Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

Konservasi Situs MAJAPAHIT.

Konservasi 1.
* IBUKOTA MAJAPAHIT di Trowulan  Masa Hayam Wuruk.

Kakawin Nagarakretagama, pupuh VIII-XII, menggambarkan ibukota Majapahit sekitar tahun 1350 M. Menurut Pigeaud ( 1962 ), Majapahit bukan kota yang dikelilingi tembok. Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/ybSbmbtJbs8

Konservasi 2.
* LUAS & BATAS IBUKOTA MAJAPAHIT di Trowulan  Masa Hayam Wuruk.

Raffles dalam bukunya “History of Java” menyebutkan “remains of gateway at Majapahit called Gapura Jati Pasar” ketika menyebut Candi Waringin Lawang, dan menyebut “one of the gateway of Majapahit” ketika menyebut Candi Brahu. Lanjut ..
https://youtu.be/enYc0rtIuyk

Konservasi 3.
*  KANAL & WADUK DI IBUKOTA MAJAPAHIT / IKM TROWULAN
Tahun 1981, keberadaan kanal dan waduk di Situs Trowulan diketahui melalui studi foto udara, dan pengamatan lapangan dengan geoelektrik serta geomagnetik. Lanjut…
https://youtube.com/shorts/Hc6fKjO6Wo8

Konservasi 4.
* KRATON, RAJA, PENDUDUK IBUKOTA MAJAPAHIT.

Berita China yang ditulis Ma Huan ketika mengikuti perjalanan Laksamana Cheng Ho ke Jawa, menjelaskan keadaan masyarakat Majapahit pada abad 15. Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/VqPaMhGj6h8

Konservasi 5. KOSMOLOGI PENATAAN IKM TROWULAN.

Kerajaan Majapahit, selain punya ibukota sebagai pusat pemerintahan, tempat kedudukan raja, para pejabat kerajaan, juga merupakan pusat magis bagi seluruh kerajaan. Ditinjau dari konsep kosmologi, wujud ibukota Majapahit dianggap sebagai perwujudan jagad raya, sedangkan raja identik dengan dewa tertinggi yang bersemayam di puncak Mahameru ( gunung Semeru di Jawa Timur yang  kini  erupsi ). Lanjut ..
https://youtu.be/5m6H0JSdePk
Shorts Kosmologi
https://youtube.com/shorts/ytS99Cg8_zY

Konservasi 6. SUASANA DALAM KRATON MAJAPAHIT  DI TROWULAN.
https://youtu.be/klFDZErzFVQ

Konservasi 7. RUMAH GAJAH MADA

https://youtu.be/FITZoNLd1cw

Konservasi 8. SITUS HUTAN TARIK.
Semua kejayaan Nusantara hingga ke Asia Tenggara, setelah kerajaan Sriwijaya, ada di situs Hutan Tarik, tempat Raden Wijaya beserta para abdi setia merintis kerajaan Majapahit. Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/2Tfgdp5pwTc

Konservasi 9. CANDI SELOTUMPOK DI BLITAR
Candi Selotumpuk dibangun dengan perancangan matang di puncak gunung Batok, jauh dari pusat kota. Tampak dari batu candi yang ditandai. Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/qTQtIEmMN_c

REFER :

* Babad Majapahit dan Para Wali (Jilid 3). 1989. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

* Poesponegoro & Notosusanto (ed.). 1990. Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. Jakarta: Balai Pustaka.

* Slamet Muljana. 2005. Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara (terbitan ulang 1968). Yogyakarta : LKIS.

* Mulyana, Slamet (2006). Tafsir Sejarah Nagarakretagama (dalam bahasa Indonesia). PT LKiS Pelangi Aksara. hlm. 122. ISBN 978-979-2552-546.

Written by Savitri

9 Februari 2023 pada 04:58