Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Pemilihan Walikota Bandung 2013-2018, Minggu, 23 Juni 2013. Siapa jagoan anda ?

leave a comment »

Pilwalkot

Pilwalkot Bandung sudah di depan mata. Bagaimana nasib kota kuliner, fashion & seni budaya ini 5 tahun ke depan, tergantung kejelian anda memilih manajer-nya Minggu besok.  Mari sukseskan pilkada kita dengan datang ke TPS dan memilih yang sesuai nurani. 

Memilih. Gampang2 susah. Apalagi memilih pemimpin yang akan mengurus kita 5 tahun ke depan. Warga Bandung dihadapkan pilihan sulit ini Minggu besok, 23 Juni 2013. Pemilihan walikota Bandung.

Banyak yang belum tahu akan memilih siapa. Saya tanya Mamah ( ibu saya ) yang akan datang ke TPS yang sama, beliau juga blank. Padahal tinggal menghitung hari. Waduh, siapa nih ?

Lalu, memori datang silih berganti terkait para kandidat walikota dan orang-orangnya. 10 tahun lalu, sebelum Dada Rosada ( walikota Bandung sekarang ) terpilih, seingat saya, Pak Dada saat menjabat Sekretaris Daerah Kota Bandung, sempat berselisih lalu disingkirkan oleh walikota saat itu ( AT ). Perlakuan tak adil itu membuahkan simpati bagi Dada sampai ia memenangkan pilwalkot. Lalu, kemarin di salah satu media, saya lihat foto Dada dan Edi Siswadi ( mantan sekdakot Bandung yang maju sebagai calwalkot Bandung 2013-2018 ) keluar dari Gedung KPK. Dada diperiksa sebagai saksi kasus suap penanganan perkara dana bansos sebesar Rp 80 miliar di Pemkot Bandung. Dada diduga banyak mengetahui kasus tersebut. Hal itu dibuktikan penyidik dengan melakukan pencegahan maupun penggeledahan di kediamannya dalam kasus itu. “Jika ditemukan dua alat bukti yang cukup tentu ( Dada Rosada ) bisa ditetapkan sebagai tersangka,” kata Johan Budi ( jubir KPK ), Senin sore ( 10/6/2013 ).

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/06/11/1/160323/Dada-Rosada-Bisa-Jadi-Tersangka

… Dalam kasus tersebut, Jaksa menduga terjadi kerugian negara dalam pengurusan alokasi dana Bansos Kota Bandung yang mencapai Rp 66,6 miliar. Bahkan, perbuatan ketujuh terdakwa oleh Jaksa didakwa dilakukan secara bersama-sama dengan Wali Kota Bandung, Dada Rosada, dan Sekretaris Daerah Kota Bandung, Edi Siswadi. Tetapi, anehnya, klaim berdasarkan fakta yang muncul dipersidangan, nama Wali Kota Bandung dan Sekretaris Daerah Kota Bandung hilang dalam putusan majelis hakim. ( sumber : Suara Pembaruan )

http://www.beritasatu.com/hukum/120047-7-kali-diperiksa-wali-kota-bandung-bungkam-soal-patungan-suap.html

Padahal penghargaan dan baliho-nya banyak terpampang di jalanan Kota Bandung. Lalu, apa artinya ini ? Pak walikota kesandung, saking ( masih ) korupnya birokrasi di kota ini ? ( keseret dalam sistem yang buruk ).

Seorang kawan yang menjagokan Edi Siswadi, mengatakan calon yang satu ini sudah berpengalaman di banyak posisi di pemkot Bandung sehingga tak bisa dikibuli bawahan jika terpilih menjadi walikota Bandung. Tapi, bukankah pak Dada juga tak kalah berpengalaman di medan yang sama ? Sampai kemudian saya berpikir, sebaiknya posisi walikota diisi orang dari kalangan luar birokrasi pemkot ( yang kini tengah dalam sorotan KPK dan publik ). Terlalu lama membaur di lingkungan yang korup, dikuatirkan menjadi tak sadar ( tak peka ) terhadap perbuatan yang terkategori korupsi.

Pemimpin, idealnya : jujur, pintar, menjadi teladan ( sesuai kata dan perbuatan ) dan menyejahterakan rakyat ( yang terakhir makan, jika masih ada warganya yang belum makan/ kelaparan ). Sebelum menjabat walikota, dia sudah kaya raya dan setelah menjabat siap miskin ( karena hartanya disedekahkan untuk kemaslahatan umat seperti Rasulullah dan para sahabat ). Calon walikota atau calon legislatif ( caleg/ anggota DPR ) yang kita pilih sebaiknya bukan orang yang terpaksa menjual sawah atau rumahnya untuk modal kampanye dan nomor jadi di partai, karena dikuatirkan setelah terpilih akan mencari celah untuk balik modal, menyalahgunakan kekuasaan lalu kegaruk KPK. Bisa berabe, nih.

Pilihlah kandidat walikota ( caleg, capres ) yang kuat secara finansial dan cakap mengelola keuangan sehingga ketika mendapat amanah dari rakyat hanya pengabdian ( melayani rakyat ) yang dipikirkan dan dikerjakannya. Dari pasang yang diumumkan KPU, saya lihat ada 2 teratas ( lebih baik dari yang ada ) yang bisa kita pilih. Mereka adalah :

Calon no urut 4 ( Ridwan-Oded )

Calon no urut 2 ( Wahyudin-Toni )

M. Ridwan Kamil. Kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971. Status menikah, dikaruniai 2 orang anak. Beragama Islam. Kota Surabaya yang kini berpenampilan jauh lebih baik, Ridwan-lah yang merancang berbagai perbaikan di sana. Menurut Ridwan Kamil, ia ingin menjadi wali kota untuk mengembalikan martabat Bandung hingga menjadi kota terhormat. “Dalam 100 hari ke depan, kami akan memenangi kompetisi ini agar warga bisa hidup nyaman di Bandung yang hijau,” katanya. Selain dua partai tersebut, kata Ridwan, ia didukung 23 partai non-parlemen.

Beberapa program kerja yang sudah mereka rencanakan yaitu mengatasi masalah infrastruktur dan kemacetan dengan cara kreatif, mengatasi persampahan dengan cara baru yang tidak mahal, dan menggalang dana dari perusahaan untuk fasilitas umum dan sosial. “Dana bantuan sosial dan hibah akan dikurangi untuk masalah jalan rusak, kebersihan, dan banjir,” ujar Ridwan.

Profesi Ridwan :

· Prinsipal PT. Urbane Indonesia

· Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung

Pendidikan :

· Teknik Arsitektur, Institut Teknologi Bandung ( ITB )

· Master of Urban Design, College of Environmental Design, University of California, Berkeley AS

Penghargaan :

· 2004 Winner of International Design Competition Islamic Center, Beijing, RRC

· 2005 Winner of International Design Competition Waterfront Retail Masterplan, Suzhou, RRC

· 2005 Winner of International Design Competition Kunming Tech Park, Kunming, RRC

· 2006 Winner Internatonal Young Design Entrepreneur of The Year versi British Council Indonesia · 2007 Winner of International Design Competition for Aceh Tsunami Museum · 2008 Top Ten Architecture Business Award dari BCI Asia

· 2009 Top Ten Architecture Business Award dari BCI Asia

· 2009 Architect of The Year dari Elle Decor Magazine

· 2012 Salah satu Ikon Perubahan versi Majalah Gatra

· 2012 Pikiran rakyat Award untuk Tokoh Muda Kreative

· 2012 Google Chrome Web Heroes untuk Indonesia Berkebun

· 2012 Indonesia Green Award, Penghargaan Penginspirasi Bumi untuk Indonesia Berkebun. · 2013 Urban Leadership Award. Penn Institute for Urban Research, USA.

Aktivitas Sosial:

· Ketua Bandung Creative City Forum 2008-2012

· Penggagas Indonesia Berkebun

Oded M. Danial. Kelahiran,Tasikmalaya, 15 Oktober 1962. Beragama Islam. Status menikah dengan Siti Muntamah

Pendidikan :

  • SD Lengkong, Tasikmalaya, 1976
  • SDN 1, Tasikmalaya, 1979
  • STM Negeri, Tasikmalaya, 1982

Aktif mengikuti pelatihan-pelatihan tentang pengelolaan keuangan daerah serta hal yang berkaitan dengan tugas sebagai Dewan di luar negeri, seperti Jerman, Perancis, China, dan Thailand

Pengalaman :

  • Pelajar Islam Indonesia
  • Pemuda Persatuan
  • Ketua Majlis Pertimbangan Daerah PKS Kota Bandung(2006-2009)
  • Ketua DPD PKS Kota Bandung
  • Ketua Pembina Majlis Taklim Al Ukhuwwah
  • Pembina Persaudaraan Seniman bandung (Paseban)
  • Pekerjaan :
  • Anggota DPRD Kota Bandung 2009-2014
  • Wakil ketua Komisi B DPRD Kota Bandung

Wahyudin Karnadinata. Mantan Kepala Staf Garnisun Tetap ( Kasgartap ) II Bandung. Pendaftar pertama dari jalur perseorangan ( independen/ bukan partai ) dengan menyerahkan 36 boks berisi 429 buku dukungan ( memenuhi syarat minimal dukungan 80.678 jiwa atau 3 persen dari jumlah penduduk Kota Bandung ). Di Radio Mora, kemarin, saya dengar mantan jenderal yang sudah kenyang keliling dunia ini punya rumah sakit yang menggratiskan orang tak mampu yang berobat ke sana ( sudah 6 ribu pasien miskin sejak RS tsb didirikan tahun 2005 ). Tegas, sekaligus humoris. Marsma TNI Wahyudin Karnadinata, pada 20/12/2011 dilantik sebagai Asisten Deputi 4/IV Koordinasi Potensi Pertahanan dan Integritas Nasional.

Tonny Apriliani. Mantan ketua PSSI Jawa Barat. Kelahiran : Bandung, 21-April-1956. Status menikah dengan Drg Hj Utje S.A

PENDIDIKAN :

  • SMA Negeri di Bandung
  • S-1 FKG UNPAD (1981)
  • S-2 Manajemen & Pendidikan Kesehatan UNAIR (1989)

PEKERJAAN :

  • Dosen FKG UNPAD 1983 – 1987
  • Dosen Pasca Sarjana UNPAD 1989 – 1999

PENGALAMAN :

  • Anggota DPRD I Jawa Barat 1997-1999
  • Anggota DPRD Jawa Barat 1999-2004
  • Ketua PPM Mada Jabar 1994 – 1998
  • Sekretaris Patriot Panca Marga, Jabar 2000 – 2003
  • Wakil Ketua PDGI tahun 1989 – 1993
  • Bendahara Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia Prov. Jabar 1991 – 1995
  • Bendahara LPK/AMG Prop. Jabar 1999 – 2004

Selamat menggunakan hak pilih anda dengan bijak, wahai warga Kota Bandung .. ! ( .. tong hilap nyak )

————————————————————————————————————————————-

Selengkapnya, 8 pasang kandidat beserta visi misi mereka untuk Kota Bandung.

calwalkot

Mereka yang ingin kita pilih pada Minggu besok ( 23 Juni 2013 )

1. Edi Siswadi-Erwan Setiawan. (Demokrat, PPP, Hanura, PBB, PKB, PKPI, dan PPRN)

2. Wahyudin Karnadinata-Tonni Aprilani. (Independen)

3. Wawan Dewanta-M. Sayogo. (Independe)

4. Ridwan Kamil-Oded Danial. (PKS, Gerindra)

5. Ayi Vivananda-Nani Rosada. (PDIP, PAN)

6. M.Q. Iswara-Asep Dedi Ruyadi. (Golkar, PDS, PKNU, PKPB, PBR, Barnas, PPD, Merdeka, PKDI, PPI, PNBKI, dan Kedaulatan)

7. Budi Setiawan-Rizal Firdaus. (Independen)

8. Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim. (Independen)

Para kandidat cawalkot dan cawawalkot Bandung sudah menyampaikan visi-misinya dalam paripurna istimewa di DPRD Kota Bandung, Kamis (6/6/2013). Berikut visi dan misi para kandidat.

1. Edi Siswadi-Erwan Setiawan

Visi dari pasangan ini mewujudkan Kota Bandung sebagai kota jasa yang kreatif dan berdaya saing. Mereka juga punya lima misi, di antaranya meningkatkan daya saing melalui penyediaan infrastruktur yang memadai dan meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan yang berorientasi pelayanan publik, transparan, dan akuntabel.

2. Wahyudin Karnadinata-Toni Apriliani

Pasangan ini menekankan Kota Bandung harus bebas KKN. Bandung harus jadi kota wisata. Mereka menyebut beberapa syarat untuk memimpin Kota Bandung, yaitu pemimpin harus agamis, berpengalaman, dan teruji. Pasangan itu juga menjanjikan gaji guru honorer minimal sama dengan UMR, mengontrol ketat lingkungan hidup agar tidak terus dirusak, sehingga akan mendirikan Islamic Center. Sepanjang pemaparan visi-misi, Wahyudin justru lebih banyak bercerita daripada memaparkan visi-misinya.

3. Wawan Dewanta-HM Sayogo

Pasangan ini mempunyai visi mewujudkan masyarakat Bandung yang beriman sehat aman nyaman asri dan sejahtera. Misinya adalah reformasi birokrasi yang berwawasan enterpreneur, mewujudkan aparatur pemerintah dan bersih, serta pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung peningkatan ekonomi.

4. Ridwan Kamil-Oded Danial

Visi pasangan ini adalah menciptakan kenyamanan, unggul dari berbagai segi, dan menyejahterakan masyarakat. Misinya adalah melakukan penataan ruang, tata kelola pemerintah yang transparan, membangun masyarakat mandiri, dan membangun perekonomian yang kokoh.

5. Ayi Vivananda-Nani Suryani

Visi pasangan ini adalah menjadikan Bandung menuju kota ramah lingkungan. Misinya antara lain mengembankan SDM yang sehat, cerdas, berakhlak, profesional. Misi lainnya mengembangkan perekonomian kota, meningkatkan kesejahteraan sosial, menata Kota Bandung menuju kota metropolitan terpadu, dan meningkatkan kapasitas pengelolaan keuangan yang transparan serta akuntabel.

6. MQ Iswara-Asep Dedy Ruyadi

Dalam pemaparannya, pasangan ini lebih banyak menjelaskan programnya. Pasangan ini mengaku ingin menuntaskan masalah di Kota Bandung, salah satunya menuntaskan kemacetan dengan mengedepankan transportasi massal, dan memberlakukan 3 in 1 pada jam tertentu. Selain itu, untuk masalah sampah, pasangan ini menawarkan program daur ulang sampah organik dan non-organik secara mandiri.

https://www.facebook.com/Rido4Bandung  (Official Fanpage Pasangan Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Bandung Nomer Urut 4 Ridwan Kamil-Oded MD (RIDO)

Written by Savitri

17 Juni 2013 pada 13:26

Ditulis dalam Ragam

Tagged with ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: