Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Braga kini, membuat orang tak ingin datang lagi

leave a comment »

Braga, tahun 1968

Braga, tahun 1968

Selain Braga Stone, keyboardis tunanetra yang dulu mangkal di teras depan toko kacamata Kasoem, legenda2 Jl.Braga tahun 1980-an adalah toko buku Jawa dan Insulinde yang koleksi bukunya cukup lengkap sebelum Gramedia berkibar, toko roti Sumber Hidangan, Canary, dan French yang menjadi ciri pastry Bandung, Braga Permai yang cokelat mint-nya enak banget, toko Niaga yang menjual kamera, toko souvenir Sin Sin yang barang2nya tertata apik, galeri Tatarah yang selalu memajang lukisan kelas wahid pada etalasenya, Sarinah yang menawarkan batik dan handycrafts ( kriya ), bar North Sea yang pemiliknya kulit putih, serta bioskop Majestic yang memutar film2 seronok.

Braga saat jalan aspalnya diganti batu andesit.

Braga saat jalan aspalnya diganti batu andesit.

Februari 2009, Jalan Braga yang permukaannya ditutup batu andesit sedang diperbaiki. Bangunan2 utama sudah dicat ulang, tapi tak terasa mengubah apa2. Lukisan2 ramai terpajang berjajar, mulai dari trotoar pada sebagian ruas jalan hingga ke dalam toko yang dikondisikan sebagai galeri bersama. Sayang, tak tampak pelukis sedang melukis di sini. Tidak menerbitkan vitalitas dan tak menyentuh emosi.

Pohon2 ditanam di trotoar. Langkah2 yang kita ambil untuk mengembalikan roh Jalan Braga sepertinya perlu dikaji ulang, esensi dan urgensinya. Tidak banyak toko yang buka seperti 20 tahun lalu. Melihat kondisi dan situasinya sekarang, maaf, barangkali tak ada orang yang berpikir dan berminat menyusuri Jalan Braga untuk kedua kalinya. ( Lie Charlie/ PR, 15/3/2009 )

Iklan

Written by Savitri

28 Maret 2009 pada 16:16

Ditulis dalam Ragam

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: