Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

”Awake” : Survive di Meja Operasi dengan Cinta Ibu

leave a comment »

Tagline-nya yang berbunyi ; tiap tahun satu dari 700 orang yang dibius dalam operasi, sadar saat pembedahan. Ketika mereka berencana membunuhnya, mereka tak menduga dia adalah satu satunya.

Poster film "Awake" yang dibintangi Hayden C, Terence Howard dan Jesica Alba

Poster film "Awake" yang dibintangi Hayden C, Terrence Howard dan Jessica Alba

Menegangkan. Bayangkan diri anda terbujur di meja operasi, dan jantung anda ada di kepalan dokter yang tiga kali malapraktek. Tidak itu saja, ia memang berencana membunuh anda untuk membayar hutang-hutangnya. Anda mendengar semua konspirasi yang tengah berlangsung di depan mata, merasakan sakit luar biasa karena dada anda dibelah, tulang rusuk anda digergaji  dengan bunyi mesin mendesing-desing memekakkan telinga, tapi anda tak bisa berbuat apa-apa. Panik ?

Pernah, suatu kali, pasca lebaran dada terasa diinjak. Badan kram, tak bisa bergerak akibat mengkonsumsi gule kambing dan emping berhari-hari. Saya kuatir jantung saya bermasalah. Kuatir terkapar tak berdaya selama transplantasi jantung lalu mengalami “anesthetic awareness” ( lumpuh tapi terjaga selama dioperasi/ dibius ) seperti Clayton Beresford, Jr. Apa yang harus saya lakukan ? Itu yang membuat saya mesti menyimak baik-baik film ‘Awake’ yang dibintangi aktor berbakat pemenang delapan penghargaan, Hayden Christensen.

Mungkin sebagian lain, terutama para wanita dan fans, rela merogoh kocek agar leluasa memandangi wajah tampan warga Kanada berusia 28 tahun yang tahun 2008 keliling dunia sebagai David Rice di “Jumper”. Sah-sah saja. Asal anda bisa menahan perasaan, ketika pemeran Anakin Skywalker dan Darth Vader ini bercumbu dengan Jessica Alba di bak mandi dan ranjang Samantha Jane Lockwood, tunangan Clay. Anda tahu, kan, hot-nya Jessica menari di “Honey” dan misteriusnya Hayden di serial teve “Higher Ground”, film “Life as a House” dimana ia mendapat nominasi Golden Globe, dan “Star Wars : Revenge of the Sith”. Bahkan Natalie Portman, sang ratu galaksi, bilang Hayden juga misterius di luar film. Menurut anda, serasikah keduanya dipasangkan ?

Ketenangan bersikap dan keseriusannya bekerja membuat Hayden terlihat seksi dan pantas diperhatikan. Ah, baiklah, saya mengaku, saya termasuk yang memperhatikan dia. Aktingnya dan cara hidupnya yang relatif bersih. Jarang, aktor muda yang bersinar, dikelilingi gemerlap kehidupan Hollywood memilih setia pada prinsip hidup dan etika profesi. Film yang saya tonton, pelakonnya harus memenuhi kriteria ini. Boleh disebut yang lain, Tom Hanks dan Meryl Streep. Bisa jadi contoh selebriti tanah air.

Selain mengikuti Den bergerak menghidupkan sang tokoh, saya menyaksikan pembuktian kembali di kisah ini ; ‘cinta ibu is the best’. Sikap Lilith Beresford ( Lena Olin ) yang over protektif ; menghalangi kasih putranya dengan Sam ( Jessica Alba ) serta menghalangi operasi Dr. Jack Harper ( Terrence Howard ), teman baik sang putra yang dipercaya merogoh detak hidupnya, membuat Clay ( Hayden Christensen ) makin berjarak. Clay muda ( Stephen Hinkle  ) melihat sang ayah tewas di depan mata dengan besi berlumuran darah di tangan Lilith, sang bunda. Bagaimana hati ini tidak membenci melihat kedua orang tua saling menyakiti. Seperti banyak hal di dunia, ternyata tak semua yang tersurat seperti yang tersirat. Sekali lagi bunda mempertaruhkan nyawa ; dan kali ini ia tak bisa kembali.

Film “Awake” di Amerika dirilis November 2007, di Jakarta September 2008 dan di Bandung baru Februari 2009. Ditulis dan diarahkan Joby Harold yang merupakan debut sutradaranya. Film thriller yang diproduseri Jason Kliot dan John Penotti ini berdurasi 84 menit. Andai bisa lebih lama. Bagi penggemar Terrence Howard, ia bermain apik di sini, karena ia berhasil mengecoh saya.

Penasaran melihat Jedi super menjelma pewaris Beresford Capital, di mana dunia ada di tangannya, lengkap dengan atribut kesuksesan ? Atau anda ingin tahu pengalaman berada di luar tubuh dan berjalan-jalan seperti ruh atau hantu ? Anda bisa menonton filmnya. Tapi jika ekspetasi anda kurang terpenuhi, minimal, anda sudah tahu caranya bertahan hingga mendapatkan jantung anda kembali. Itu penting, bukan ? Hayden ? Anda masih berkesempatan mendapatkannya setelah ia ‘awake’ ( bangun ).

( A.Savitri / penikmat film )

Hayden dibawa ke ruang bedah, dikawal dokter dan istrinya.

Clay dibawa ke ruang bedah, dikawal dokter dan istrinya.

Iklan

Written by Savitri

8 Mei 2009 pada 19:10

Ditulis dalam Ragam

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: