Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Polisi gadungan, parkir sepeda, tarif baru parkir kendaraan, lampu stopan & Markis Kido di GOR Bandung.

leave a comment »

Waspada saat dicegat polisi gadungan. Sms 9123 dan Quick Respon, melapor ke polisi asli.

  • Ketika dicegat polisi karena sebuah kesalahan, beranikan diri untuk menanyakan identitas polisi yang melakukan. Paling mudah ialah Kartu Tanda Anggota ( KTA ). Walau anda salah, tidak perlu takut bertanya. Apalagi, jika tidak merasa bersalah.
  • Jangan mau menyerahkan kendaraan anda dengan alasan penyitaan. Kalau memang harus disita, maka anda harus bersikukuh untuk mengemudikan kendaraan anda.
  • Jangan juga meminjamkan handphone anda kepada polisi dengan alasan apapun. Dengan HP berada di tangan anda, maka anda bisa sesegera mungkin melaporkan kejadian penipuan polisi gadungan kepada polisi asli.
  • Curigai jika polisi yang mencegat memakai jaket sehingga baju dalamnya tertutup.
  • Jika memang menjadi korban, segera hubungi patroli Quick Respon yang terdekat di lokasi. Bisa juga sms ke call centre Polwiltabes Bandung dengan nomor 9123.

Warga sipil dilarang membeli atribut & seragam polisi. Pedagang tanyakan KTA polisi.

Atribut dan seragam polisi lalu lintas dengan mudah diperoleh, sehingga masyarakat menjadi korban penipuan, penggelapan dan pemerasan polisi gadungan. Polisi mestinya senyum, sapa dan salam. Transparan, akuntabel dan profesional. Kalau sampai mengancam dan memeras, periksa KTA-nya dan laporkan.

Merebaknya kasus polisi gadungan setidaknya didorong oleh mudahnya memperoleh atribut2 “kepolisian”. Mudahnya masyarakat umum membeli seragam dan atribut polisi menjadi perhatian Kapolwiltabes Bandung Kombes Imam Budi Supeno.”Setiap ada yang beli seragam dan atribut polisi seharusnya pedagang minta si pembeli menunjukkan KTA. Mereka sudah tahu itu. Jika masih ada kejadian warga sipil ketahuan membeli atribut polisi, jelas itu melanggar. Pada saatnya nanti kami akan lakukan penertiban atau mungkin pendekatan kepada pedagang,”kata Supeno.

Para pelaku polisi gadungan berinisial OM, Wn, dan RA hanya bermodalkan jaket kulit. Obet, IS alian Devan, dan Wi, benar2 mengubah penampilannya seperti polisi. Obet misalnya, dalam beraksi selalu memakai helm polisi, jaket bertuliskan “POLISI”, hingga pistol yang ternyata korek gas. Obet membeli helm tsb dari toko loak seharga Rp.35.000. Jaket “POLISI” diperoleh dari kios di Kosambi yang khusus menjual atribut dan perlengkapan polisi serta TNI. Devan dan Wi selalu berseragam polisi lengkap hingga kepangkatannya. Tujuannya satu, agar korban benar2 yakin jika keduanya polisi.”Saya belinya di Kosambi seharga Rp 150.000. Saya tidak tahu apa pangkatnya yang penting seragam polisi,” ucapnya. Ketika membeli, si pedagang tidak menanyakan apakah dia polisi atau bukan.”Ya, tinggal bilang saja mau beli seragam polisi dengan ukuran . Gimana kita ngomongnya saja untuk menyakinkan pedagang,” katanya.

Mencari-cari kesalahan lalu membawa kabur motor korban.

RA yang ditangkap anggota Polsekta Andir, mengaku menjadi polisi gadungan ( “polisi” ) sejak 2 bulan lalu. Alasannya sederhana.”Gampang dapat uang dan cepat. Ya, saya sih mikirnya begitu kalau ngeliat polisi2 di jalan. Tinggal “tot-tot”, disamperin terus dikasih uang,” ujarnya. Dalam sehari RA mendapat Rp 100.000, hasil 5 kali memeras pengendara mobik boks yang melintas di Jalan Oto Iskandardinata. Modusnya, pencegatan dan pemeriksaan surat2 kendaraan, lalu dimintai “uang lewat” minimal Rp 20.000.”Kalau tidak mau, saya sita surat2 kendaraan atau SIM-nya.” Jika tidak memeras, RA mencegat motor2, pura2 menilang, mencari-cari kesalahan, lalu membawa kabur motor korban. RA tak mengenakan seragam polisi, hanya jaket kulit dan mengaku sebagai polisi di polwil. Tidak selalu motornya yang diambil, kadang handpone, kadang hanya dimintai uang.

Wi, Obet melakukan kejahatan itu karena sulit mendapat pekerjaan. Sedangkan OM dan Wn, sebelumnya pencuri spesialis pecah kaca mobil untuk mengambil barang berharga, yang sudah mereka lakukan berbulan-bulan. Namun, karena makin banyak patroli, ruang gerak mereka pun semakin sempit.”Karena sering ada di koran, pemilik mobil jadi hati2 dan menyimpan dengan aman barang-barangnya. Makanya, saya dan Wn coba cari cara lain. Ya, jadi polisi saja”, kata OM. Kalau dapat motor, kami jual ke daerah pinggiran dan biasanya kami berhenti dulu 1 atau 2 hari untuk cari pembeli. Hasilnya lumayan, minimal Rp 1 juta dari satu motor, lalu dibagi dua. Menjadi polisi gadungan lebih mudah mendapat uang daripada menjadi penjahat betulan. Modalnya berani dan omong besar, sambungnya. ( PR, 24/5/2010 )

Tarif parkir naik. Rp 500 untuk motor, Rp 1500 untuk mobil. Pajak hiburan jadi  35 %

DPRD Kota Bandung akhirnya menetapkan Peraturan Daerah ( Perda ) tentang Pajak Hiburan. Setelah melalui perdebatan, ditetapkan pajak diskotek, karaoke, kelab malam, pub dan sejenisnya, dikenai pajak 35 %. Besaran itu jauh lebih kecil dari yang diusulkan, yaitu 35 %. Setelah interupsi bertubi-tubi akhirnya keputusan itu diambil tanpa persetujuan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( FPKS ).”Kajian akademis yang dilakukan oleh ahli2 dari perguruan tinggi menyebutkan, meski pajaknya ditetapkan 75 % tidak akan membangkrutkan pengusaha. Sebab pajak itu dibebankan pada pengunjung. Korelasinya pada pengunjung,” kata Tedy Rusmawan dari FPKS.

Hiburan seperti diskotek dan sejenisnya masih dinilai negatif oleh masyarakat. Sebagai bentuk pengendalian, seharusnya pajak yang dikenakan lebih tinggi.”Pengajuan awal yang sebesar 75 % dan kemudian sebagian besar anggota pansus setuju di angka 35 % dapat dimaknai pajak yang merupakan instrumen regularisasi kebijakan tidak digunakan secara maksimal, kata Budi Haryana dari FPKS. Pendapatnya dikuatkan rekannya, Haru Suandharu,”Jangan salahkan pemerintah kalau nanti PAD tidak memenuhi target.” ( 70 % PAD Kota Bandung dari pariwisata_gp&c )

Empat fraksi yang menyetujui ; Demokrat, PDIP, Golkar dan gabungan, beralasan, soal besaran itu sudah dibahas di pansus  bersama para pelaku usaha yang keberatan kalau pajak terlalu tinggi. Sidang paripurna juga menetapkan tarif parkir di tepi jalan umum dan tempat khusus parkir. Berdasarkan perda yang baru, retribusi parkir sepeda motor di tepi jalan naik menjadi Rp 500 dari tarif sebelumnya Rp 300. Parkir mobil menjadi Rp 1500, dari sebelumnya Rp 1000. Selain kedua perda tsb, DPRD Kota Bandung juga mengesahkan Perda tentang Rukun Tetangga dan Rukun Warga, serta Perda tentang Bangunan dan Gedung.

Dengan disahkannya keempat perda tsb maka semua pansus yang membahasnya dibubarkan, kecuali Pansus II yang membahas pajak hiburan dan retribusi parkir. Sesuai ketentuan, pansus akan dibubarkan setelah penyesuaian dan evaluasi dari gubernur Jabar selesai, kata Erwan. ( PR, 26/5/2010 ).

Mal, hotel, siapkan parkir sepeda. Bikeline, Agustus 2010, setelah jalan2 rusak diperbaiki.

Pemerintah Kota Bandung akan mengeluarkan surat edaran kepada pengelola layanan publik terutama mal dan hotel, terkait dengan kepedulian lingkungan. Materi surat edaran tsb berisi 3 hal yaitu, pembuatan lahan parkir untuk sepeda, mengurangi penggunaan kantong plastik dan menyeleksi kendaraan yang telah lolos uji emisi. Demi memperlambat kerusakan lingkungan, terutama pencemaran.Dengan menerapkan 3 hal itu, akan berdampak positif bagi mal dan hotel, apalagi animo masyarakat menggunakan sepeda semakin meningkat, kata Ayi Vivananda, wakil walikota Bandung. Ayi meresmikan kampanye hidup sehat bersepeda melalui pagelaran seni budaya di Saung Angklung Udjo.

Pemkot Bandung memberi perhatian besar terhadap gerakan bersepeda. Budaya bersepeda bisa menjadi kendaraan alternatif dengan tujuan akhir mengurangi emisi gas buang kendaraan berbahan bakar fosil. Agustus 2010, Kota Bandung direncanakan telah memiliki bikeline ( jalur bersepeda ) di beberapa ruas jalan, setelah jalan2 rusak diperbaiki. Ayi berkomitmen membangun lahan parkir sepda di beberapa area publik, terutama di gedung perkantoran Pemkot Bandung.”Ini juga bertujuan untuk menumbuhkan semangat pegawai menerapkan bike to work setiap hari,”ucapnya. Satria Yanuar Akbar, direktur operasional Saung Angklung Udjo ( SAU ), menambahkan, bersepeda merupakan sumber inspirasi untuk tetap melestarikan lingkungan.( PR, 23/5/2010 ).

101 lampu stopan terganggu, lalu lintas macet, masyarakat rugi.

Lampu stopan tidak berdaya ketika petir menyambar dan mengakibatkan komputer pengawas ATCS terbakar. Tak hanya antena yang bisa menghanguskan teve di rumah, ternyata ..

Sebanyak 101 lampu stopan di Kota Bandung saat ini tidak berfungsi dengan baik. Jumlah tersebut terdiri ; 36 unit lampu stopan rusak dan 65 unit yang hanya berkedip kuning ( tidak tersambung dengan Area Traffic Control System ( ATCS )). Yudhiana, Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandung, menjelaskan, dari 146 unit lampu lalu lintas di seluruh Kota Bandung, 110 unit berfungsi baik, 36 unit lainnya rusak. Kerusakan itu diakibatkan kendala cuaca, tegangan listrik tidak stabil, dan sarana pendukung yang hilang dicuri orang. Hampir seluruh lampu dibuat tahun 1997, hingga sulit mencari suku cadangnya. Kalau cuma kabel korslet, kami masih bisa memperbaiki, katanya.

Lampu lalu lintas buatan Australia itu mempunyai spesifikasi lebih lengkap ketimbang buatan lokal. Memiliki pengatur lampu berdasarkan volume kendaraan bermotor serta dapat diprogram secara online sehingga memudahkan pengawasan. Akibat sambaran petir pada awal 2010 lalu, komputer pengawas terbakar sehingga  controller pengawas bagian utara terputus sampai saat ini. Keadaan ini menghambat pengguna kendaraan di jalan raya, padahal sebagian besar ruas jalan di Kota Bandung berarus padat dengan volume kendaraan cukup tinggi. Aep Effendi ( 40 ) melaporkan kemacetan sepanjang 2 km setiap pulang kerja, di persimpangan Batununggal yang lampu stopannya dikedipkan hampir setiap hari, dari siang hingga sore. Banyak waktu terbuang karena lalu lintas semrawut. Ia merasa dirugikan.

14 tahun ATCS tak dirawat. 3 CCTV di persimpangan Cikapayang, Pasteur & Pasirkaliki.

Suasana persimpangan Jl. Asia Afrika, Bandung. Beginilah kemacetan yang ditimbulkan oleh lampu stopan yang berkedip. Masyarakat membayar lebih atas waktu dan BBM yang terbuang. Itu lampu jalan juga loyo, ya ?

Anggaran untuk perbaikan lampu lalu lintas mencapai Rp 2,7 miliar dari APBD murni, kata Timbul Butarbutar, Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung. Saat ini, proses perbaikan dan pemasangan unit baru lampu lalu lintas masih dalam tahap lelang. Diperkirakan, untuk pemasangan satu set lampu lalu lintas di satu persimpangan menghabiskan biaya Rp 100 juta. Biaya perbaikannya beragam, tergantung kerusakan. Rata2 perbaikan membutuhkan biaya sekitar Rp 5 juta.

ATCS di kota Bandung harus segera direvitalisasi karena sudah 14 tahun tidak ada perawatan, kata Sulistiono, direktur PT Marktel ( salah satu penyedia layanan ATCS ). Tahun ini Dishub berencana melakukan lelang pengadaan 6 kontrol ATCS, pemasangan 3 kamera CCTV di Persimpangan Cikapayang, Pasteur dan Pasirkaliki, juga pemasangan 30 unit down counter, katanya. Wakil Ketua Komisi C DPRD Kota Bandung, Nanang Sugiri menegaskan, tak ada alsan bagi pemkot untuk tidak memberi pelayanan prima pada masyarakat, tak terkecuali pengoptimalan fungsi lampu lalu lintas. Penyelesaian masalah ini idealnya bisa disegerakan.”Jika ada masalah anggaran, kan bisa dibicarakan. Begitu pula jika ada masalah teknis, pasti ada solusinya. Jika terus menerus karena masalah teknis, saya khawatir ada human error di sini,”katanya. ( PR, 19/5/2010 )

Pebulutangkis dunia tampil di GOR, Bandung, 25-29 Mei 2010. Meriahkan ..

Buat yang gemar main atau nonton badminton, ada Markis Kido/ Hendra Setiawan di Kejuaraan Bulu Tangkis Siliwangi-SGS Elektrik-PLN 2010. Juara ganda putra Olimpiade Beijing 2008 tsb dan Flandi Limpele/ Hendra Aprida Gunawan, peraih medali perunggu Olimpiade 2004, akan beraksi di lapangan karpet berstandar internasional di GOR Bandung, Jalan Jakarta. Skor pertandingan secara elektronik lewat layar kaca yang bisa diakses secara real time lewat internet. Kejuaraan yang masuk dalam Djarum Sirkuit Nasional ( Sirnas ) yang berjumlah 9, dimana Bandung termasuk seri V. Seri I di Balikpapan ( 16-20 Februari ), Seri II di Manado ( 2-6 Maret ), Seri III di Pekanbaru ( 13-17 April ), Seri IV di Tegal ( 3-7 Agustus ), Seri VIII di Surabaya ( 4-9 Oktober ) dan Seri IX di Medan ( 26-30 Oktober ).

Markis/ Hendra juga akan bertanding melawan juara Seri IV, Rachmat Ardianto/Andrei Adistia ( Pelatnas Pratama ), Yusuf/Rendra Wijaya dan Tri Kusumawardhana/ I Komang Sandy. Djarum Sirnas merupakan sistem kompetisi bulu tangkis yang dipakai sebagai tolok ukur pembinaan prestasi nasional. Pemain yang menjadi juara akan memperoleh poin. Poin ini akan diakumulasikan sepanjang sirkuit berlangsung selama setahun. Mereka yang menduduki peringkat tertinggi dalam pengumpulan poin mendapat prioritas untuk mengikuti seleksi pelatnas. Kegiatan ini bertujuan di antaranya menjaring pemain muda bulu tangkis dengan kuantitas dan kualitas tinggi sebagai bagian dari proses regenerasi dengan prestasi gemilang. Point untuk kategori dewasa 2.500, taruna ( di bawah 18 tahun ) 1.200 pon dan remaja ( di bawah usia 16 tahun ) 600 poin.

Masing2 kategori mempertandingkan 5 nomor, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Djarum Sirnas merupakan sirkuit nasional bulu tangkis yang ke-19. Tahun ini, Djarum Sirnas jauh lebih semarak dan bergengsi, karena selain diikuti oleh lebih banyak peserta, teknologi informasi yang mendukungnya pun memudahkan masyarakat mengetahui secara langsung pertandingan. Rata2 seribu lebih peserta mengikuti tiap sirna. ( PR, 26/5/2010 )

Komen A.Savitri :

Meski Markis Kido dkk, kemarin diungguli Fu Haifeng ( cakepnya seperti bintang film Mandarin ), cs di Kuala Lumpur, Malaysia, hingga menempati posisi runner up, kita tetap mendukung perjuangan atlet2 Indonesia di berbagai even. Tunjukkan antusiasme dan perhatian lebih ketika mereka bertanding. Persoalan stamina mengemuka, tetapi secara teknik pemain Indonesia tak kalah. Bahkan, secara keseluruhan tim Thomas Indonesia masih mengungguli tim Cina, dengan 11 kali merebut piala Thomas. Lagu “Indonesia Raya” hanya dikumandangkan saat tim Indonesia juara dan presiden RI berkunjung ke sebuah negara. Kalau begitu, mari kita dukung dan bantu atlet2 kita untuk mengharumkan nama bangsa.

  • Markis Kido biasanya berpasangan dengan Hendra Setiawan, keduanya ganda terbaik dunia. Di Olimpiade Beijing 2008, mereka mengalahkan Cai Yun dan Fu Haifeng, ganda terbaik Cina. Giliran di Thomas Cup 2010, pasangan Cina itu mengalahkan Markis/ Hendra. Tetap semangat, ya ..

EVEN  WEEKEND DI BANDUNG :

Circus Rusia, 20 Mei – 20 Juni 2010

  • Lokasi : Lapangan Batununggal, Kota Bandung
  • Harga : tiket Rp 20.000 – 100.000
  • Kontak : 081332362010

Fashion Show Eksperimen Batik, 27/5/2010

  • Lokasi : Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Jl.Buahbatu 212, jam 15.00 WIB
  • Kontak : Lingga, 022-92877808

Midnight Sale OVLRSCH, 29/5/2010

  • Lokasi : Ouvalresearch, Jl.Buahbatu 64, Kota Bandung

Twitter Gathering Bandung Simply Meet & Greet, 29/5/2010

  • Lokasi : Kampung Baso, Jl.Setiabudi, jam 17.00 WIB

Preliminary Concert Keluarga Paduan Angklung SMAN 3 Bandung, 29/5/2010

  • Lokasi : Gedung Merdeka, Jl.Asia Afrika, Kota Bandung, jam 19.30 WIB

West Java Adventure Off-Road, 27-30 Mei 2010

  • Start di Gedung Sate, diikuti 270 peserta dengan 135 unit kendaraan dari 45 tim yang berasal dari Bali, Lombok, Surabaya, Lampung, Palembang dan sejumlah daerah lainnya.

( PR, 26/5/2010 )

Workshop ISAI : Persiapan Badan Publik dalam Implementasi, 16-17 Juni 2010

UU no.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.”Tugas dan kewajiban pejabat publik sangat berat karena harus menyediakan informasi publik, baik informasi yang diminta oleh masyarakat maupun informasi yang harus disediakan secara berkala dan serta merta. Di dalam UU no.14 tahun 2008, pejabat publik bisa dikenai pidana selama-lamanya 2 tahun penjara jika dengan sengaja mengabaikan tugas dan kewajiban pejabat publik dalam hal keterbukaan informasi publik, maka kami mengundang Bapak/ Ibu untuk mengikuti workshop bertema : “Kesiapan dan Up Grading Bidang Pelayanan Informasi pada Badan Publik dalam Upaya Implementasi UU no.14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.”

Workshop tersebut akan diselenggarakan pada :

  • 16 – 17 Juni 2010, bertempat di Banana Inn, Jl. Setiabudi, Bandung.
  • 23 – 24 Juni 2010, bertempat di Hotel J-Boutique, Kuta – Bali.

Pendaftaran :

  • Institut Studi Arus Informasi ( ISAI ), Jl. Utan Kayu 68 H, Jakarta Timur 13120, telp. 021-8192031, 85913584, fax. 021-8567811. Web : www.isai.or.id email : office@isai.or.id CP. Listi : 08562004308, Amy : 085720014443
  • Galamedia, Jl.Blk.Factory no.28 – C, Banceuy, Bandung 40111, telp.022-4210063. Fax. 022 – 4205351. CP. Emma.

Disponsori oleh : HU Pikiran Rakyat, PR News Channel 107,5 FM, dan Komisi Informasi Republik Indonesia.

=============

Pelatihan Teknik Menghafal Cepat, 28/5/2010

Creative Mind mengadakan “Pelatihan Teknik Menghafal Cepat” untuk mengoptimalkan kemampuan otak dalam mengingat materi pelajaran ( persiapan kenaikan kelas ), perkuliahan, atau untuk kehidupan sehari-hari. Peserta adalah pelajar SMP, SMA, mahasiswa, guru, dan umum. Pelatihan diadakan Jumat ( 28/5/2010 ), pukul 8.00 – 11.00 WIB di Salman ITB. Pendaftaran dan konfirmasi : Ira ( 022 – 70116011 ) dan Emi ( 022 – 91989494 ).

Kursus Privat Pengantin Sunda

Guna memberdayakan perempuan, LPK Tati Indah mengadakan kursus privat tata rias pengantin ( TRP ) Sunda selama 3 bulan. Setiap peserta mendapat tambahan pelajaran TRP Muslim. Tempat kursus, LPK Tati Indah, Jl. Riung Arum Raya no.9, Komp. Riung Bandung. Narasumber : Hj.R.Tatty Darwis. Informasi : 022-7562275, sms 085719601577.

Konser amal untuk Pendidikan Indonesia, 28 – 30 Mei 2010

Tour Indonesia Unite bertujuan menyebarkan semangat persatuan kepada anak2 muda Indonesia berupa rangkaian acara amal untuk pendidikan. Kali ini tourindonesiaunite kembali mengadakan acara pre-event 2 yang dikemas dalam bentuk pameran foto dan talkshow dari tanggal 28 – 30 Mei 2010 di Braga City Walk. Foto yang dilombakan ini mengusung tema 1001 mimpi di tengah keterbatasan Indonesia, dan dinilai oleh juri yang memang ahli dalam bidang fotografi yaitu Galih Sedayu, Ari Angin dan Deni Sugandi.

Puncak acara yaitu talkshow “Gerakan hati, satu langkah membantu mengejar mimpi” pada tanggal 30 Mei menghadirkan narasumber Leonita Julian dan Ramya Prajna, aktivis Indonesia Unite. Dalam acara ini akan diumumkan pemenang dari lomba fotografi, rangkaian keseluruhan acara bisa dinikmati tanpa biaya dan peserta akan mendapat sertifikat. Acara ini didukung oleh Detik Bandung, JONAS Photo, Oz Radio, 99ers radio dan Pikirang Rakyat. Untuk informasi acara bisa menghubungi Wahyu, telp. +6285624465431.

Diklat fotografi dasar, 29 – 30 Mei 2010

Balai Jurnalistik ICMI ( BATIC ) Jabar akan menggelar diklat teknik fotografi dasar bertema “Melukis Dunia dengan Sejuta Warna”, Sabtu-Minggu ( 29-30/5/2010 ). Informasi hubungi sekretariat ICMI Orwil Jabar, Jalan Cikutra no.276 D Bandung, telp 022-7206964 atau pos-el : icmi-jabar@gmail.com

Workshop Jurnalistik & Photography Contest, 27 Mei 2010

Bertema “Enviromental Care” bersama Raditya Dika di Universitas Jendral Ahmad Yani ( Unjani ), Cimahi. Investasi : Rp 75.000. Hubungi : 085624395655

Digital Photography and Workshop Discover Your Wonder, 29/5/2010

Bersama Darwis Triadi. Diselenggarakan di Bandung Super Mall ( BSM ), pukul 16.30 -19.30 WIB

Photo Hunting & Competition “Capoeira Martial Art”, 30/5/2010

Bersama Sinha Bahia De Capoeira. Diselenggarakan di Bandung Super Mall ( BSM ), jam 15.00-16.00 WIB

Iklan

Written by Savitri

26 Mei 2010 pada 15:53

Ditulis dalam Ragam

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: