Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Save the world ? Indonesia gosok gigi dulu, ya ..

leave a comment »

Offshore

Salah satu anjungan minyak lepas pantai ( offshore ) di Indonesia. Di mana kekayaan minyak dan gas bumi kita sebagian besar dijarah bangsa asing lewat pintu saweran ( korupsi ). Manusia sekelas guru besar perguruan tinggi ternama, mantan wamen ESDM, dosen teladan pun bertekuk lutut demi siraman dolar kertas yang ilusif. Terjun bebas menjelma setengah siluman, lebih rendah dari binatang. Budi pekerti sudah lenyap di kampus2 kita ? Apa saja yang mereka pelajari di sana ? Menjual negara sendiri ? Begitu kuatnya bius materi. Astaghfirullah..

Gigi. Sudah disikat bersih ? Merdeka, sudah 68 tahun, Indonesia  terkategori  negara maju ? Gigi berlubang, gusi meradang atau karang gigi masih banyak menimpa penduduk negeri ini. Di negara maju, hal mendasar seperti gigi berlubang jarang ditemukan.

Waktu menggosok gigi yang benar adalah sejam sesudah sarapan pagi ( menghindari dekalsifikasi pada email gigi 20-30 menit setelah makan ), dan sebelum tidur. Baru 12,6 %  orang Indonesia yang melakukan dengan benar. Mengapa baru segelintir yang paham urusan sangat penting buat survival ini ? Coba anda makan tanpa gigi. Susah kan ? Manusia makan untuk hidup. Bapak saya di masa akhir hidupnya sulit makan, diantaranya, karena banyak giginya rusak, salah rawat  seperti  itu. Asupan nutrisi terkendala, kesehatan pun menurun. Penyakit menyerbu.

Keponakan saya masuk SMA negeri, Agustus 2013. Bayar Rp 5 juta. Pendidikan adalah investasi terbaik untuk masa depan.  Mengalahkan deposito, emas, properti, SBI dan saham. Tapi, mahal bukan main untuk mengenyamnya. Tugas negara adalah mencerdaskan bangsa. Hukum tertinggi  di sebuah negara adalah keselamatan rakyat.  Rupanya masih jargon. Kemana larinya uang ribuan triliun pertahun dari keberlimpahan minyak, gas dan mineral kita ? Juga, pajak dari keringat bangsa Indonesia ? Dinikmati perusahaan asing dan maling intelek. Bahkan, sekelas guru besar ( Dr.RR ) yang pernah dosen teladan di institut  ternama. Ee.. alaa.

TERPEROSOK  KRISMON  LAGI ? Lebih parah. Amit2..

Apa  yang terjadi kemudian ? Pertamina hanya kebagian mengelola 10 % kilang minyak Indonesia. Kinerja pemerintah merosot, defisit anggaran ( impor lebih besar dari ekspor. Daging, beras, singkong, kentang, jagung, gandum, cabe, kakao, kopi, bawang putih, kedelei, tembakau, terigu, gula pasir, minyak goreng, susu, bahkan garam, di mana negeri kita punya garis pantai terpanjang di dunia, kita pun  masih impor ) sehingga BBM terpaksa dinaikkan dari Rp 4.500 menjadi Rp 6.500. USD  menembus Rp 11.000. Jika paket stimulus yang ( terlambat ) diluncurkan pemerintah bulan lalu, gagal mengawal rupiah, kita bisa terperosok dalam krisis seperti tahun 1997. Even worse.  Karena, sekarang defisit. Tidak surplus seperti 16 tahun lalu.

Kaum buruh berdemo menuntut kenaikan upah. UMR yang Rp 2,2 juta per bulan kemarin, menjadi tak lagi layak, karena tergerus inflasi ( 7,2 % ) akibat kenaikan BBM. Rp 3,7 juta per bulan, UMR baru yang mereka teriakkan di jalanan. Guru honorer yang selama ini dibayar Rp 900 ribu perbulan ketularan demo di depan istana, minta diangkat PNS. Pas HUT-nya presiden SBY lagi. Para perajin tempe tahu melakukan mogok  nasional menuntut harga kedelei yang  merangkak naik sampai  Rp 10.000 per kg untuk diturunkan agar mereka bisa bertahan hidup. Sangat banyak yang menjerit dihajar harga kebutuhan pokok yang terus melambung. Seberapa lama anda bertahan ?

MANA MAAF-MU ? Cepat tobat, cepat selamat..

Minggu dinihari ( 8/9/2013 ), anak 13 tahun membunuh 7 orang ( 1 menyusul wafat di RS ) dengan mobil sport seharga lebih Rp 400 juta di di KM 8 Tol Jagorawi. Mengantuk, menabrak median jalan sampai jumpalitan menimpa mobil sarat penumpang ( 13 orang, melebihi kapasitas ). Ortu anak itu, artis yang terkenal dengan karya ( dan ulahnya ) lalu road show menyambangi keluarga korban dengan upaya menyantuni. Dia berjanji, semua anak yatim korban kecelakaan tsb akan ditanggung biaya sekolahnya setinggi mereka mampu. ( MTGW menyentil : 25-30 tahun terhitung sukses cepat, berhati-hatilah. Jika tidak mawas diri, ambruknya juga cepat ).

Ucapan maaf tak sampai terlontar dari mulut AD ( diwawancarai  Cheryl Tanzil, Prime Time News-MetroTV, Senin, 9/9/2013 jam 18.00-20.00 ). Ketika ahli hukum kuatir  AD menggunakan pengaruh dan uang untuk menghindari hukum yang ampuh memberi efek jera, AD malah mendaulat masyarakat untuk class action terhadap negara yang membiarkan kecelakaan  semacam itu terus terjadi karena lemahnya penegakan hukum dan buruknya sarana & prasarana umum. AD ngeles dan bilang akan mengganti supir –nya AQL yang ngalah terhadap kemauan si bocah kencur sehingga kecelakaan maut itu terjadi.

Ia lupa menuding ke muka sendiri, biang kesalahan terbesar. Menyekutukan Allah ( seperti main dukun, santet, guna2, dll ) dan durhaka pada orang tua adalah 2 dosa terbesar yang azabnya diterima di dunia. Pasti. Sunatullah. Tertera di kitab suci.  Melawan perintah ortu yang amanah ( alias durhaka ), lalu merebut 3 anak yang hak asuhnya dimenangkan ibu kandung mereka ( potensi mereka kelak durhaka pada ibu yang 3 kali wajib lebih dihormati dari ayah mereka ). Belum lagi zina ( sampai punya anak ? ) sembunyi2 ( maupun yang terekspos  media, dan kemungkinan suap penegak hukum ) yang  dia lakukan. Cara2 buruk meraih sukses semu ini yang diserap ketiga anak dan membuahkan malapetaka hari ini dan masa depan. Bagaimana mereka kelak memperlakukan istri dan mengajari anak mereka sendiri ?

Seharusnya, beri  perhatian dan hadiah yang dibutuhkan anak, bukan yang diinginkannya ( atau orang tua ). Tak ada yang bisa menggantikan kehadiran dan cinta tulus orang tua yang lengkap dan harmonis. Di mata anak2 broken home/ ortu bercerai, penghujatan terhadap ibu mereka ( ME ) identik dengan buruknya gen yang mengalir dalam pembuluh darah mereka. Feel not good enough. Menghantui bawah sadar mereka, seumur hidup. Tawa di permukaan ( semu ). Pecah berkeping di dalam. Takkan ada sukses dan bahagia bagi anak yang tidak menghormati orang tua.

Hal paling menyakitkan ortu adalah melihat putra kesayangan terkapar menderita. Atau masih menunggu bata meremukkan jidat sendiri agar ngeh peringatan Allah, barangkali ?

KEYAKINAN PALSU, KESUKSESAN SEMU. Tunggu akibatnya.

Tak sedikit orang pintar, berkuasa, meyakini sesuatu yang sebenarnya keliru. Boleh jadi ia baik dan santun seperti dosen kampus yang keukeuh bahwa neolib dan kapitalisme pilihan terbaik dunia saat ini. Atau konsumen lukis saya ( kandidat doktor dan caleg ) yang menganggap demokrasi adalah yang terbaik untuk Indonesia, seperti juga Amerika yang sudah ratusan tahun berpolitik ( keduanya seolah menutup mata, kemajuan yang terlihat adalah semu, dari darah, keringat, air mata rakyat negeri2 yang mereka lindas dan jarah kekayaan alamnya dengan mesin perang ). Azab tak terperi dalam rentang 60 tahun ke depan mungkin baru bikin mereka ngeh bahwa keyakinan mereka salah besar  !

Dan kalau Kami tidak memperkuat ( hati ) mu, niscaya kamu hampir-hampir condong sedikit kepada mereka,”( Qur’an, 17 : 74 )

Kemudian Kami berikan kepadamu ( Bani Israel ) giliran untuk mengalahkan mereka ( muslim ) kembali dan Kami membantumu dengan harta kekayaan dan anak-anak dan Kami jadikan kelompok yang lebih besar”( Qur’an, 17 : 6 ).

“Jika kamu berbuat baik ( berarti ) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka ( kejahatan ) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman kedua, ( Kami datangkan orang- orang lain ) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka ( muslim ) masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama, dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka ( Israel ) kuasai”( Qur’an, 17 : 7 ).

Atau, seperti presiden Barack Obama yang setuju mengerahkan mesin perang AS ke Suriah ( demi mengamankan kepentingan Israel ). Lagi2, dengan dalih keblinger, senjata kimia. Mereka, para intelektual nan santun itu, kenapa hakikatnya bajingan tamak pengecut, yang hanya memikirkan kepentingan perut dan keluarga sendiri ? Seperti mantan kepala SKK Migas cs, di sawer  700.000 USD  tega menggadaikan lebih Rp 6.000 triliun per tahun kekayaan anak cucu kita pada bangsa asing yang sedang berupaya keras menghancurkan Islam ? DAMN  YOU !!  Kita ini negara muslim terbesar di dunia. Kemana hati nurani kalian ??

( menghindari tragedi miris menjijikan memalukan semacam ini, saya mencuci bersih orientasi materialistis dalam diri saya, pasangan saya dan orang2 terdekat saya. Jangan sampai perjuangan dan integritas goyah oleh rayuan maut orang2 terkaya plus terjahat di dunia ).

Jadikah AU tergantung di Monas pekan ini ? Audit BPK yang kedua dan perhitungan kerugian negara yang diminta KPK akan membuktikan peran AU di skandal sport center Hambalang ?  ( anggaran Rp 125 miliar membengkak Rp 2,5 triliun, amblas lagi bangunannya karena tak disertai Amdal ). Setelah menang pemilihan ketua umum PD, rencananya AU maju nyapres 2014. Setelah keluar PD, mantan ketua PB HMI ini membentuk ormas PPI untuk menepati  janjinya. Alinea pertama dalam lembar kedua, katanya. Kita lihat kegigihan dan ending cerita AU.

Peristiwa demi peristiwa terus berkelebat di ruang audio visual. Irjen polisi DS yang korupsi proyek simulator SIM lebih 45 miliar, lalu ditebar pesonakan ke beberapa istrinya. Sementara, di luar sana, polisi berdedikasi tinggi, tewas berjatuhan disambar peluru gelap orang2 yang diduga teroris ( atau bandar narkoba, perampok ) yang gemas akan kematian rekan2 mereka dan bertekad meruntuhkan negara ( setelah polisi, tokoh publik, kata mantan kepala intelijen ). Polisi lainnya, karena persoalan asmara, tega menyeret Sisca, kepala cabang sebuah perusahaan finance, selama 10 menit di jalanan kasar berbatu hingga wajah cantik dan tubuh indahnya hancur. Biadab ( orang2 di sekitar cuma nonton, dikira boneka, kali )

Kasus impor daging sapi yang menjungkalkan LHI dari kursi presiden ‘partai agama’, tengah mengarah ke istana, dengan disebutnya Sengman yang pernah membantu penguasa di masa2 awal karir politiknya. Saya lihat di MetroTV, seorang penggiat anti korupsi terlihat gemas karena gagal menagih pajak puluhan miliar dari si powerful  Sumsel ini dari salah satu mall-nya. Korupsi berjamaah demi meraih kekuasaan di puncak, rupanya jamak dilakukan pasca Reformasi 1998. Oleh mantan aktivis ’98 lagi. Ironis.

Skandal mega korupsi Bank Century kembali heboh dengan temuan ‘baru’ Akbar Faisal ( bukti rekaan situasi berdampak sistemik ) dan wafatnya sejumlah orang yang mengarah peran penguasa. Beruntung timwas Century DPR RI diperpanjang  masa kerjanya hingga Oktober 2014. Kita diharap bersabar, demi ongkos keamanan dan kestabilan politik yang tidak murah harganya. Yahh.. seperti menunggu Ridwan Kamil dilantik menjadi walikota Bandung periode 2013-2018, menggantikan DR  yang masuk bui KPK bersama mantan sekda ES ( doktor santun lagi ) karena suap kasus Bansos.

SECERCAH HARAPAN DARI KAUM MUDA. Inspirasilah kami..

ISG

44 negara Organisasi Kerja Sama Islam ( OIC ), yakni Aljazair, Azerbaijan, Brunei Darussalam, Burkino Fasao, Mesir, Guyana, Indonesia, Iran, Irak, Kuwait, Libya, Maladewa, Maroko, Malaysia, Oman, Pakistan, Palestina, Qatar, Saudi Arabia, Sudan, Suriah, Tajikistan, Turkmenistan, Turki, Uni Emirat Arab (UEA), Uganda, Yaman, Guinea, Mauritania, Gambia, Nigeria, Yordania, Togo, Pantai Gading, Senegal, Kamerun, Monzambik, Libanon, Tunisia, Somalia, Bahrain, Jibuti, Bangladesh dan Chad. Memperebutkan medali dalam 15 cabang olahraga di kejuaraan olahraga negara2 Islam di Stadion Jakabaring, Palembang. Tempat kisah kejayaan Sriwijaya di pentaskan megah membanggakan kita di hadapan bangsa2 Asia Tenggara ( SEA Games, 2011 ). Bisakah kita bersatu, membendung arogansi Barat ? IMF yang sedang membelit Mesir, dll, bisa diganti lembaga zakat internasional. Potensi zakat nasional kita saja Rp 217 triliun ( tahun 2013 ). Apalagi kalau digabung dengan 43 negara Islam lainnya di OIC. Yuk, berdikari, menegakkan martabat sebagai bangsa yang besar..

Senin kemarin ( 16/9/2013 ), Ridwan dan Oded dilantik tanpa acara sertijab ( da manajer lama dibui ). Dimeriahkan demo dan wejangan warga di depan gedung DPRD yang baru. Angkot Dago-Kebon Kelapa digratiskan dan wangi hari itu atas inisiatif komunitas. Angkutan umum akan digalakkan untuk mengurangi populasi sepeda motor yang sudah berkembang biak bak kawanan tawon. Tempo hari, mereka menabrak kaki saya sampai bengkak sebesar palem botol. Sengsara. Program Low Cost and Green Car juga tak cocok untuk Kota Bandung yang sudah sesak, macet oleh kendaraan pribadi. Selamat bertugas, Pak Ridwan. Mau mencoba menyupiri angkot untuk mendeteksi denyut dan aspirasi warga Bandung seperti perdana menteri Norwegia ?  ( menyamar menjadi supir taksi, dipasang CCTV  lalu diunggah ke YouTube ? ).

Heii.. ada Factor X Around the World ( suara Jahmene Douglas menjiwai sekali ) dan Miss World 2013 yang digelar di Indonesia oleh Hary Tanoesoedibjo cs. Seni budaya Indonesia dimuliakan di sana. Ganda putra ( Mohammad Ahsan & Hendra Setiawan ) dan ganda campuran ( Liliana Natsir & Tontowi Ahmad ) mengharumkan Indonesia di kancah Kejuaraan Dunia Bulutangkis di China tahun ini. Menteri Pemuda & Olahraga, Roy Suryo dan Ketua Umum PBSI, Gita Wiryawan lalu banyak diwawancara media terkait awal kebangkitan kembali kejayaan bulutangkis Indonesia.

Jebret, timnas yunior  kita, para garuda muda, menjuarai ajang sepakbola AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu malam ( 22/9/2013 ) setelah adu penalti dengan tim Vietnam. Skore 7-6. Semoga menjadi awal kebangkitan sepak bola Indonesia ( setelah 22 tahun tanpa prestasi ). Road to World Cup, we hope..

Juga gegap gempita seni budaya di  pembukaan perhelatan olahraga negara2 Islam ( Islamic Solidarity Games ) di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, Minggu malam ( 22/9/2013 ). Secercah sinar di antara keterpurukan kita saat ini. Bertahanlah Indonesia !

Jokowi, gubernur DKI Jakarta ini belakangan rajin komen ‘nggak mikir, nggak mikir’ ketika didaulat nyapres oleh banyak kalangan, termasuk PDIP tempatnya bernaung (  diakah yang disebut-sebut Mama Lauren sebelum wafatnya ? ). Rendah hati dan jujur. Kita lihat kelanjutan kiprahnya.

Di seberang sana, presiden Mursi digulingkan oleh tentara Mesir ( ‘cabang AS’ ) gara2 bersikap baik pada Hamas ( sayap militer organisasi perjuangan rakyat Palestina ). Kudeta militer demi kepentingan Israel. AS  benar2 sudah dirasuki setan zionis, seperti zombie. Ribuan tewas dari pendemo pro-Mursi. Mesir kembali di ujung tanduk. Mahasiswa dan warga Indonesia dievakuasi lagi. Venezuela, Ekuador  dan Mauritania, yang bukan negara muslim, sudah lebih dulu menarik  kedutaannya ( negara kecil, tapi  lebih bermartabat dalam hal ini ). Kedubes RI di Mesir sampai hari ini belum ditarik sebagai bentuk protes tindakan represif pemerintah Mesir yang baru terbentuk ( dan ilegal ). Pussiiiiiinng … !

Oya, anda sudah sikat gigi yang benar ? ( atasi kemunduran bangsa ini dulu sebelum maju tak gentar, serentak, membela negara yang benar ).

Written by Savitri

23 September 2013 pada 15:47

Ditulis dalam Ragam

Tagged with , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: