sambil menyerahkan fotokopi KTP yang masih berlaku serta tidak dipungut biaya. Mereka yang bergabung akan disebut mitra kamtibmas Polresta Cimahi. Untuk mengakses RPU, mitra kamtibmas diharuskan menyetel radionya sesuai nama repeater kambtibmas yang disediakan Polresta Cimahi, yaitu output : 151.900, input : 157.950, duplek : 6050, dan tone 100.0.

Masyarakat yang menjadi sasaran uji coba RPU, adalah mereka yang berada di objek2 vital terjadinya kriminalitas, misalnya lokasi wisata, perusahaan, bank dan depo Pertamina. Setiap kelompok siskamling dianjurkan memiliki minimal satu RPU. Saat ini, sudah sekitar 700 warga dari berbagai kalangan, mendaftarkan diri sebagai mitra kamtibmas.”Saya perkirakan akan mencapai 2000 orang yang menjadi mitra kamtibmas,” kata Purwo.

Untuk memudahkan, masyarakat mitra kamtibmas dan anggota polisi dilarang menggunakan sandi2 kepolisian ketika mengudara, agar masyarakat yang mendengarkan dapat langsung mengetahui dan mengerti apa yang sedang terjadi. Bertema “Komunikasi Terjalin, Kamtibmas Terjaga”, Purwo berharap adanya RPU dapat lebih mempererat hubungan masyarakat dengan polisi sebagai pengayom masyarakat. Tidak perlu ada kecanggungan antara masyarakat dengan polisi. Hal terpenting adalah bagaimana menjalin kerja sama demi terciptanya kamtibmas.

Hadirnya RPU disambut baik berbagai kalangan. Juni Atmanto ( 42 ), warga Kec.Cisarua Kab.Bandung Barat, mengatakan, ia sudah lama berkecimpung di dunia breaker radio. Mendengar adanya RPU dari Polresta Cimahi yang bisa diakses masyarakat, ia menyatakan akan bergabung.”Dengan RPU, kita bisa saling menginformasikan kejadian yang ada di sekitar kita. Selain itu, kita juga bisa membantu polisi untuk lebih cepat mengetahui apa yang terjadi di masyarakat.” Keberadaan RPU diharapkan bisa menjadi penghubung antara polisi dan masyarakat. Selama ini, menghubungi polisi saat ada kejadian sangat sulit. ( PR, 3/8/2009 )

4/8 s.d 5 September 2009 keringanan pajak kendaraan bermotor ( PKB ), BBNKB & SWDKLLJ

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan intensifikasi Penagihan PKB/ BBNKB secara terpadu.

  • Menurut Peraturan Gubernur Jawa Barat no.87 tahun 2009 tentang Keringanan dan/ atau Pembebasan Pokok Pajak Serta Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ) dan Sanksi Administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB ) tanggal 31 Juli 2009.
  • Pemberian keringanan dan/ atau pembebasan pajak terdiri dari :
  • a.Pokok dan atau denda/ sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ).
  • b.Denda atau Sanksi Administrasi Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor ( BBNKB )
  • Pemberian keringanan dan/ atau pembebasan SWDKLLJ ( Jasa Raharja ) terdiri dari :
  • a. Denda/ sanksi administrasi SWDKLLJ untuk tahun lalu.
  • b. Denda/ sanksi administrasi SWDKLLJ untuk tahun berjalan tetap dikutip penuh.
  • Kebijakan pemberian keringanan dan / atau pembebasan pokok pajak serta sanksi administrasi PKB, sanksi administrasi BBNKB dan sanksi administrasi SWDKLLJ diberikan kepada seluruh wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar pada Kantor Bersama Samsat se-Jawa Barat.
  • Pemberian keringanan dimulai tanggal 4 Agustus s/d 5 September 2009

Iklan layanan masyarakat ini disampaikan oleh Polda Jabar, Pemprov Jabar, Jasa Raharja. ( PR, 3/8/2009 )

free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

2 September 2009 at 20:40

Ditulis dalam keamanan, puspa ragam

Dikaitkatakan dengan

Raka Motor : bengkel mobil tokcer & terjangkau

with one comment

RAKA Motor

Jl.Cibatu Raya no.54, Antapani, Bandung

( dari arah Jl. Jakarta, terus, lalu belok persis sebelum terminal angkot Antapani )

Bengkel RAKA Motor, cukup luas untuk mengamati pak Yuli memperbaiki mobil anda.

Bengkel RAKA Motor, cukup luas untuk mengamati pak Yuli memperbaiki mobil anda.

Melayani :

Test Nozzles

Service Bospom

Tune Up

Turun Mesin

Service Kaki2

Ganti Oli

Spare Part

Cat mobil

Untuk mobil merk Suzuki, Daihatsu, Hyundai, Toyota dan Honda. Untuk mesin bensin maupun solar/ disel.

Buka : Senin s.d Sabtu, jam 09.00 – 17.00

Plang Raka Motor, terlihat dari tepi jalan Cibatu Raya, Antapani, Bandung.

Plang Raka Motor, terlihat dari tepi jalan Cibatu Raya, Antapani, Bandung.

RAKA Motor : Tokcer, terjangkau, jujur

Saya kenal Pak Yuli, pemilik bengkel ini sejak tahun 1995. Ayah, ibu, kakak saya sudah lebih dulu mengenalnya. Ya, bengkel pak Yuli, bengkel keluarga kami. Mobil jeep Taft, Suzuki Jangkrik, Suzuki Jimny, Honda Life, Hi-Jet, Daihaitsu Charade, Suzuki Amenity kami, sudah merasakan tangan dinginnya. Suatu hari, mobil saya mogok di jalan yang tak dilewati angkot. Tak dinyana Pak Yuli berkenan datang, memperbaiki kerusakan dengan beberapa alat saja. Tak lama, mobil kembali tokcer dan melaju. Seperti ketok magic.

Saya pernah mencoba bengkel lain. Studi banding. Naasnya, hampir seharian saya menunggu. Menjelang tutup, saya disodori bon Rp.250.000,-, ongkos menghilangkan bunyi mesin yang tak biasa. Belum seminggu, bunyi itu terdengar lagi. Makin keras. Saya putuskan kali ini ke bengkel Yuli. Tak sampai 2 jam Pak Yuli berkutat di bawah kap mesin dibantu asistennya, mesin mobil sudah normal kembali. Senangnya lagi, saya cuma disodori bon Rp.75.000,- Bunyi yang saya kuatirkan pun tak pernah muncul lagi.

Kesimpulannya, harga bengkel Yuli cukup bersaing. Akalnya juga banyak untuk menyiasati aneka kerusakan mobil. Ibaratnya, dengan obeng, tang dan sebatang kawat saja, Pak Yuli sudah bisa menyelamatkan anda dalam kondisi darurat di tempat antah berantah. Pak Yuli juga rendah hati, sederhana dan santun. Meski ada kekurangan soal menepati waktu ( kurang  on time ) namun ia termasuk montir handal. Yeah, nobody perfect … but he’ s okay.

Soal didatangi Pak Yuli, anda jangan terlalu berharap. Pak Yuli diperlukan di bengkel untuk memimpin 8 anak buahnya mereparasi mobil para pelanggan. Waktu di Muararajeun, mobil2 itu sampai meluber ke jalan. Saking banyaknya. Di tempat baru, Raka Motor, areanya lebih luas, sehingga cukup nyaman bagi anda memarkir kendaraan dan memperhatikan kegiatan perbaikan mobil anda.

Yah, setelah berlangganan cukup lama seperti saya, mungkin anda dikejutkan oleh kehadirannya ( bukan asisten yang dia utus untuk menjawab panggilan s.o.s anda ). Ketegangan langsung sirna. Anda boleh duduk2 menikmati semangkok bakso hangat dan sebotol teh dingin dari pedagang yang lewat, seraya memperhatikan keahliannya memperbaiki mesin mobil.

Pak Yuli bisa menjadi jaminan kembali tokcernya mobil anda. RAKA Motor, tempatnya.

Written by Savitri

2 September 2009 at 20:32

Ditulis dalam review

Dikaitkatakan dengan

Rp 2,46 trilyun dibuang kemacetan lalulintas. Saran anda ke Bappeda ?

leave a comment »

Kemacetan di Pasteur, Bandung, sudah tradisi. Khusus weekend, jalan2 di Bandung milik kendaraan orang2 Jakarta yang tumpah ruah di pusat perbelanjaan dan tempat wisata kuliner. Yah, nasib..

Kemacetan di Pasteur, Bandung, sudah tradisi. Khusus weekend, jalan2 di Bandung seolah milik kendaraan orang2 Jakarta yang tumpah ruah di pusat perbelanjaan dan tempat2 wisata kuliner. Yah, nasib..

Warga kota Bandung sangat merugi oleh buruknya sistem transportasi. Sektor transportasi menyumbang 66,34 % emisi gas buang, kata Kasubbid Infrastruktur dan Prasarana Kota pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah ( Bappeda ) kota Bandung, Gingin Ginanjar, Rabu ( 5/8/2009 ). Data tsb merupakan hasil kajian konsultan Bappeda kota Bandung yang disampaikan dalam Focus Grup Discussion ( FGD ) mengenai perumusan visi misi dan isu strategis kota Bandung, Senin ( 3/8/2009 ).

Berdasarkan kajian tsb diketahui, pada jam sibuk, kemampuan bergerak kendaraan di jalan2 kota Bandung hanya 15,71 km/ jam. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan lebih banyak dan setiap 8,6 jam sekali terjadi kecelakaan. Kerugian yang dialami tidak sedikit. Jika dikonversikan dengan nilai uang, tiap tahun kota ini merugi Rp 2,46 trilyun.


Dosen Bidang Transportasi UPI, Supratman Agus mengungkapkan, kapasitas pelayanan jalan ( LoS ) di kota Bandung lebih besar dari 0,8. Artinya, kecepatan kendaraan di jalan kurang dari 25 km/ jam. Wakil wali kota Bandung, Ayi Vivananda mengatakan, pertumbuhan jalan di kota Bandung sangat tidak sebanding dengan pertumbuhan kendaraan. Tiap tahun jumlah kendaraan bertambah sekitar 15 %, sedangkan penambahan jalan hanya 0,7 %.


Apabila tak ada perbaikan, kota Bandung dikhawatirkan akan lumpuh dan mandek. Oleh karena itu, Pemkot Bandung sedang berupaya mereformasi sistem transportasi. Salah satunya dengan menyusun masterplan transportasi kota Bandung. Diharapkan masterplan ini nantinya menjadi acuan bagi semua pihak untuk melaksanakan perannya masing2 dalam proses reformasi untuk menciptakan sistem transportasi kota Bandung yang nyaman, katanya.


Reformasi sistem transportasi kota Bandung, tidak hanya pada aspek fisik, seperti struktur jaringan jalan, manajemen lalu lintas, dan pelayanan angkutan umum. Namun, juga aspek non fisik seperti pengaturan, kelembagaan, pendanaan dan perilaku pengguna jalan.


Dalam penyusunan masterplan tsb, Bappeda kota Bandung melakukan pendekatan partisipatif sehingga masyarakat dapat ikut berperan dengan memberikan saran dan ide mengenai sistem transportasi yang cocok bagi kota Bandung. Gingin berharap masterplan yang disusun melalui pendekatan ini, dapat mewakili keinginan masyarakat, memiliki legitimasi, dan juga komitmen dari publik untuk melaksanakannya.


Masyarakat dapat menyampaikan idenya melalui situs Bappeda, yakni ;

www.Bandung.go.id/BappedaKotaBandung,

e-mail : master-plan-transport@yahoo.com,

dan melalui situs pertemanan Facebook : Masterplan Transportasi

( PR, 6/8/2009 ).


Bandung dapat 1 juta USD dari Perancis untuk Manajemen Transportasi


Indonesia mendapat hibah dari pemerintah Perancis sebesar 690.000 euro ( 1 juta dolar AS ) yang dialokasikan untuk rencana pembuatan sistem transportasi publik terpadu Bandung Metropolitan Area. Perjanjian hibah dilakukan oleh Dirjen Pengelolaan Hutang, Rahmat Waluyanto dan Duta Besar Perancis untuk Indonesia, Philipe Zeller di kantor Departemen Keuangan, Jalan Lapangan Banten, Jakarta, Rabu ( 15/7/2009 ).


Hibah tsb untuk bantuan jasa konsultasi pembenahan transportasi publik di Bandung. Menurut Zeller, bantuan ini adalah salah satu program pengembangan hubungan ekonomi Perancis kepada negara2 berkembang seperti Indonesia.”Saya juga terkejut dengan kemacetan lalu lintas di Bandung, apalagi di hari kerja saat saya berkunjung ke sana,”ujar Philipe menyatakan kesannya mengenai lalu lintas Bandung.


Direktur Direktorat Bina Sistem Transportasi Darat Departemen Perhubungan, Elly Sinaga mengakui memang kondisi lalu lintas Bandung sangat parah.”Memang terlambat membuat masterplan Bandung, tapi kita berusaha agar selesai Desember ini, sehingga nanti kemacetan bisa diselesaikan,”katanya.


Rahmat mengatakan, selama ini sudah banyak pinjaman yang diberikan pemerintah Perancis kepada Indonesia, diantaranya ; technical assistance to the air traffic control center di Makasar sebesar 1,3 juta USD. Rehabilitation drainage system of Banda Aceh sebesar 36,8 juta euro dan climate change program loan sebesar 200 juta USD. Pemerintah juga ditawari pinjaman dan hibah dari Perancis untuk Bandung Urban Railway Transport Development sebesar 10 juta USD, tapi masih dalam pembahasan, ujar Rahmat.


Wakil walkot Bandung, Ayi Vivananda mengucapkan rasa syukurnya.”Tentu saja Pemkot sangat senang dengan bantuan ini karena apabila terealisasi, bantuan tsb akan sangat membantu untuk mengatasi kemacetan di kota Bandung,”katanya. Sekitar 2 minggu lalu, pemerintah Perancis melalui kedutaan besarnya bersama konsultan SNCR International ( kelompok pengelola angkutan umum utama di Perancis ) telah mempresentasikan hasil penelitiannya mengenai manajemen transportasi kota Bandung, yang dilakukan Juni lalu.


Angkutan umum di Perancis.

Angkutan umum di Perancis.

Rencana Induk Angkutan Umum Terintegrasi untuk Kawasan Studi Metropolitan Bandung dipresentasikan bersama direktur bina sarana transportasi perkotaan Departemen Perhubungan RI dan Dishub Jabar di Pemkot untuk membantu Pemkot Bandung membenahi transportasi di kota Bandung.

Mereka juga berharap, hasil penataan ini dapat mengatasi tata transportasi di Bandung Metropolitan Area yang meliputi kota Bandung, kabupaten Bandung, kota Cimahi, kabupaten Sumedang dan kabupaten Bandung Barat. Tujuannya, mengevaluasi sistem pelayanan yang bisa diterapkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Saat ini Pemkot Bandung tengah menyusun master plan dan membahasnya bersama akademisi. Master plan ini mengatur secara menyeluruh sarana transportasi, ujar Ayi. ( PR, 16/7/2009 )

free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

26 Agustus 2009 at 19:35

Ditulis dalam urban design

Dikaitkatakan dengan

Menganiaya mantan istri, Pasha Ungu jadi tersangka & dipenjara ?

with 5 comments

Pengantar A.Savitri :


Selebriti juga manusia. Ia bisa kawin cerai, terjerat narkoba dan dipenjara. Karena hidup di bawah sorotan kamera dan media, efeknya menggelegar dibanding jika hal yang sama terjadi pada orang biasa. Belum lama seorang pembalap muda dan artis pemenang FFI keluar penjara karena dituduh mendalangi penganiayaan seorang bunglon penipu, kini vokalis band papan atas Indonesia terancam pidana serupa.


Berada di puncak ketenaran tidak mudah. Sekali dilihat sebagai mesin uang, seorang bintang didera kesibukan dan keletihan terus menerus hingga acap kali ia keluar dari kepribadiannya semula. Kita ingat Justin Timberlake dulu pernah minta fans membayar untuk mendapat tanda tangannya, atau secara mengejutkan ia menarik penutup dada Janet Jackson di atas panggung di depan jutaan penonton dan pemirsa. He was crazy. Kegilaan sesaat, dan akan menerus jika tak segera disadarkan.


Mantan pengamen pemenang Indonesian Idol tahun lalu, Aris, dikabarkan memukul dan mencekik istrinya setelah tidak menerima recehan tapi jutaan rupiah sekali manggung. Sifatnya berubah, seperti ditakutkan keluarganya. Kata orang bijak, jika ingin melihat manusia berhenti belajar, lihatlah orang yang langsung diangkat jadi direktur ketika baru bekerja. Ia akan gengsi terlihat oleh bawahannya sedang memegang buku atau terlihat belajar.


Setiap jenjang punya pembelajaran mental sendiri, bagaimana ia menghendel popularitas/ kekayaan/ kesuksesan dengan rendah hati dan tetap down to earth, membumi. Aris tak mengalami tahapan alami yang mendewasakan emosinya. Saya sempat terkecoh ketika Titi DJ mengatakan, Aris kamu benar2 bagus, pada audisi pertama II tahun 2008. Ketika berinteraksi dengan istri dan ibunya di panggung spektakuler, Aris terlihat sederhana dan sopan, bahkan malu2.

Setelah kemenangannya, di tayangan “Ekspose Investigasi” sebuah stasiun teve, Aris terlihat senyam senyum enteng ( seraya merayu sang istri yang ingin menggugat cerai dirinya. Istri yang sudah total mendukungnya dengan derai air mata selama Aris berjuang di panggung2 II ). Terlihat pengalaman. Tidak lugu lagi. Ada yang merasa tertipu ?


Panggung instans semacam II saya kuatirkan menghasilkan Aris2 lain jika tidak dievaluasi secara serius.


Soal Pasha, saya melihat tampilannya di infotainmen ketika menegur keras tindakan Oky yang melaporkan dirinya, lalu terlihat santai menikmati kehidupan lajang yang tak terikat kewajiban ekstra, menerima bunga dari seorang gadis saat show yang dihadiri Oky, dan terakhir mengatakan Oky sudah tidak menganggapnya keluarga karena telah menyebabkan dirinya terbelit perkara ini.

Pola dasar perilaku ; pelaku merasa di atas korban penganiayaan, seperti menceramahi, mencari-cari kekurangan korban, ada pada Pasha. Bukti visum itu menguatkan terjadinya aksi KDRT. Kekerasan ucapan/ verbal yang merendahkan korban termasuk KDRT, kalau saja Pasha tahu.


Pasha dan Aris mestinya bersyukur karena diingatkan Yang Maha Melihat dengan ‘teguran’ ini. Sebelum kekerasan itu membesar dan membunuh seperti O.J. Sympson. Oky sudah mau repot melemparkan kerikil untuk menyadarkan Pasha sebelum terlambat dan ditiru para fans. Sebelum alam semesta merobohkan gunung batu menguburnya.

Untuk P & A ; Berterimakasihlah pada orang2 yang telah membuat anda sebesar ini, terutama orang terdekat anda. Anda tidak tahu Allah menitipkan rezeki besar itu pada anda karena kehadiran orang2 tsb. Dan ketika anda melukai hatinya, menyia-nyiakannya, sangat mudah Allah mencabutnya kembali. Jalani proses hukum ( dampak kesalahan/ ketidaksabaran ) itu dengan gentle, bro ..


Menganiaya mantan istri, Pasha Ungu jadi tersangka & dipenjara ?

Pasha & Oky. Cinta tinggal kenangan.

Pasha & Oky. Cinta tinggal kenangan.

Vokalis band Ungu, Sigit “Pasha” Purnomo telah ditetapkan Polresta Bogor sebagai tersangka dalam kasus penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan terhadap mantan istrinya, Oky Agustina.

”Setelah melakukan pemeriksaan pelapor, saksi2 dan bukti visum yang dimiliki, maka polisi menetapkan status Pasha sebagai tersangka,” ujar Kasatreskrim Polresta Bogor Ajun Komisaris Irwansyah.


Pasha sudah ditetapkan sebagai tersangka pada 19/8/2009. Namun sampai sekarang yang bersangkutan belum datang memenuhi panggilan polisi. Pasha dijerat pasal 352 KUHP tentang Penganiayaan Ringan dan pasal 335 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan dengan ancaman 3 bulan kurungan atau penjara. Pihak kepolisian akan memanggil kembali Pasha untuk kedua kalinya untuk diperiksa dalam status tersangka.


Berdasarkan bukti visum Oky, polisi meyakini adanya tindakan penganiayaan sehingga menetapkan status Pasha sebagai tersangka. Kasus yang menjadi sorotan ini berawal dari pengaduan Oky Agustina ke Polresta Bogor pada 29 Juli 2009. Saat melapor terlihat bekas lebam pada tangan kanan dan pelipis mata kiri Oky. Saat diperiksa Oky yang didampingi pengacaranya, Jhon Peter Simanjuntak, mengatakan penganiayaan itu dilakukan Pasha di rumahnya di kompleks Perumahan Bukit Cimanggu Villa, kec. Tanah Sareal, kota Bogor, Rabu pagi.


Pukul 9.45 WIB, Pasha datang ke rumah Oky untuk membicarakan perilaku Oky yang dianggap tidak becus mengurus ketiga anak mereka.”Sebelumnya, dia sempat memaki saya melalui telpon, kemudian dia datang ke rumah saya dan langsung marah2,” kata Oky, yang mengaku sempat dipukul sehingga paha kanannya luka memar. Aksi penganiayaan itu terjadi saat ia bermaksud pergi berlibur ke Pangandaran. Kejadian itu sempat disaksikan pembantunya, terutama saat Pasha menarik Oky. ( PR, 24/8/2009 )


Hotline 24 jam segera dibuka, cegah KDRT berlanjut.


Kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT ). Di AS, kematian akibat KDRT lebih banyak dari kematian akibat sakit dan kecelakaan lalulintas digabung menjadi satu. Mengapa sepasang manusia yang saling mencintai bisa berubah saling bunuh ? Cinta sejati tidak menyakiti.

Kekerasan dalam rumah tangga/ KDRT. Di AS, kematian akibat KDRT lebih banyak daripada kematian akibat sakit dan kecelakaan digabung menjadi satu. Mengapa pasutri yang saling cinta bisa berubah saling bunuh ? Cinta sejati tidak menyakiti.

Guna mengefektifkan upaya Pemprov Jawa Barat dalam melindungi perempuan dan anak, sudah seharusnya setiap kabupaten/ kota memiliki layanan hotline 24 jam, kata Kepala UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak ( P2TP2A ) kota Bandung, Felly.

Kehadiran hotline ini sangat penting bagi kaum perempuan yang mengalami kekerasan, baik di rumah maupun tempat lain, untuk mendapat pertolongan sementara atau sekedar melaporkan permasalahan kekerasan yang dialami.



Felly mengakui, P2TP2A kota Bandung belum 24 jam karena masih mengacu jam kerja petugasnya yang pegawai negeri. Namun, ke depan fasilitas hotline 24 jam segera dibuat agar penanggulangan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak semakin efektif. Ia mengharapkan, Pemprov Jabar segera membentuk P2TP2A tingkat provinsi untuk memudahkan koordinasi antar P2TP2A kab/ kota. Jika di level provinsi sudah didirikan, maka kab/ kota lain yang belum memiliki lembaga tsb akan segera mendirikan.


Hingga saat ini, P2TP2A hanya tersedia di 8 kab/ kota di Jabar. Sejak P2TP2A kota Bandung didirikan tahun 2002, banyak perempuan melaporkan peristiwa kekerasan yang dialami dan terus meningkat. Tahun 2008 jumlah pengaduan mencapai 32 laporan. Tahun 2009 hingga bulan Juni sudah tercatat 28 laporan, artinya tiap bulan rata2 5 laporan.


Jenis kekerasan yang dilaporkan diantaranya ; kekerasan oleh suami, pacar dan pelecehan seksual dengan alasan pelaporan kekerasan fisik dan tekanan ekonomi. Felly meminta kaum perempuan berani bersikap dan jangan pernah membiarkan kekerasan sekecil apapun terjadi pada kita. ( PR, 13/7/2009 ).


Rumah Perlindungan & hotline pengaduan kekerasan karya ibu PKK


PKK Provinsi Jabar telah membuka Rumah Perlindungan dan Pemberdayaan Perempuan dan Anak di Gedung PKK, Jl. Soekarno Hatta, Bandung. PKK juga membuka saluran hotline 022-7504400 bagi mereka yang ingin mengadu atau membutuhkan konseling, ungkap Netty Prasetyani Heryawan, ketua gerakan PKK Jabar di Bandung.


Menurut Netty, dibukanya rumah perlindungan serta saluran hotline merupakan tanggapan PKK terhadap tingginya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak.”Kami juga menyadari selama ini masyarakat masih kurang mendapat informasi tentang perlindungan perempuan dan anak. Masalah itu, juga disebabkan oleh PKK yang dulu terkesan elitis. Sekarang kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat.”


Guna mengoperasikan rumah perlindungan dan pemberdayaan itu, PKK Jabar bekerja sama dengan kalangan LSM serta polisi dan kejaksaan. Aparat kepolisian dan masyarakat juga harus dikuatkan pemahamannya tentang kasus kekerasan dalam rumah tangga. ( PR, 13/7/2009 )



free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

26 Agustus 2009 at 19:22

Ditulis dalam keamanan, puspa ragam

Dikaitkatakan dengan

Museum Amerta dan Rumah Sejarah, Kalijati. Heroik dan mengasyikan.

with 3 comments

Upacara pengibaran bendera merah putih di halaman Istana Negara. Dikibarkan pula saat atlet kita berjaya di pentas dunia. Bendera yang bisa menyelamatkan kita ketika kesasar di wilayah konflik di Afganistan dan negeri2  muslim lainnya.

Upacara pengibaran bendera kebanggaan Indonesia di halaman Istana Negara. Dikibarkan pula saat atlet kita berjaya di pentas dunia. Bendera yang bisa menyelamatkan kita ketika kesasar di wilayah konflik di Afganistan dan negeri2 muslim lainnya.

Dalam peristiwa the battle of Java Sea, 27 Februari 1942 antara pasukan sekutu pimpinan Laksamana KWFM Karel Doorman dan Belanda dari pasukan Jepang. Pasukan sekutu dengan flagship-nya De Ruyter kalah oleh pasukan Jepang yang dipersenjatai Long Lauch Torpedo yang berjarak jangkau 40 km/ jam dan meluncur tanpa jejak di air.

Dalam pertempuran laut Jawa ini, sejumlah besar orang Indonesia terutama yang bertugas di kapal perang Belanda mengalami nasib naas. Di kapal De Ruyter saja ada 108 orang Indonesia yang menjadi korban, 74 diantaranya tewas di tempat. Meski rata2 kedudukan mereka tidak lebih dari inheemse matros, stoker atau sekadar inheemse jongen.

Sejarah kekalahan demi kekalahan Belanda dengan sekutunya ( Amerika, Inggris, Australia ) hingga menyeret Belanda ke meja perundingan di Kalijati, Subang, Jawa Barat, 8 Maret 1942, menjadi salah satu bagian cerita yang dipaparkan kapten penerbang, Sodikin, penanggungjawab Rumah Sejarah dan Museum Amerta Dirgantara Mandala Suryadarma, Kalijati, kabupaten Subang, Jawa Barat, kepada 130 orang peserta Ekspedisi Situs dan Bangunan Cagar Budaya, yang diselenggarakan Balai Kepurbakalaan, Nilai Tradisi dan Sejarah Jawa Barat.

“Hal ini merupakan kesempatan sangat langka dan jarang didapat dari buku sejarah sekalipun. Di sini, benda2 koleksi museum mampu menguatkan cerita yang disampaikan dan kita seakan dibawa dan turut merasakan peristiwa heroik,” ujar dra.Romlah, Kasi BKNTS Jawa Barat. Jabar seperti halnya daerah2 lain yang menjadi pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia, menjadi tempat yang sangat menarik untuk berwisata sejarah dan budaya. Tak hanya mengunjungi bangunan tua bernilai sejarah, tetapi juga lokasi temuan benda2 pra-sejarah.

Wisata sejarah di Museum Amerta Dirgantara, tempat kita mengenang pertempuran seru di Laut Jawa tahun 1942.

Wisata sejarah di Museum Amerta Dirgantara, tempat kita mengenang pertempuran seru di Laut Jawa tahun 1942.

Salah satunya, Museum Amerta ini, di mana kita bisa menyaksikan langsung pesawat2 yang pernah digunakan pasukan Jepang untuk bertempur lalu digunakan para pejuang bangsa ini. Kita juga disuguhi cerita heroik pertempuran, semisal, pesawat L-4 J Viper Cub yang pernah digunakan untuk operasi menumpas DI/ TII di Jawa Barat, yang hingga kini masih terawat baik. Pesawat jenis ini pula yang dipakai pasukan Jepang pimpinan Letjen Hithoshi Imamura untuk membumihanguskan kota Bandung, sebelum Hein Terporten akhirnya menandatangani penyerahan Belanda atas Jepang di Kalijati. Ada juga pesawat Viper Cherokee buatan Amerika yang selama masa kemerdekaan menjadi sarana transportasi, pesawat latih PZL Glatik dan PVA.

Wisata sejarah ke bunker dan parit pertempuran

Masih di kawasan Kalijati, wisata sejarah diteruskan dengan mengunjungi bunker2 maupun parit tempat pertempuran. Juga, Rumah Sejarah yang menjadi saksi bisu penyerahan kekuasaan Belanda yang telah menjajah Indonesia selama 350 tahun, pada Jepang. Rumah ini awalnya dibangun tahun 1917 untuk rumah dinas perwira staf sekolah penerbangan Hindia Belanda di PU Kalijati. Guna mengenang sejarahnya, pada 21 Juli 1986 atas inisiatif komandan Lanud Kalijati, Letkol Pnb Ali BZE meresmikannya sebagai museum dengan nama “Rumah Sejarah”.

Saat menjejaki kaki di teras rumah, kita dihadapkan pada tonggak dari semen beton bertuliskan huruf kanji.”Ini merupakan kata sandi yang hingga kini belum dapat maknanya. Kemungkinan besar kata kunci yang disampaikan Imamura. Bahkan mantan Gyugun maupun Kalijati Kai ( perkumpulan mantan prajurit yang pernah bertugas di Kalijati ) juga belum dapat mengungkapnya.”

Rumah Sejarah, Kalijati, saksi bisu menyerahnya pasukan Sekutu pada jenderal Jepang, Imamura.

Rumah Sejarah, Kalijati, saksi bisu menyerahnya pasukan Sekutu pada jenderal Jepang, Imamura.

Memasuki ruang samping, kita akan disuguhi diorama dan foto2 yang berkenaan dengan pertempuran yang terjadi di lapangan udara Kalijati. Diawali dengan mendaratnya pasukan tentara Jepang ke Eretan Wetan dipimpin kolonel Shoji dan merangsek masuk ke Subang untuk bertempur dengan pasukan Sekutu hingga lapangan udara Kalijati direbut.

Terpampang tulisan menyerahnya pemerintah Belanda kepada Jepang dan dialog panglima Imamura dengan gubernur jenderal Belanda serta panglima Ter Porten. Terdapat foto bersama pejabat kedua negara sebelum/ setelah perundingan dan foto bangunan lama di PU Kalijati. Di sisi kanan terdapat lukisan yang menggambarkan 3 lokasi pendaratan pasukan Jepang ke Indonesia.

Di ruang tengah, terdapat meja persegi panjang dengan 8 kursi kuno beserta kain penutup bercorak kotak2 hitam putih. Di depan tiap kursi terdapat nama para pejabat Belanda dan Jepang yang berunding. Di kanan kirinya, terdapat 2 bendera kedua bangsa dan pada tembok menempel lukisan suatu momen perundingan.

Pada kamar kedua, terdapat rak buku2, album foto dan radio kuno. Di sampingnya, terdapat papan foto2 sejarah mengenai kondisi sekolah penerbang Belanda dan mes para penerbang dan kru pesawat di PU Kalijati. Ada foto kondisi PU Kalijati, PU Husein Sastranegara, Bandung, PU Semarang dan PU Cililitan di Jakarta. Ada foto2 pesawat tempur Jepang dan aktivitas tentara Jepang, pula.

Di kamar ketiga ada sebuah tempat tidur kuno dari besi, wastafel dan papan foto2 pesawat tempur Jepang. Ada papan yang bertuliskan proses penyerahan kekuasaan Belanda kepada Jepang dalam bahasa Jepang dan Belanda. Di ruang belakang, ada ruang bekas kamar mandi dan dapur. Di beranda belakang, terhampar halaman luas, dari pintu belakang ada jalan berlantai dan beratap sirap menuju bangunan pada kiri halaman.

Veteran Jepang doa bersama di Tugu Kinoshita, Kalijati

Jangan lupa kunjungi Tugu Kinoshita atau Monumen Sejarah Tentara Jepang. Di tempat ini, tiap bulan September, mantan tentara Jepang atau keluarganya melakukan ritus doa bersama. Di sini bersemayam sersan Kinoshita yang meninggal saat pertempuran melawan Belanda. Selain mereka yang rutin berkunjung sejak diresmikan 21 Juli 1986, para pejuang kemerdekaan Indonesia juga mengenang peristiwa bersejarah itu di sini. Seperti Yayasan 19 September 1945 dan Yayasan Ermelo 96 sebagai paguyuban pejuang kemerdekaan. Siswa sekolah dari tingkat TK sampai mahasiswa juga kerap berwisata pendidikan di tempat bersejarah ini.

Rumah Sejarah dan Museum Amerta memang bisa mengasyikan. Jaraknya hanya 48 kilometer dari kota Bandung, 10 km dari Subang. Lokasi mudah dicapai. Sepanjang jalan banyak pemandangan yang dapat dinikmati. Tunggu apa lagi ? ( PR, 2/5/2009 )

Komen A.Savitri :

Masa2 ini kita diuji dengan berbagai persoalan yang menghendaki kita bersatu. Kebangsaan, nasionalisme, kecintaan pada tanah air, nusa, bangsa dan bahasa, kita gunakan untuk meng-counter klaim angklung oleh negara lain, perselisihan hasil pilpres 2009, intimidasi ledakan bom di JW.Marriott, kasus terbunuhnya David Hartanto, penyiksaan yang menimpa Manohara, Siti Hajar, gangguan kedaulatan di blok Ambalat, dsb. Kita tak ingin diguncang prahara seperti di Iran, Thailand, Afganistan, Irak, Palestina dan banyak tempat lain yang disusupi agen asing yang sengaja menciptakan ketidakstabilan ini untuk mempertahankan hegemoninya. Kita butuh bersatu, agar bisa menjalani kehidupan dengan wajar.

Tantangan ke depan masih banyak. Pakistan dan Afganistan masih membara. Banyak pengungsi ke luar dari sana. Crying for help. 70.000 sudah ada di Malaysia, siap masuk ke Indonesia, sebelum ke Australia. Orang2 kaya di Pakistan, Timur Tengah mengira negeri kita dalam cengkeraman asing sehingga perlu dibebaskan. Noordin M.Top, Saefuddin Juhri ( perekrut Dani ) salah satu eksekutor di lapangan mereka tugaskan untuk membebaskan kita dari kendali asing. Jujur saja, negara kita memang belum berbuat banyak untuk membebaskan rakyat Afganistan, Pakistan, Palestina, Irak dari pendudukan asing. Tapi kita juga tak ingin bangunan Indonesia yang sudah susah payah didirikan para founding father kita dirusak sedemikian rupa untuk memenuhi tuntutan pihak asing. Baik itu Amerika maupun militan Afganistan ( Taliban/ Al Qaeda ). Kita punya akar dan visi sendiri. Kita tak sudi Indonesia diacak-acak.

Sebagai muslim terbesar di dunia kita punya tanggungjawab moril membela saudara kita yang teraniaya di negeri2 yang diduduki. Puluhan tahun mereka tertindas, dan mungkin takkan bertahan lagi kalau kita terus terdiam dan asyik sendiri. Lugu. Loe-loe, gue-gue. Jadi, bagaimana ?

Allah memberi kekayaan alam demikian besar kepada kita, tidak untuk suka2 saja. Tambang emas di Timika membuat Freeport dari perusahaan tak dikenal menjadi perusahaan tambang emas terbesar di dunia. Chevron, Exxon, Shell juga menikmati keuntungan besar dari sumber daya alam kita. Mereka sudah kaya, dan tambah kaya. Di bawah laut Ambalat, tersimpan cadangan minyak untuk puluhan bahkan ratusan tahun umur anak cucu kita.

Kapal Republik Indonesia ( KRI ) siap menjaga kedaulatan NKRI di wilayah laut kita yang sangat luas.

Kapal Republik Indonesia ( KRI ) Diponegoro siap menjaga kedaulatan NKRI di wilayah laut kita.

Pasukan kontingen Garuda dilepas Panglima TNI ke medan konflik di luar negeri.

Pasukan kontingen Garuda dilepas Panglima TNI ke medan konflik di luar negeri.

Wilayah laut yang 2/3 dari luas daratan kita telah memunculkan kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Goa, Ternate, Demak, Banten yang tersohor di mancanegara sebagai penguasa maritim pada masa lalu. Kita punya semua yang dibutuhkan untuk menjadi negara besar, berdaulat penuh, disegani, sejahtera sekaligus melindungi rakyat negeri2 muslim teraniaya. Kita punya rasa cinta air dan cinta pada Allah. Militan Afganistan itu melihatnya, apa kita melihatnya ? Why don’t we do anything to release them ?

Mulai bebaskan diri dari ketergantungan asing, merk asing, impor minded. Hargai dan gunakan produk lokal. Isi tabungan kita dan kas negara, serta awasi penggunaannya. Singapura punya 4 skuadron masing2 6 pesawat tempur untuk menjaga negara kota sekecil itu. Malaysia juga. Kedua negara yang kerap menguji kesabaran kita itu luasnya tak sampai separuh pulau Sumatera. Kita hanya punya 1 skuadron untuk menjaga wilayah seluas ini.

TNI/ kontingen Garuda yang sangat diandalkan masyarakat internasional untuk menjaga wilayah2 konflik di luar negeri itu perlu kita persenjatai dengan peralatan mutakhir dalam jumlah memadai. Sehingga kedua negara tetangga kita itu kembali respek pada kita, seperti saat kita menjadi macan di Asia Pasifik puluhan tahun berselang. Sehingga kita bisa menjaga wilayah laut kita dari susupan agen asing, bajak laut, pencuri ikan dan teroris. Sehingga kita bisa menekan negara2 asing di meja2 perundingan setiap mereka menginvasi negara lain. Sehingga Al-Qaeda, Taliban, Noordin M.Top tak perlu putus asa mengebom tempat2 sipil untuk membangunkan kita, karena kita sudah melaksanakan kewajiban kita sebagai hamba Allah.

Prof. Yohanes Surya

Prof. Yohanes Surya

Selebriti Dik Doank

Selebriti Dik Doank

Sineas, Hanung Bramantyo

Sineas, Hanung Bramantyo

Museum Amerta dan Rumah Sejarah di Kalijati mengingatkan kita akan masa2 merebut kemerdekaan RI. Pentas bagi para pejuang pendahulu kita. Pesawat2 tempur yang digunakan Jepang ketika mengalahkan sekutu di laut Jawa, terpajang di sana dan menginspirasi kita. Dari penghayatan sejarah, mulai siapkan pentas kita.

Mari penuhi langit nusantara dengan pesawat tempur tercanggih untuk menjaga kedaulatan udara kita. Mari penuhi wilayah laut pertiwi dengan kapal terbaru yang gesit menghalau kapal2 asing yang mengusik kedaulatan laut kita. Mari lengkapi peralatan tempur Angkatan Darat dan keamanan Polri untuk mengantisipasi aksi teror, kriminalitas dan kejahatan kemanusiaan.

Gunakan produk Indonesia dan dukung usaha lokal untuk mensejahterakan kita semua. Profesor fisika Yohanes Surya, selebriti Dik Doank, sineas muda Hanung Bramantyo sudah meniti kiprahnya di depan. Kita susul mereka dengan mengeluarkan keajaiban pemberian Tuhan dari dalam diri, dan berkarya untuk kemajuan nusa dan bangsa. Tetaplah bersatu untuk memenuhi takdir masa depan kita.

Dirgahayu Indonesia ..


free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

19 Agustus 2009 at 17:38

Ditulis dalam konservasi

Dikaitkatakan dengan

Komplotan pembobol 13 ATM dihukum 7 tahun penjara. Kapok ?

leave a comment »

Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ). Hati2 stiker call center/ hot line palsu yg dipasang para pembobol ATM. Dorong masuk sekalian kartu anda, lalu telpon call center yg benar ( anda sudah catat di phone book anda atau hafalkan sejak dari rumah ).

Mesin Anjungan Tunai Mandiri ( ATM ). Hati2 stiker call center/ hot line palsu yg dipasang para pembobol ATM. Dorong masuk sekalian kartu anda, lalu telpon call center yg benar ( sudah dicatat di phone book ponsel anda atau dihafal sejak dari rumah ).

Satu lagi komplotan penipuan disertai pencurian via ATM berhasil ditangkap polsi. 4 anggota komplotan tsb diringkus tim gabungan Polsekta Bandung Timur pada Minggu ( 26/7/2009 ) malam lalu. Keempat pelaku yang berasal dari Sumatera itu berinisial He ( 32 ) alias Roni, AB ( 31 ), Ad ( 30 ) dan Jun ( 33 ).

Terungkapnya komplotan ini berawal dari kecurigaan seorang karyawan BNI saat akan mengisi ATM BNI di Jl. Tatasurya Metro Margahayu Raya kota Bandung. Ketika karyawan itu memasukkan kartu ATM, kartunya menyangkut di dalam mesin ATM.

Karyawan tsb curiga kalau itu pekerjaan komplotan penipu. Apalagi melihat adanya stiker di mesin ATM yang berisi nomor hotline BNI yang salah. Karyawan tsb kemudian berkoordinasi dengan Polsekta Rancasari dan Polresta Bandung Timur untuk menjebak pelaku. Keempat pelaku diringkus saat sedang berada dalam taksi di dekat lokasi.

Keempat pelaku memiliki peran masing2. Tersangka Roni bertugas menyelipkan lidi atau batang korek ke ATM, memasang stiker hotline palsu dan mengambil ATM yang menyangkut. Tersangka AB mengawasi situasi saat Roni beraksi. Ad tugasnya mengarahkan korban untuk menghubungi nomor hotline palsu. Sementara Jun adalah “operator” gadungan BNI. Setelah nomor ATM korban dipegang, tersangka Roni dan AB kembali ke lokasi untuk mengambil kartu ATM yang tersangkut dalam mesin.

Roni mengaku baru beraksi di Bandung sejak 2 bulan lalu. Selama 2 bulan itu, sedikitnya 5 nasabah BNI yang telah dikuras uangnya.”Saya baru dapat Rp.3,2 juta. Total yang dikuras saya lupa,” katanya.

Kapolwiltabes Bandung, Komisaris Besar, Imam Budi Supeno mengatakan, komplotan itu sedikitnya telah beraksi di 13 ATM di kota Bandung.”Para pelaku dijerat pasal 378 KUH Pidana tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” ucapnya di Mapolwiltabes Bandung, Senin siang. ( PR, 28/7/2009 )

Trik mencegah duit anda ludes di ATM oleh penipu

Maman Somantri Djaja, dalam surat pembaca PR ( 1/8/2009 ), memberikan trik menghindari penipuan ATM ( dengan modus menelan kartu dan memasang stiker call center palsu di mesin ATM ), begini :

  • Jaga selalu kerahasiaan nomor PIN anda. Jangan memberikan nomor PIN anda kepada pihak lain, baik secara langsung maupun percakapan telepon. Bahkan seluruh karyawan bank pun tidak diberi wewenang untuk meminta nomor PIN dari nasabahnya.
  • Tanyakan dan catatlah nomor call center bank anda kepada petugas bank. Apabila menemukan nomor call center palsu, buanglah agar nasabah lain tidak menjadi korban penipuan.
  • Apabila kartu anda tertelan, pastikan benar2 tertelan ( bukan terganjal ). Dorong kartu anda dengan kartu lain, atau kartu SIM, KTP, dll.
  • Segera minta/ telpon bank untuk memblokir kartu ATM anda melalui call center yang benar.
  • Pergi ke bank tempat anda membuka kartu ATM. Ambil kartu anda dan segera ganti nomor PIN-nya.
  • Himbau bank yang memiliki fasilitas ATM, agar melengkapinya dengan petugas jaga. Pastikan petugas menjaga dan membuang stiker atau selebaran yang bisa menjebak pengguna ATM lain.
free html visitor counters
hit counter

Written by Savitri

19 Agustus 2009 at 16:51

Ditulis dalam ekonomi, keamanan

Dikaitkatakan dengan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.