Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Alokasi anggaran bulanan, lebaran & spot2 ramai di Bandung masa long weekend.

with 2 comments

Istana Plaza di perempatan Jl.Pasir Kaliki- Jl. Pajajaran. Ada sarana ski es di lantai atas. Ramai dipadati pengunjung masa lebaran Idul Fitri 1430 H kemarin.

Istana Plaza di perempatan Jl.Pasir Kaliki- Jl. Pajajaran, Bandung. Ada sarana ski es di lantai atas. Ramai dipadati pengunjung masa lebaran Idul Fitri 1430 H kemarin.

Memasuki H + 3 libur Hari Raya Idul Fitri 1430 H atau Rabu ( 23/9/2009 ), pusat perbelanjaan dan jajanan serta obyek wisata di kota Bandung masih diserbu pengunjung. Kebun Binatang Bandung hingga H + 3 dikunjungi tidak kurang dari 87.000 pengunjung. Keramaian mulai terjadi sejak pukul 9.00 WIB di sejumlah ruas jalan di Bandung. Paling parah terjadi di kawasan Bandung Utara yang dikenal sebagai kawasan belanja, jajanan dan wisata.

Tingginya volume kendaraan calon pengunjung terlihat mulai dari ruas Jalan Pasteur menjelang masuk ruas Jalan Pasirkaliki dan Sukajadi. Kepadatan menyambung hingga Jalan Dr.Setiabudhi, Cipaganti, Cihampelas dan Jalan Ir.H.Djuanda ( Dago ). Kepadatan terjadi akibat banyaknya pengunjung masuk Istana Plaza ( IP ) dan Paris van Java ( PvJ ). Masyarakat juga meramaikan sejumlah factory outlet ( FO ) yang berada di sepanjang Jalan Dr.Setiabudhi, Cihampelas dan Dago. Kepadatan pun terjadi di pintu masuk dan keluar kota Bandung, semisal di pintu tol Buahbatu, Pasirkoja dan Pasteur, serta di ruas jalan Terusan Buahbatu dan Kopo.

Hingga menjelang petang, antrean kendaraan masih terjadi di Jl.Dr.Setiabudhi, Cipaganti, Dago, Cihampelas, Tamansari, L.L.R.E. Martadinata ( Riau ), Merdeka, Buahbatu, Gatot Subroto, Pasirkaliki dan Sukajadi. Bahkan kepadatan sudah terjadi di Jalan Oto Iskandardinata depan Pasar Baru, Bandung, sejak pukul 8.00 WIB akibat banyaknya kendaraan roda empat yang parkir di pinggir jalan. Menurut kepala shift PT.Jasa Marga cabang Purbaleunyi, Eli Mulyawati, 17.000 kendaraan keluar dari gerbang tol Pasteur tiap hari saat lebaran.

Gerbang masuk Kebun Binatang Bandung, Jl.Taman Sari, langganan pengunjung tiap Lebaran.

Gerbang masuk Kebun Binatang Bandung, Jl.Taman Sari, langganan pengunjung tiap Lebaran.

Obyek wisata Kawah Putih di Ciwidey, yang diserbu pengunjung lebaran. Sering menjadi latar foto, sinetron dan film. Anda harus mendaki dulu sebelum disuguhi pemandangan menakjubkan di puncaknya.

Obyek wisata Kawah Putih di Ciwidey, yang diserbu pengunjung lebaran. Sering menjadi latar foto, sinetron dan film. Anda harus mendaki dulu sebelum disuguhi pemandangan menakjubkan di puncaknya.

Sekretaris Kebun Binatang Bandung ( KBB ), Dadang Danumihardja mengatakan, hingga kemarin 87.000 tiket masuk KBB sudah terjual. Hingga saat ini kebun binatang masih menjadi primadona masyarakat dalam mengisi liburan hari raya. Peningkatan jumlah pengunjung juga dialami sejumlah kolam renang di Bandung, seperti Karang Setra Water Boom dan Cipaku. Peningkatan diperkirakan mencapai 300 % dibanding hari libur umumnya. Kepala Marketing dan Humas Karang Setra Water Boom, Asep Hendarsa mengungkapkan, pada hari libur panjang umumnya jumlah pengunjung hanya mencapai 1000-2000 orang. Pada hari H + 2 Lebaran, jumlah pengunjung mencapai 8000 orang.

Di kawasan kabupaten Bandung, selama libur Hari Raya Idul Fitri jumlah kunjungan menurun. Obyek wisata Maribaya, Lembang, pada hari H dikunjungi kira2 300-400 orang. Saat peak time yaitu H + 1 diperkirakan baru mencapai 500-an. Tahun 2008 bisa mencapai 600-700 orang. Kemungkinan penyebabnya adalah banyaknya tujuan wisata lain sebelum mencapai Maribaya. Penurunan pengunjung juga terjadi di obyek wisata Ciburuy yang didatangi 300-400 orang ( turun sekitar 30 % ). Tahun 2008 masih didatangi turis mancanegara, tahun ini sama sekali tidak ada, kata Irwansyah, ketua Kelompok Penggerak Pariwisata ( Kompepar ) Ciburuy.

Kawasan Ciwidey masih menjadi primadona wisata di Bandung Selatan. Pada hari H lebaran, Minggu ( 20/9/2009 ), obyek wiata Kawah Putih sudah mulai dikunjungi wisatawan. Para pengunjung rata2 menggunakan kendaraan berpelat nomor B. Untuk mengantisipasi penumpukan pengunjung dipersiapkan tambahan petugas tiket di pintu masuk agar tidak terjadi kemacetan, kata District Manager II Perum Perhutani Divre Jabar Banten, Lius Lottong. Salah satu tempat menginap yang diminati pengunjung di kawasan Ciwidey adalah Kampung Pa’go yang statusnya fully-booked. Saphadi Budiman, pemiliknya, menuturkan, pemesanan kamar di penginapan ini sudah berlangsung sejak 2 minggu sebelum lebaran.

Bungalow di Kampoeng Strawberry

Bungalow di Kampoeng Strawberry

Wisata agro petik di Kampoeng Strawberry.

Wisata agro petik di Kampoeng Strawberry.

Padatnya tingkat hunian hotel dan penginapan terjadi juga di Kampoeng Strawberry. Pada hari pertama, 38 kamar di hotel ini sudah terisi penuh, sedangkan untuk hari berikutnya hingga akhir liburan hanya tersisa beberapa kamar. Harga berlipat ( 50 % dari harga weekend ) tak menyurutkan minat pengunjung. (PR, 24/9/2009)

Komen A.Savitri :

Barang yang kita beli bisa dikategorikan dalam 3 jenis ; wajib, butuh dan ingin. Safir Senduk mengatakan, pada hari Lebaran umumnya masyarakat kita menghabiskan dana 25 % lebih besar dari biasanya. Misalnya, biasa 4 juta tahu2 membengkak menjadi 5 juta rupiah. Uang itu umumnya digunakan untuk makanan, pakaian dan perangkat elektronik. Agar bisa berhemat, iman kita harus kuat ( boros adalah teman setan ) dan pandai-pandailah mengatur lingkungan pertemanan kita. Bawalah uang secukupnya sesuai daftar barang yang kita butuhkan.

Acap kali, kita diajak teman ke mal. Kalau kita tidak ikut membeli, ada perasaan tidak enak, lalu kita membeli barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan. Safir menyarankan apabila sama sekali tak bisa menahan nafsu belanja, lebih baik tinggal di rumah.

Ahli keuangan lain mengatakan sebaiknya uang THR digunakan untuk membeli keperluan khusus lebaran, seperti pakaian baru untuk anak, kue2 untuk dihidangkan bagi para tamu yang bersilaturahmi ke rumah dan tiket masuk obyek wisata. Tagihan rekening bulanan dan menu buka dan sahur selama Ramadhan diambil dari gaji rutin kita. Tak perlu mewah, yang penting kebersamaan dan saling menghargai antar anggota keluarga.

Suze Orman mengatakan sebaiknya setiap keperluan khusus, seperti membeli rumah, mobil, piknik di tempat yang jauh/ mahal, disiapkan dari dana khusus. Kalau anda tak mampu menghimpun dana tsb dari kerja/ penghasilan sampingan anda, jangan berani2 membeli benda2 tsb. Berwisatalah di belakang halaman rumah anda. Kebersamaan, kasih sayang dan perhatian anda kepada anak melebihi hal apapun di dunia ini bagi anak. Suze juga menyarankan kita punya dana darurat sebesar 8-12 bulan biaya operasional keluarga yang biasa kita tanggung. Berjaga-jaga jika kita kena PHK atau sakit. Butuh sekitar 6 bulan untuk seseorang mendapat pekerjaan baru di Amerika. Ia juga memberikan standar pengeluaran yang diambil dari penghasilan bulanan kita, yaitu : 35 % untuk operasional rumah, 15 % transportasi, 15 % bayar hutang, 10 % tabungan, 25 % untuk liburan, baju, dll.

Nah, kita sudah tahu jurus mengelola keuangan kita, juga tempat2 wisata yang membludak dan jalanan kota yang padat merayap ( memboroskan bensin, waktu dan tenaga kita ). Lebaran tahun depan, dengan pengetahuan dan kendali yang lebih baik, kita berharap bisa lebih smart menggunakan dana THR dan waktu libur kita bersama keluarga tercinta.

free html visitor counters
hits
Iklan

Written by Savitri

30 September 2009 pada 16:06

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Please do. Thanks.

    anisavitri

    8 Oktober 2009 at 15:55

  2. what a great site and informative posts, I will add a backlink and bookmark your site. Keep up the good work!

    DennisVega

    1 Oktober 2009 at 00:01


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: