Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Car Free Day ditetapkan di Dago. Ada hadiah sepeda !

with 2 comments

Di Bogor pun ada Car Free Day. Lihat pak polisi di atas sepeda terlihat friendly, dekat dengan masyarakat. Kita lihat Minggu besok, apa pak Imam dan pak Prahoro mengayuh sepeda juga ? Apalagi kalau kita kebagian sepeda dan kaos, keduanya bisa kita angkat jadi 'officer of the day'.

Setelah melalui 2 kali uji coba, Polwiltabes Bandung dan Pemkot Bandung akhirnya memutuskan ruas  Jl.Ir.H.Djuanda atau Dago menjadi lokasi Car Free Day di Kota Bandung. Kapolwiltabes Bandung dan walikota Bandung rencananya akan meresmikannya pada Minggu ( 9/5/2010 ) mendatang. Kapolwiltabes Bandung, Kombes Imam Budi Supeno didampingi Kasatlantas Ajun Komisaris Prahoro Tri Wahyono menuturkan, ruas Dago yang dimanfaatkan sebagai lokasi car free day sama seperti semula.”Waktu pelaksanaan yaitu jam 6.00 hingga 10.00 WIB. Nanti warga bisa berolahraga di jalanan tanpa takut tertabrak. Nanti juga ada panggung senam di sekitar Cikapayang,”kata Imam.

Ruas jalan yang dikosongkan tsb khusus kegiatan masyarakat, terutama olahraga. Pada peresmian nanti akan ada bagi2 beberapa unit sepeda. Warga yang datang awal akan mendapat kaos. Selain itu, ada pagelaran permainan dan budaya tradisional seperti enggrang, tari jaipong, dsb. Untuk mengantisipasi kemacetan serta lahan parkir, polisi sudah menyiapkannya. Bagi kendaraan dari arah utara yang hendak ke bawah, bisa berbelok ke Jl.Siliwangi atau Jl.Dipati Ukur. Demikian pula sebaliknya. Sementara titik2 parkir akan disediakan di Jl.Dayang Sumbi, Jl.Ganeca, Jl.Teuku Umar dan Jl.Hasanudin. Dengan adanya program ini, mudah-mudahan berbagai pihak terlecut turut serta dan peduli lingkungan, ujarnya.

Semoga lokasi Car Free Day tak berakhir seperti Gasibu, yang berubah menjadi lautan PKL. Dago Car Free Day harus menjadi ruang publik. Kasihan warga Kota Bandung kalau Dago jadi seperti Gasibu. PKL tak boleh berjualan di dalam area Car Free Day. Keinginan Kapolwil senada dengan Bambang Haryono ( 56 ). Warga Sarijadi itu meminta pemerintah dan aparat terkait tegas dalam “mengusir” atau melarang PKL di Dago.

Penetapan Dago menjadi titik Car Free Day, setelah menyaring aspirasi warga Kota Bandung, yang diberi 3 pilihan ; Dago, Braga atau Pasopati. Uji coba yang dilakukan 2 kali ( 25 April dan 2 Mei ) berjalan lancar dan direspon positif oleh warga dan wisatawan yang kebetulan menginap di Kota Bandung. ( PR, 6/5/2010 ).

Jalur sepeda di atas trotoar Dago. Isn’t that cool ?

Terpikirkan pakai sepeda jadul dengan akrobatik seperti ini ? Anda bisa jadi pusat perhatian di Dago Car Free Day. Boleh nggak, ya ?

Rencana pembuatan jalur sepeda ( bike line ) di Kota Bandung belum sepenuhnya diketahui masyarakat. Seorang pejalan kaki di kawasan Dago, Romy Effendi ( 59 ), mengaku tidak tahu rencana Pemkot membuat jalur khusus sepeda di Dago. Jika benar, saya sangat mendukung rencana tsb. Malah, saya ingin membeli sepeda, ujarnya. Hal senada dikatakan Panji Aji Wibowo ( 23 ), mahasiswa TB. “Adanya jalur sepeda, maka tingkat polusi di Kota Bandung setidaknya menurun. Jalur ini pun dapat mengundang masyarakat untuk giat berolahraga,”tuturnya.

Sementara sopir angkot jurusan Abdul Muis-Dago, Didi Kusnadi ( 30 ), mengaku keberatan dengan rencana jalur khusus sepeda.”Bagaimana saya harus menurunkan penumpang ?” tanyanya. Menurut Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung, Iming Ahmad, jalur sepeda itu akan ditempatkan di atas trotoar. Pengerjaan bike line sekaligus menata saluran air, trotoar dan area hijau. Untuk regulasi masih dalam tahap pengkajian. Rencananya rampung pertengahan Mei 2010, katanya. ( PR, 27/4/2010 ).

Jadi, sopir angkot tak terganggu, dan pesepeda dapat petualangan baru. Cihui !

Iklan

Written by Savitri

6 Mei 2010 pada 13:31

Ditulis dalam Ragam

Tagged with ,

2 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. @ wardhanaaditya : thanks

    Savitri

    5 Agustus 2011 at 21:19

  2. nice eh

    wardhanaaditya

    29 Juli 2011 at 20:31


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: