Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Semen palsu beredar, hati2 rumah & jembatan ambruk.

with 2 comments

Banyak diberitakan ; rumah,  sekolah, jembatan ambruk dan fasilitas umum lain ambruk padahal belum lama digunakan. Kita biasa menuding pemborong curang, mengurangi SPEC untuk keuntungan sendiri atau uang yang tersisa tinggal sedikit setelah dipakai untuk menyogok pengawas proyek atau panitia lelang agar menang tender. Banyak kambing hitam dan kecurigaan. Satu yang sudah terbukti adalah semen palsu. Jelas makin ancur-ancuran. Sudah kualitas diturunkan, rasio semen : pasir sudah menyalahi, semen yang digunakan palsu pula. Wah, berbahaya. Yuk, kita cek semen yang kita gunakan, dengan info di bawah ini. Saya ambil dari PR, 13/5/2009. Selamat membaca.***

Sak semen merk Tiga Roda

Sak semen merk Tiga Roda

Terungkapnya pabrik semen palsu di Bogor beberapa waktu lalu, mengindikasikan banyaknya semen palsu yang beredar di masyarakat. Diduga kuat masih banyak pabrik semen palsu yang belum terungkap. Bermula dari laporan konsumen yang mengeluhkan kualitas semen pada Indocement.

Polisi menemukan ratusan sak semen bercap Tiga Roda, sablonan, abu batu bara, sisa semen curah, 5 truk semen dan 1 mesin silo pencampur semen bernilai miliaran rupiah di pabrik semen palsu tsb. Menurut Alexander Frans, kepala divisi hukum PT. Indocement, cara membedakan semen asli dari yang palsu ;

Semen asli Semen palsu
1 Di sak semen tertulis “Costomer Care” Tertulis “Customer Care”
2 Sambungan sak di samping kanan depan Di sembarang tempat
3 Cetakan tahan lama Cepat pudar
4 Kualitas prima Jauh di bawah kualitas semen asli
5 Harga Rp.52.000 per sak 50 kg Rp.48.000-49.000 per sak 50 kg
6 Berat 50 kg per sak Kurang dari 50 kg bahkan ada yang 42 kg

Tindakan pemalsuan semen tsb selain merugikan konsumen juga membahayakan keamanan, karena semen juga dipakai untuk infrastruktur publik seperti sekolah, gedung pemerintahan, dll, kata Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Timur Pradopo. Pabrik semen palsu yang diungkap polisi berada di 2 tempat ; Jl. Soleh Iskandar Kp.Kayu Manis RT.1 RW.1.Kel.Cibadak.Kec.Tanah Sareal. Kota Bogor dan Kp.Salabenda Desa Parakan Jaya Kec.Kemang Kab.Bogor.

Pabrik milik Ko Ahong itu memproduksi 1000 sak semen per hari, setelah itu diedarkan sekitar Bogor, Depok, Cianjur, Sukabumi, Tangerang, Bekasi hingga keluar Jawa Barat. Modus pemalsuannya dengan mencampur semen curah dengan abu sisa pembakaran batu bara dengan perbandingan 400:100. Semen oplosan itu lalu dimasukkan ke sak semen polos untuk kemudian disablon dengan gambar menyerupai semen cap tiga roda.

Dalam kasus tsb, polisi memeriksa 22 orang dan menetapkan 4 orang sebagai tersangka. Keempat orang itu berinisial LK sebagai penanggung jawab dan 3 operator mesin, yaitu RK, AD dan RN. Sementara Ko Ahong masih dalam pengejaran.

Membangun rumah bersama keluarga.

Membangun rumah bersama keluarga.

Iklan

Written by Savitri

22 Mei 2009 pada 17:09

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. perlu pengawasan dari pihak terkait,karena dapat merugikan konsumen

    irwan

    28 Januari 2014 at 10:00

  2. Isu pemerataan pedapatan dan tindakan pemberontakan bersenjata berakar dari kesejahteraan yang tidak merata, dan keadilan hukum yang tidak ditegakkan. Ekstrimisme Kanan didorong ketidakpercayaan rakyat atas sistem yang bobrok karena tindak korupsi.

    Kabar

    12 Oktober 2012 at 08:37


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: