Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Trend rumah dan taman minimalis di perkotaan

with 16 comments

Rumah saat ini berfungsi selain sebagai hunian juga merefleksikan kepribadian pemilik. Oleh karena gaya arsitektur diinginkan mengakomodasi gaya hidup penghuni, maka perancangan menjadi aspek penting.

Rumah bergaya minimalis di Bandung.

Rumah bergaya minimalis di Bandung.

Rumah sebagai bagian dari gaya hidup, sejak tahun 2005 hingga medio 2009, masih mengacu gaya minimalis, disertai taman minimalis yang kompak, trendi dan praktis. Di perkotaan, rumah minimalis banyak ditawarkan pengembang properti sebagai simbol baru masyarakat kota. Rumah minimalis dianggap mencerminkan cara hidup, bekerja, bekerja masyarakat urban yang serba praktis, ringan, efesien dan sederhana.

Rumah dan taman merupakan reinterpretasi sosial budaya masyarakat terhadap alam dan tempat tinggalnya. Rumah tempat kita beristirahat, bersosialisasi, berkeluarga dan beribadah. Taman mencerminkan energi alam, dan energi adalah sumber kehidupan. Jika rumah dan taman dirancang sebagai kesatuan yang harmonis, maka penghuni bisa memperoleh energi kehidupan darinya.

Priandono Nurhadi, ketua dan pendiri Green Design Indonesia, sebuah komunitas perancang ( arsitek, desainer interior, perancang taman ) mengatakan, ketika kebutuhan rumah kian mendesak, namun lahan terbatas dan lingkungan vegetasi mengecil, maka konsep rumah dan taman minimalis menjadi pilihan utama warga kota. Rumah dan taman minimalis bertujuan meningkatkan nilai ruang secara keseluruhan ( eksterior dan interior ) dengan mengurangi segala sesuatu yang berlebih dalam ruang tersebut.

Filosofi minimalis

Filosofi minimalis mewakili gaya hidup praktis, dinamis, ringkas, efektif dan efesien, yang diterapkan dalam semua aspek kehidupan, termasuk arsitektur bangunan rumah, interior rumah dan eksterior taman. Kolaborasi rumah dan taman minimalis menjadi media komunikasi antara arsitektur dan lanskap, dalam bentuk kekontrasan, keras-lunak, kaku-lembut, mati-hidup, geometris-dinamis, antara budaya ( buatan manusia ) dan alam.

Minimalis mampu menghilangkan kejenuhan memakai banyak ornamen dekoratif dan pernak-pernik aksesori. Karakter dan kualitas ruang2 yang tercipta ditentukan oleh keberadaan ruang itu sendiri, bukan oleh perabot dan pernak-pernik aksesori di dalamnya. Ruang menjadi terasa lapang, sirkulasi udara optimal, segar dan sehat, pencahayaan alami melimpah, karena banyaknya ruang yang terbuka sehingga cahaya matahari dan udara dari luar leluasa masuk ke dalam rumah.

Rumah musim panas di Swedia.

Rumah musim panas di Swedia.

Adakalanya penempatan pohon atau komposisi tanaman yang tepat akan menghadirkan bayangan obyek2 ke dinding, menjadi elemen estetis yang alami. Pencahayaan alami yang menerobos jendela, pintu, dinding transparan ( kaca patri, glassblock ) atau skylight, akan membiaskan warna alami dari setiap sudut rumah yang terkena cahaya.

Permainan cahaya lampu yang artistik, baik lampu sorot, lampu taman sampai lampu gantung berbentuk geometris, bisa menghidupkan suasana malam hari. Saat ini, rumah minimalis berpola geometris, proporsional, efektif-efesien, warna netral, alami berkesan lega dan lapang dan warna natural menjadi pilihan serta gaya hidup kaum urban. Rumah ini didukung kualitas desain rumah dan taman serta penyelesaian struktur yang semakin baik.

Ciri rumah minimalis

"Clean look" di interior rumah minimalis. Bersih, efesien, praktis.

"Clean look" di interior rumah minimalis. Bersih, efesien, praktis.

Banyak pengembang properti berupaya memenuhi permintaan konsumen yang mendambakan desain yang lugas, polos, sederhana, tidak rumit, kompak, efesien-efektif di setiap ruangnya. Keindahan rumah dan taman minimalis dilihat dari kejujuran bentuk, fungsi dan penjiwaan ruang2 yang diciptakan. Pemakaian bahan2 sederhana dan material alam yang dominan menjadi ciri khas rumah minimalis.

Taman berperan penting dalam mengindahkan dan menyelarasi bangunan dengan lingkungan alam sekitar. Taman yang diciptakan untuk menemani konsep rumah minimalis sebaiknya juga ditata secara minimalis. Jika tidak, semisal dipadukan dengan taman mediteranian atau tropis, maka akan mengaburkan konsep rumah minimalis.

Ciri taman minimalis

Ciri utama taman minimalis adalah menonjolkan kesederhanaan. Modern dan elegan ditampilkan dengan material keras atau lunak ala kadarnya, tidak berlebihan dalam jumlah maupun jenis. Tanaman dihadirkan dalam jenis terbatas, antara satu sampai tiga jenis. Dipilih yang sederhana, tidak menyolok, semisal bunga warna-warni mini, perdu, dan tanaman kecil lainnya. Jangan menanam tumbuhan yang besar dan rimbun. Hindari peletakan tanaman yang banyak kelokan atau lengkungannya.

Taman bergaya minimalis.

Taman bergaya minimalis.

Taman sebagai obyek hidup memberi ruh pada rumah minimalis. Tanaman atau ornamen yang diletakkan dalam taman minimalis harus dipilah-pilah sesuai ciri konsep minimalis. Sejumlah rumah di Jakarta menggunakan material lunak seperti rumput hijau dan alang-alangan, ditambah berbagai jenis bunga. Kondisi udara yang kian panas menjadikan tanaman sebagai pelipur lara.

Kehadiran unsur air dalam kolam geometris yang berair tenang, air terjun atau air semprot ( efek kabut ) bisa menghadirkan keheningan dan kesejukan bagi penikmat ruang tersebut. Kolam ikan di sudut taman berpadu dengan keasrian taman akan meminimalisir kesan kaku pada rumah minimalis. Kehadiran taman juga bisa ditegaskan dengan bebatuan alam, patung atau lampu yang sesuai ukurannya.

Unsur personal penghuni

Rumah dan taman minimalis berkolaborasi membentuk tatanan ruang luar, bangunan dan ruang dalam yang seimbang, saling menjalin secara harmonis. Tidak saling mendominasi. Memiliki rumah dan taman minimalis bisa menjadi pilihan menarik masyarakat urban di perkotaan. Dengan memadukan bangunan, ruang dan tanaman sebagai penyanding. Hunian dengan inovasi desain dan konstruksi modern yang canggih menjadi lengkap dengan unsur2 personal di dalamnya.

Rumah dan taman minimalis bekerja sama menampilkan keseimbangan.

Rumah dan taman minimalis bekerja sama menampilkan keseimbangan.

Detail2 bernuansa eklektik menjadi aksentuasi desain dan dekorasi ruangan yang esensial. Nuansa ini dibangun, mulai dari penggunaan material batu sampai detail interior klasik atau ketimuran yang eksotis, yang seluruhnya membentuk padanan serasi dan saling melengkapi.

Keberadaan detail tak hanya untuk memasukkan selera penghuni ke dalam desain, tapi juga membantu mengesankan bangunan yang lebih hangat dan “homy”. Alhasil, desain arsitektur dan interior utama yang cenderung simpel dan clean look menjadi berimbang. Hunian tampak indah, nyaman dan akomodatif. ( PR, 19/7/2009 )

hit counters
hit counter
Iklan

Written by Savitri

22 Juli 2009 pada 17:04

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

16 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. @ Yenni Friani : untuk mengembangkan rumah tipe 36, harus diketahui luas dan bentuk tanah terhadap posisi rumah, persisnya. Juga, ruang2 yang anda butuhkan, peraturan bangunan yang berlaku di lingkungan tsb, tampak bangunan eksisting dan sekitarnya, posisi jalan, lintasan matahari, saluran air bersih, saluran air kotor, dsb. Ada banyak buku di toko yang mengupas pengembangan rumah tipe ini dan beragam alternatifnya. Coba, deh, jalan2, siapa tahu ada yang sesuai dengan selera anda . Sekalian, menggairahkan dunia perbukuan Indonesia. Sama2.

    Savitri

    26 Agustus 2011 at 12:00

  2. wah, keren artikelnya.. sangat bermanfaat.. sukses..

    argajogja

    16 Juni 2010 at 04:00

  3. @ H & H :
    Sama2 ..

    anisavitri

    12 Februari 2010 at 07:26

  4. @ dnee :
    Trims, ya .. Senang bisa menyajikan tulisan yang menarik anda..

    anisavitri

    12 Februari 2010 at 07:26

  5. Saya pecinta desain rumah minimalis. Thanks infonya ya

    H&H

    8 Februari 2010 at 13:13

  6. Blognya bagus Mbak. Informasinya dari artikel2nya juga menarik & bermanfaat.

    dnee

    8 Februari 2010 at 13:10

  7. @ jendelakatatiti :
    Saya cari bahan dulu. Tunggu tanggal mainnya ..

    anisavitri

    15 Januari 2010 at 12:55

  8. mo tanya,program untuk desain rumah yang mudah pengoprasiannya apa ya..?
    makasih.

    ariev

    12 Januari 2010 at 11:34

  9. Mbak Contoh tamannya diperbanyak dong! Saya seneng taman, dan sedang ingin memperindah taman halaman rumah.Thanks..dari jendelakatatiti.wordpress.com

    jendelakatatiti

    11 Januari 2010 at 11:21

  10. Young architec, hehe

    nurulwidiyatmoko

    2 Desember 2009 at 08:01

  11. @ Dwi Aryani :
    Referensi jendela yang nggak gitu2 aja, coba anda lihat di buku “Rumah Terang Cahaya Alami” karya Tigor Charly Siahaan, dkk. Tebal 122 halaman. Di dalamnya ada desain, sistem bukaan & proteksi, serta aplikasi material. Buku ini memberikan panduan melalui info grafik, contoh rumah, berikut foto-fotonya. Di bahas di dalamnya :
    * Arah mata angin & orientasi rumah
    * 10 Model rumah terang & sejuk
    * Problem solving ruang yang panas
    * Aksen dengan cahaya matahari.
    Mungkin anda ketemu jendela idaman hati anda di sini. Cari di toko buku atau pesan di kotamanusia@gmail.com

    anisavitri

    14 Oktober 2009 at 14:00

  12. mba ani, aku lagi mau bikin rumah nih, pondasi dah jadi, trus kita niru modelnya dari perumahan di tempatku. ditambah-tambah sendiri sih (suami jadi arsitek dadakan). sekarang lagi bingung mau bikin jendela. habis jendela yang ada gitu-gitu aja. ada referensi gak?

    dwi aryani

    4 Oktober 2009 at 11:33

  13. @ infoGue :
    Kenal juga. Trims atas tawaran promosinya.

    anisavitri

    5 September 2009 at 13:58

  14. hai salam kenal artikelmu udah ada di

    http://rumah-taman.infogue.com/trend_rumah_dan_taman_minimalis_di_perkotaan

    gabung yuk n promosikan artikelmu di infoGue.com. Salam ^_^

    infoGue

    1 September 2009 at 14:47

  15. Beli, atau nyewa. Banyak tuh bertebaran di Indonesia gaya2 seperti ini. Tebelin aja koceknya.

    anisavitri

    29 Juli 2009 at 18:06

  16. wah mantab ni bos rumahnya mau dong ….

    ivenx oy'z

    25 Juli 2009 at 23:13


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: