Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Arsitektur Kota

Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung.

Sehat Sejahtera dengan Bandung Berkebun. Denda K3 Rp 50 juta. Berani ?

GARDEN CITY : Reformasi Sosial Ala Ebenezer Howard

Fir’aun Wanita di KARNAK

Jørn Utzon, Sang Arsitek Puitis

Kontras Memikat I.M Pei

( peletak landmark kota, pijakan masa lalu untuk masa depan )

Semua mengangguk jika ditanya piramid, simbol negerinya Firaun, Mesir. Anda heran jika dibilang piramid juga landmark-nya kota Paris ? Nyatanya, di pusat mode dunia itu bisa anda temui piramid unik yang ramai dikunjungi orang tiap hari. Saking ngetopnya, piramid ini bahkan menjadi seting novel dan film laris “The Da Vinci Code”, seperti menyaingi menara Eifel, ikonnya negeri Perancis, yang sering jadi latar kisah film lokal maupun internasional. Yang punya ide brilyan menaruh bangunan kontroversial di tengah halaman istana Louvre yang bergaya klasik Renaissance jaman Napoleon ini Ieoh Ming Pei.

Piramid Louvre, terlihat romantis di malam hari.

Salah satu museum terbesar di dunia ini mulanya istana Cathrine de Medicis, janda Henri II, rancangan Philibert Delorme. Sayap utara dan selatan memiliki panjang 500 meter. Pembangunannya bertahap selama tiga abad dari sejak Henri IV, Louis XIII, Louis XIV, Napoleon I sampai Napoleon III. Istana Louvre menjadi titik awal sumbu jalan sepanjang 7 km yang membelah kota Paris, sejajar Taman Tuileries, Champs Elysees dan La Defense.

Di dalam museum Louvre tersimpan artefak kuno Oriental, Mesir, Romawi, Eropa zaman klasik dan neo klasik. Pei mengamati museum Louvre yang dikunjungi orang dengan volume sangat besar yang terus meningkat dari tahun ke tahun, suatu saat bisa melebihi kapasitasnya. Ketika ditugasi memperluas Louvre oleh François Mitterrand, presiden Perancis kala itu, Pei teringat nasehat Leonardo da Vinci, ’kekuatan lahir dari kendala dan mati dalam kebebasan’.

Agar tak mengganggu keantikan museum Louvre, perluasan museum ini ( 1983-1989 ) mengambil tempat di bawah halaman dengan membuat piramid kaca sebagai skylight-nya menaungi lobby dibawahnya, sekaligus mengatasi serangkaian problem yang berkaitan dengan pintu masuk utama Louvre lama. Pengunjung memasuki piramid, turun ke lobby yang luas, mendaki ke bangunan utama Musée du Louvre…. ( lanjut )

Kontras Memikat I.M Pei

Wujud Cinta Arsitek FRANK LLOYD WRIGHT

Iklan

Written by Savitri

2 Desember 2017 pada 10:12

%d blogger menyukai ini: