Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Belajar ngasuh bayi gratis ? Jadilah baby sitter DT.

with 9 comments

Profesi pengasuh bayi ( baby sitter ) bisa menjadi solusi bagi kaum wanita yang masih menganggur. Apalagi, mereka bisa mendapatkan pelatihan secara gratis dan langsung disalurkan, Namun, anehnya sedikit wanita yang tertarik sehingga penyelenggara dibuat kalang kabut.

Muslimah Center

Muslimah Center

Kenyataan itu dialami Lembaga Amil Zakat ( LAZ ) Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid ( DPU DT ) yang sejak tahun 2005 mengadakan pelatihan pengasuh bayi.”Pelatihan ini untuk membantu kaum duafa, agar bisa bekerja sehingga mereka bisa lepas dari kemiskinan,”kata Kabag Dukungan Pemasaran DPU DT, Asep Teja Somantri, di rumahnya Jl. Dayeuhkolot, Kamis ( 9/7/2009 ).

Menurut Teja, sampai saat ini sudah 224 orang pengasuh bayi yang disalurkan DPU DT ke berbagai kota di Indonesia termasuk para tokoh. Seperti anggota DPR-RI Ustaz Hilman Rosyad Shihab, Ustaz Jefri dan ketua MPR, Hidaya Nur Wahid.”Ada juga pengasuh bayi binaan DPU DT yang mendapat pekerjaan di Venezuela. Namun, sangat disayangkan karena minat masyarakat untuk dilatih pengasuh bayi amat rendah,” ujarnya.

Teja mencontohkan, saat ini DPU DT sudah kebanjiran pesanan pengasuh bayi sejumlah 300 orang, namun untuk pelatihan angkatan ke-9 baru ada 35 peserta.”Kami sudah umumkan ke berbagai media massa, masjid maupun selebaran, cuma minat menjadi pengasuh bayi rendah. Kebanyakan warga yang merespon dari luar Bandung Raya,”tambahnya.

Bayi2 muslimah nan cantik, menggemaskan.

Bayi2 muslimah nan cantik, menggemaskan.

DPU DT mensyaratkan calon pengsuh bayi adalah muslimah, berpendidikan minal SMP, usia 18-35 tahun, dan berdomisili di kota/ kabupaten Bandung, Bandung Barat, kota Cimahi, Sumedang, Garut dan Cianjur. Setelah memenuhi persyaratan, DPU DT bekerja sama dengan Muslimah Center DT mengadakan pelatihan gratis selama 2 bulan. Setelah pelatihan langsung bekerja karena pemakai jasanya sudah menunggu.

Biaya pelatihan yang ditanggung DPU DT merupakan amah dari pengumpulan dana zakat, infak dan sedekah dari kaum berpunya. Diharapkan dengan mengikuti pelatihan dan langsung disalurkan bekerja, bisa mengurangi angka kemiskinan. Sebelum bekerja ada penandatanganan kesepakatan antara DPU DT dan pemakai jasa pengasuh bayi.

Dalam perjanjian itu, disebutkan gaji minimal pengasuh bayi adalah Rp.600.000/ bulan dan harus mendapatkan perlakuan yang baik. Dari laporan pengasuh bayi yang sudah bekerja ternyata pemakai jasa memperlakukan dengan baik sampai ada yang diumrahkan. Bagi yang berminat bisa menghubungi DPU DT di Jl.Gegerkalong Girang, kota Bandung. ( PR, 13/7/2009 )

Komen A.Savitri :

Ada masa ketika Indonesia digegapgempitakan tausyiah ringan dan lucu dai kondang Aa Gym. Ia sedang di puncak popularitasnya. Begitu ngetop-nya sampai diulas di majalah “Time” dan dijadikan bahan desertasi mahasiswa Amerika. Roda berputar. Ada kalanya seseorang di atas, saat lainnya di bawah. Setelah menikah lagi dengan Teh Rini dan punya anak dengannya, Aa Gym seperti ditelan riuh rendahnya tokoh dan peristiwa lain yang lebih diminati kaum ibu, sebagian besar pengagumnya, yang lebih suka para suami ber-monogami. Setia berdua hingga akhir hayat. Populasi wanita hanya selisih sedikit dengan pria. Belum sampai 2 wanita dinikmati 1 pria. Masih jauuuhhh…

Teh Ninih Mutmainah

Teh Ninih Mutmainah

Teh Ninih, wanita tegar di belakang kesuksesan suaminya, Aa Gym. Ia juga berada di balik kiprah Muslimah Center yang menyelenggarakan pelatihan calon baby sitter, untuk mengentaskan kemiskinan. Meski dimadu oleh Aa yang telah diberinya 7 anak, Teh Ninih masih mampu berkarya, bahkan lebih giat, untuk orang banyak dan bangsanya. Sungguh mulia. Semoga Allah membalasnya dengan tempat yang baik di dunia dan akhirat. Amin.

Dan untuk wanita pencari kerja ( sementara Malaysia masih belum kondusif untuk para TKI ), pelatihan gratis ( kelak ilmu yang benar juga berguna untuk mengasuh anak sendiri ), pengalaman kerja, gaji dan peluang diumrahkan majikan, cukup membuat anda terpikat ?

Iklan

Written by Savitri

29 Juli 2009 pada 16:55

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Heya i’m for the primary time here. I came across this board and I find It really helpful & it helped me out a lot. I’m hoping to give something back and help others like you helped me.

    zakat

    2 Mei 2012 at 03:57

  2. @ Alfath Suryadi Marwan : Setuju. Mestinya, kaum pria yang mencari nafkah. Kalau pun wanita ingin membantu perekonomian keluarga, seharusnya negara bisa menyediakan lapangan kerja di dalam negeri. Kerja besar harus dilakukan agar itu bisa terjadi. Mari bahu membahu mengupayakan ..

    Savitri

    5 Juli 2011 at 19:26

  3. Salut banget…
    Ini sebenarnya salah satu solusi bagi kaum wanita yang memilih jadi TKW ke Luar Negeri, saya yakin lebih baik jadi babysister muslimah saja di dalam negeri selain ilmu bertambah dan bermanfaat kelak tentang bagaimana mengurus bayi dan lebih berharga jadi babysister daripada pembantu rumah tangga di negeri orang yang teancam dengan siksaan majikan. Semoga bermanfaat…

    alfath suryadi marwan

    5 Juli 2011 at 09:03

  4. @ Osvi :
    Mungkin alamat e-mail mereka sudah berubah, saya mengambil dari situs Daarut Tauhid ( semoga mereka rajin meng-update-nya ). Atau link di e-mail anda lebih dari 2 sehingga otomatis terhapus atau masuk ke junkmail/ spam.
    Sudah coba telpon, faks mereka ?

    Savitri

    11 Oktober 2010 at 02:22

  5. Makasih..^^

    Oh iy,,sy sdh ny0ba ng-email ke : humasdt@yahoo.com tp kok g bs y? Apa sy slah tls alamat email? Klo sy slah,tlong dbnerin,, makasih.. ^^

    osyi

    10 Oktober 2010 at 00:36

  6. @ Osvi :
    Anda bisa menghubungi Humas Ponpes DT untuk meminta informasi tentang baby sitter lulusan Muslimah Center DT. Selain Baby Sitter, ada juga Program Bimbingan Muslimah Mandiri, Bimbingan Pra Nikah, Spiritual Mom, Pesantren Muslimah Masa Keemasan, di sana. Semoga info ini berguna.

    Humas Pondok Pesantren Daarut Tauhiid
    Jl. Gegerkalong Girang No. 30 Bandung 40154
    Telf. +62 22 2014374 Ext. 200 Fax. + 62 22 2003238
    E-mail:humasdt@yahoo.com

    http://www.daaruttauhiid.org/profil/detail/2/2/profil-2.html

    Savitri

    4 Oktober 2010 at 02:31

  7. Teh, bagaimana caranya saya bisa memesan baby sitter, saya berdomisili di Surabaya. trmkash

    osyi

    3 Oktober 2010 at 13:19

  8. @ Dian Novita :
    Ibu bisa main ke Daarut Tauhid atau Muslimah Center. Ketemu Teh Ninih ( istri Aa Gym ) atau pengurus MC lainnya. Mereka melatih pengasuh bayi secara Islami. Alumninya, mestinya terdaftar di database mereka. Semoga ibu ketemu pengasuh yang cocok, dan putri ibu menjadi muslimah yang sholehah. Amin.

    Savitri

    22 April 2010 at 19:57

  9. assalamualaikum…saya ibu 1 orang putri berusia 2 tahun. seperti kebanyakan ibu2 lainnya, saya sangat membutuhkan pengasuh..untuk menemani anak saya dan mengasuh anak saya secara islami. saya sangat berterima kasih kl saya bisa dapat informasi tentang pengasuh yang dapat dipercaya dan bersedia bekerja di rumah saya. wassalam

    dian novita

    21 April 2010 at 13:26


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: