Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Mobil Larasita melayani sertifikat tanah bagi masyarakat tak mampu/ sakit

with 31 comments

Ada pemeo nyeleneh, jika bisa dipersulit, kenapa harus dipermudah. Ungkapan itu menyentil pelayanan birokrasi pemerintah, termasuk pengurusan sertifikat tanah. Jadi, surprise jika aparat pertanahan di negeri ini bisa melakukan terobosan dalam urusan yang satu ini. Anda mungkin bisa memanfaatkan layanan Larasita untuk keperluan anda atau keluarga. Saya ambil dari PR, 12/5/2009. Mari kita simak kisahnya. ***

Mobil Larasita diserbu warga yang ingin mengurus sertifikat tanah.

Mobil Larasita diserbu warga yang ingin mengurus sertifikat tanah.

Program Larasita ( Layanan Rakyat untuk Sertifikat Tanah ) dari Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) RI, yang dilaksanakan Kantor Pertanahan Nasional ( KPN ) Kota Bandung, ternyata benar2 dirasakan masyarakat. Buktinya, Oom Romlah ( 73 ), nenek warga Jl.Sasakgantung no.30 RT 01 RW 05, Kelurahan Balong Gede Kecamatan Regol yang menderita stroke, seperti mendapat durian runtuh.

Oom Romlah yang mendengar pelayanan jemput bola Larasita November 2008, mendaftarkan tanahnya seluas 181 m2 untuk disertifikasi. Rumah di atas tanah itu kini ditempati dirinya, menantunya sekaligus tempat usaha konveksi anaknya. Tak disangka, bulan Maret 2009, beberapa petugas KPN Bandung dengan mobil Larasita mendatangi rumahnya, bak mimpi indah. Kurang dari 4 bulan sertifikat selesai, padahal masyarakat menganggap membuat sertifikat tanah lama, prosesnya berbelit-belit dan makan biaya besar.

Di wilayah Kelurahan Balong Gede, ada 5 warga yang sertifikat tanahnya sudah selesai, kata Kepala KPN Bandung, A.S.Soemarga, ketika ditemui di kantornya di Jl.Soekarno Hatta. Namun setelah mereka tak kunjung datang dan kami mendengar masalah ibu Oom, maka kami langsung jemput bola, tambahnya. Sedianya mereka akan menyerahkan langsung, tapi melihat kedatangan mobil KPN ini, Ibu Oom tampak bersemangat berjalan ke depan rumah. Melihat keadaan perempuan tua yang tak bisa berjalan itu, putra Ibu Oom dan petugas KPN segera memapahnya.

Layanan Larasita sangat membantu masyarakat, terutama yang tak mampu atau sedang sakit. Target yang ingin dicapai KPN Kota Bandung tahun 2009 adalah menyelesaikan 2000 bidang sertifikasi tanah.

Mobil keliling Larasita di Braga Festival, 27-30 Desember 2009. Menjangkau yang tak terjangkau. Problem sertifikat rumah atau tanah anda bisa diurus di sini.

Sms 08139 5000 900 untuk info berkas. Sms 0857 21 500 900 untuk pengaduan. E-mail : kot-bandung@bpn.go.id

Definisi dan tugas Larasita. Layanan Rakyat untuk Sertifikasi Tanah.

About these ads

Written by Savitri

22 Mei 2009 pada 16:48

Ditulis dalam puspa ragam

Dikaitkatakan dengan

31 Tanggapan

Berlangganan komentar dengan RSS.

  1. saya , Rika dari bandung timur, mau tanya kalau mau pembikinan sertifikat dengan luas tanah 140 m, bangunan 70 m, itu dikenakan biaya berapa? untuk infonya mohon di email ke rikasusiantini@gmail.com, terimakasih

    Rika

    8 Oktober 2013 at 16:01

  2. Larasati melayani wilayah kabupaten madiun α℘α tidak ??

    erlyana rohmawati

    16 September 2013 at 10:34

  3. kalo larasita di cilebut tahun 2013 ini ada nggak ya?

    yenita

    19 Juni 2013 at 01:01

  4. kapan mobil larasita di daerah cibitung kab malangbong mendatangi desa kami,kemarin sy di tawarkan untuk pembuatan sertifikat dr AJB ke sertifikat di kenakan biaya 2jt untuk program larasita padahal luas tanah sy hanya 166m,tp skrg sy mau mengurus sendiri ke BPN setempat kr2 brp buaya nya?terima kasih

    leni

    13 April 2013 at 16:22

  5. Saya warga Lawang Malang menanyakan pengurusan sertifikat tanah kolektip yang telah dilaksanakan oleh Desa Sumberngepoh mulai tahun 2010 melalui Larasita belum juga selesai .yang saya tanyakan kita mengadu kemana agar program desa sertifikasi kolektip bisa cepat selesai .

    SurJo Adi

    3 September 2012 at 12:26

  6. Mas,Mbak bisa minta no telp petugas Larasita daerah jakarta timur. makasih ya.

    shandy

    12 Maret 2012 at 15:24

  7. Mas/Mbak bisa minta no telp petugas Larasita jakarta timur. Makasih ya.

    shandy

    12 Maret 2012 at 15:23

  8. @ rush : silakan bpk ibu di BPN Tasikmalaya kiranya bisa menjelaskan ke e-mail sdr Rush : rustiyadiwartono@ymail.com

    Savitri

    15 September 2011 at 11:28

  9. Program Larasita kab Tasikmalaya… Tidak jelas penyelesaiannya… Sudah 1 Th blm ads yg bers…

    rush

    9 September 2011 at 17:51

  10. @ Fridha : setahu saya sudah. Coba anda telpon ( cari info jadwal mobil Larasita ) ke kantor BPN ( Badan Pertanahan Nasional ) Surabaya..

    Savitri

    26 Juli 2011 at 18:59

  11. kalo di sby kira2 sdh ada blom ya?

    fridha

    23 Juli 2011 at 11:59

  12. @ Anita Yuniar : waktu saya mengurus sertifikat ( ganti kepemilikan tanah ) di BPN Bandung, beberapa tahun lalu, selesai sekitar 2-3 bulan. Persyaratan biasanya sudah tercantum di loket resmi BPN. Jika lengkap, biasanya cepat. Silakan yang bisa menjawab lebih baik, kirim e-mail ke : anitayuniar.in@jica.go.jp

    Savitri

    5 Juli 2011 at 19:14

  13. Iya, boleh dibantu kalau BPN jaktim, gimana ya pengurusannya, orang tua saya, sudah mulai mengurus sejak 6 bulan lalu, tapi belum ada kabarnya, biasanya standard pengurusan itu sampai berapa lama ya?

    anita yuniar

    1 Juli 2011 at 13:49

  14. @ Nendra :
    Trims juga sudah berkunjung. Tentang jadwal Larasita di Kec.Lembang anda bisa telpon ke Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Bandung 1 ( telpon 108 dulu ) atau melihat di harian Pikiran Rakyat. Nanti, kalau KID ( Komisi Informasi Daerah ) sudah terbentuk di Jawa Barat, anda bisa curhat soal kurangnya transparansi biaya selama ini ( untuk reformasi birokrasi ke depannya ).

    Savitri

    8 Januari 2011 at 08:29

  15. Ass…..mohon informasi jadwal Larasita untuk Kec. Lembang, disini untuk buat AJB atau Sertifikat Hak Milik luar biasa biayanya, jelas kami sangat mengharapkan program pemerintah ini bisa hadir dengan “transparan”..jangan seperti yang sudah – sudah. Jargon pemerintah gratis atau murah untuk rakyat malah dimanipulasi dengan deretan “biaya administrasi” oleh oknum pegawai desa atau kecamatan…mohon informasinya dan terima kasih telah memberikan pengetahuan dengan adanya halaman ini…

    Nendra

    2 Januari 2011 at 10:05

  16. @ Zaki M :
    “Layanan ini diluncurkan untuk memberi kemudahan pada warga, khususnya di lima kecamatan, yakni Kecamatan Makasar, Kramatjati, Ciracas, Cipayung, dan Pasar Rebo. “Tujuan utama Larasita ini memang memudahkan warga yang tinggal jauh dari kantor BPN Jaktim,” ujar Kepala BPN, I Wayan Gde Astina.
    Larasita akan beroperasi berdasar jadwal lima hari dalam sepekan, di setiap kecamatan.”
    http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/nasional/09/02/20/32741-larasita-permudah-pengurusan-surat-tanah

    Dari kutipan berita di atas, mungkin anda bisa tanya ke kecamatan di lingkungan anda tinggal. Senin sampai Jumat ada mobil Larasita. Siapa tahu tetangga anda pernah melihatnya.

    Savitri

    26 November 2010 at 14:15

  17. tanya jadwal larasita di kecamatan kramat jati jakarta timur tahun 2010 terima kasih

    zaki.m.

    25 November 2010 at 03:27

  18. Yth Bpk petugas Larasita bagaimana dengan program yang telah berjalan di desa kami sukodono sidoarjo, sampai sekarang belum ada keputusan finalnya???

    masrur

    26 Oktober 2010 at 14:48

  19. larasita untuk kab. tasikmalaya kapan akan dilaksanakan ?
    mohon pemberitahuannya secepatnya.
    adanya program larasita, pronas dan dll dari dinas pertanahan tidak pernah diketahui oleh masyarakat.hal ini sangat mungkin untuk dijadikan ladang korupsi oleh pejabat di dinas, aparat kecamatan/desa dan calo-calo pertanahan….tolong pemerintah menanggapinya secara serius demi kemaslahatan masyarakat.agar semua program pemerintah yang mulia, bisa dirasakan oleh masyarakat kecil.amin

    luky

    30 September 2010 at 09:20

  20. saya ingin dibandung kotamadya,. babakan baru (cimuncang) phh.mustofa

    agus supriyono

    27 September 2010 at 03:10

  21. terima kasih pada pemerintah atas keberadaan larasita mudah2an bisa membantu kami masyarakat luas yang masih awan dalam pengurusan surat tanah.

    Miftahul Huda

    27 Juni 2010 at 18:42

  22. kalo program ini untuk kab tasik kapan ?

    ijang

    25 Mei 2010 at 09:09

  23. @ Ijang Saepuloh :
    Coba klik, posting hari ini ;
    https://anisavitri.wordpress.com/2010/04/15/helm-sni-jalan-rusak-korupsi-kpk-kid-tempatmu-mengadu/
    lalu beranikan diri, putar nomor kontak, angkat telpon, sampaikan keluhan, aspirasi atau saran anda. Calo, markus dan koruptor yang menyebalkan itu tak lagi mengganggu jika jumlah mereka menyusut drastis karena pengaduan anda semua. Semoga komen Ijang terbaca oleh para pejabat pemerintah.

    Savitri

    15 April 2010 at 18:30

  24. program pronas, ajudikasi dan larasita pada daerah-daerah tertentu terutama ditasikmalaya baik kota maupun kabupaten tasikmalaya sangat tidak deketahui warga masyarakat ternyata ada beberapa oknum yang memanfaatkanmprogram pemerintah untuk mencari keuntungan ada beberapa desa dan kelurahan tidak mempublikasikan dan mengimpormasikan pada masyarakat dan secara diam-diam dijual pada orang-orang yang mampu ekonominya, saya mengharapkan pemerintah mewajibkan perbaikan sistem dengan sistim yang terawasi dan terkendali dan memberi kebebasan pda masyarakat untruk melaporkannya dan rahasianya dilindungi. kenapa layanan publik bobrok karena pembiayaan layanan publik banyak tidak pakai kwitnsi sehingga masyarakat sulit untuk memberi pembuktian dan banyak pegawai yang menjadi calo akte jual beli dan sertifikat dengan jalur yang tidak jelas karena calo-calo surat tanah datang dari pegawai bahkan uangnya terpakai dulu sehingga sampai berbulan-bulan untuk itu pelayanan AJB dan SERTIFIKAT tidak boleh mealkukan pelayanan diluar kantor kecamatan dan dipajang biayanya dan buila mempermainkan dengan berbagai alasan buku ga ada bukunya mahal dan macam-macam bisa diketahui dan dilaporkan

    ijang saepuloh

    13 April 2010 at 08:16

  25. @ Endah Sriani :
    Coba cari di buku telpon atau dial 108, alamat Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Madiun atau Kota Surabaya. Mobil Larasita adalah salah satu layanan dari BPN di wilayah anda. Semoga BPN Madiun sudah punya layanan Larasita.

    Savitri

    1 April 2010 at 09:59

  26. Orang tuaku an.mirah tinggal di RT.6 RW.2 desa candimulyo, kec.dolopo, kab.madiun, jatim. Kalo pingin tahu tempat larasita- infonya bisa tak peroleh dimana? Tx

    Endah sriani

    29 Maret 2010 at 06:54

  27. kalo di brebes ko ga ada ya????? kapan dong di brebes jangan cm di kota lain dong. karena di brebes hampir 80% banyak yang belum punya sertifikat tanah..

    Toharjo

    11 Februari 2010 at 14:02

  28. kalo di sukabumi kapan???

    indra

    1 Februari 2010 at 00:50

  29. tanya jadwal larasita di kelurahan lenteng agung tahun 2010 terima kasih

    bagus

    4 Januari 2010 at 11:40

  30. @ dodo masdori :
    Coba anda masuk ke situsnya Badan Pertanahan Nasional ( bpn.go.id ), sms atau e-mail ke nomor tertera di keterangan foto “Definisi & Tugas Larasita”. Atau datang ke Braga Festival di Jl.Braga, Bandung. Di situ, saya lihat, nongkrong mobil Larasita. Petugasnya siap melayani anda.

    anisavitri

    29 Desember 2009 at 12:10

  31. Asslmkm yth petugas Larasita sy punya tanah di jakarta timur nmn sulit pengurusan sertifikatnya, apa bs bantu ?

    dodo masdori

    13 Desember 2009 at 00:06


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 35 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: