Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

Samsat Online & Samsat Keliling : reformasi Polri. Gampang & cepat.

with 285 comments

pangandaran

Pasir putih pantai Pangandaran. Terlihat nyaman diselonjori. Asal tak ada tsunami. Urus perpanjangan STNK, tak usah ke Bandung. Mungkin ada mobil Samsat keliling, ngetem tak jauh dari situ. 5 menit saja. Selanjutnya, anda bisa lanjutkan perenungan anda. Asyik, kan ?

Kendaraan anda berplat “F” ( Bogor ), tetapi kerja di Kota Bandung ? Anda bingung harus memperpanjang STNK, sementara anda tidak bisa pulang karena pekerjaan ? Tak perlu risau. Anda kini bisa mengurus perpanjangan STNK tanpa harus pulang kampung. Cukup mendatangi Samsat setempat dan mengurusnya. Umur STNK anda pun bertambah.

Kemudahan tsb bisa mulai dimanfaatkan di seluruh Samsat di Jabar sejak Selasa ( 12/1/2010 ). Peluncuran digelar di halaman kantor Dispenda Jabar yang sekawasan dengan Samsat Bandung Timur. Peluncuran “Samsat Online” dipimpin langsung Kababinkam Mabes Polri Komisaris Jenderal Iman Haryatna, selaku pembina samsat. Selain Samsat Online, acara itu sekaligus meresmikan Samsat Keliling untuk 5 polwil di Jabar.

Samsat Online dan Samsat Keliling merupakan bentuk implementasi program Mabes Polri di Polda Jabar. “Layanan ini juga merupakan bentuk reformasi Polri. Jadi polisi tidak perlu lagi bersentuhan dengan uang, tetapi murni pelayanan kepada masyarakat,”kata Iman. Pemda tak perlu khawatir pendapatan daerah akan berkurang. Justru dengan pelayanan yang kian prima, masyarakat kian antusias untuk membayar pajak dan STNK secara resmi. Apalagi jumlah kendaraan dari tahun ke tahun terus bertambah, tambah Iman.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, menandaskan, adanya Samsat Online dan Samsat Keliling, layanan bisa menjangkau wilayah terpencil.”Apalagi dengan dibantu 7 kantor samsat baru, yaitu di Bandung Tengah, Subang, Ciledug, Soreang, Cimahi, Cinere dan Banjar serta ditambah 5 mobil Samsat Keliling. Itu kian menjangkau masyarakat di daerah terpencil.”

5 menit beres, Rp.104.000, termasuk asuransi. Jadwalnya di lodaya.web.id

Kadispenda Provinsi Jabar, Bambang Herianto, mengatakan, Samsat Online dan Samsat Keliling hanya bisa melayani perpanjangan STNK tahunan. Persyaratan cukup Surat Ketetapan Pajak Daerah ( SKPD ), STNK kendaraan dan KTP dan KTP asli, dengan catatan ; nama pemilik kendaraan dan KTP sama.”Targetnya, 5 menit bisa beres.” Untuk Samsat Keliling, ada 5 mobil yang difungsikan. Lima mobil itu disebar di 5 polwil, yaitu Polwiltabes Bandung, Polwil Bogor, Polwil Cirebon, Polwil Purwakarta, dan Polwil Priangan. Sebelum disebar, mobil Samsat Keliling sempat difungsikan di halaman Samsat Bandung Timur. Tentang keberadaan mobil Samsat Keliling saat bertugas nanti, bisa menghubungi samsat di masing2 wilayah. Masyarakat bisa mengecek di situs web http://lodaya.web.id.

Beberapa warga, Selasa kemarin, terlihat memanfaatkan fasilitas tsb. Salah satunya, Buchori ( 38 ), warga Jalan Sukamulya.”Saya tadi mau masuk. Tetapi saat parkir, ada mobil Samsat Keliling. Ya, sudah saya coba. Tidak sampai 10 menit sudah jadi. Biayanya pun sesuai dengan pajak yang tertera di STNK motor Honda Supra saya, yaitu Rp.104.000,-.Sudah termasuk asuransi,”katanya. ( PR, 13/1/2010 )

Komen A.Savitri :

Kabar gembira. Yang berplat nomor Jawa Barat ( Z, F, D, dll ) bisa memperpanjang STNK, membayar pajak tahunan di mana saja, di wilayah provinsi Jabar. Warga Bandung yang lagi asyik berjemur di pasir putih di Pangandaran, tak perlu berkendara 6 jam ke Bandung untuk mengurus STNK. Cek dulu area sekitar. Mungkin ada mobil Samsat Keliling yang lagi ngetem menanti anda. Atau tanyakan ke penduduk, di mana kantor Samsat terdekat. Urus 5 menit, lalu kembali bercengkerama dengan teman atau keluarga. Atau juga monyet2 hutan lindung Pangandaran, jika anda sedang sendirian. Lone ranger. Mencari inspirasi.

Per lima tahun, pengurusan STNK harus kembali ke Samsat asal. Nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda harus digesek di stiker yang diberikan petugas. Bawa kendaraan anda ke Samsat tsb, karena petugas akan mengecek. Yakinkan diri, kendaraan anda bukan curian atau dari penadah. Maklum, aksi curanmor masih banyak. Setahu saya, di Bandung saja, bisa 50 kendaraan perhari hilang digasak sindikat. Pengamanan ganda dengan alarm dan kunci stang. Atau bisa mencoba cara Mr.Bean atau pembalap Formula, yang membawa sekalian setir kemudi. Buat orang kehilangan hasrat mencuri kendaraan anda.

5 menit per kartu per orang, jika tidak bertumpuk, janji pak Bambang. 33 gedung Samsat yang ada di Jabar sudah distandarisasi ISO 2010. Lima kendaraan operasional akan mendatangi sentra2 penduduk. Warga di daerah terpencil dapat dilayani dengan kerjasama/ komunikasi dengan pihak aparat desa, kecamatan, polsek, polres setempat. Tanyakan saja ; kapan mobil keliling Samsat main ke rumah ? ( maksudnya, kantor atau lapangan desa ).

Adanya Samsat Keliling dan Samsat Online ini dimaksudkan untuk mengurangi / menghapus praktek percaloan, mempermudah masyarakat mengurus STNK, memperbaiki administrasi ( tahu realtime terjadinya pembayaran di seluruh Jawa Barat ) dan menampilkan profil pemerintah yang transparan. “BTC Outlet” di Bandung Trace Center, Jl. Pasteur, dulu online-nya hanya Samsat induk. Kini sudah Samsat se-Jawa Barat. Kota pengaduan untuk layanan Samsat Online ? Dial saja ke nomor : 022-7514525. Interesting.

Samsat ka Bumi : STNK diperpanjang dari sofa kesayangan anda.

Samsat ka Bumi ( rumah ). Bapak2 polisi yang baik hati siap menjemput berkas SIM ke rumah anda. Jemput bola demi kenyamanan/ waktu anda.

Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) anda hampir habis masa berlakunya, tetapi tak ada waktu ke Samsat ? Tak perlu risau. Kini, anda tak perlu beranjak dari sofa empuk anda untuk mengurusnya. Cukup hubungi nomor 022-7507799. Esok harinya, petugas Samsat akan datang ke rumah mengambil berkas dan uang administrasi pengurusan STNK. Dalam beberapa jam, anda mendapat STNK baru, tanpa harus keluar rumah. Itu janji Samsat Bandung Timur, yaitu Samsat ka Bumi ( Samsat ke Rumah ). Dirlantas Polda Jabar Jabar, Kombes Agung Budi Maryoto, didamping Kasi STNK Samsat Bandung Timur, Komisaris Dwi Asmoro mengatakan, layanan itu dimulai hari Kamis ( 19/11/2009 ).”Untuk sementara, layanan ini hanya bagi kendaraan pribadi dengan pelat nomor Kota Bandung. Ini khusus perpanjangan per tahun. Kalau yang lima tahunan, tetap di kantor, karena harus ada pengecekan nomor rangka dan mesin.”

Saat ini, telah disiapkan 6 petugas berkendaraan sepeda motor, yang sudah dilatih khusus selama beberapa minggu sebelum diturunkan ke lapangan. Mereka akan terpusat di Samsat Bandung Timur. Tugas ke 6 petugas lapangan itu ; mendatangi konsumen yang masuk daftar, mengecek berkas2 kelengkapan kendaraan, kemudian membawanya ke Samsat untuk diproses. ( PR, 19/11/2009 ).

SIM Keliling : Rp 60.000,- plus fotokopi KTP, SIM asli, dapat SIM baru, hari itu juga.

Polres Kota Cimahi menggelar program layanan pembuatan surat izin mengemudi ( SIM ) keliling untuk warga Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Layanan itu berlangsung di 2 lokasi selama 2 hari, yaitu di Alun2 Kota Cimahi ( 2/12/2009 ) dan Gerbang Kota Baru Parahyangan ( 3/12/2009 ). Keberadaan layanan tsb untuk memudahkan masyarakat memperoleh SIM, khususnya SIM A dan SIM C. Pada hari pertama, puluhan masyarakat tampak mengantre di depan mobil SIM Keliling. Ada yang sengaja datang, ada pula yang kebetulan lewat.

Proses yang cepat, tidak ribet itu membuat masyarakat antusias dengan keberadaan layanan tsb, dibanding harus mendatangi Mapolresta Cimahi. Seperti diakui, Dindin ( 69 ), warga Kelurahan Padasuka, Cimahi Tengah, yang merasa lebih cepat di layanan SIM Keliling dibanding kantor polisi. Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas, Polres Kota Cimahi, Inspektur Dua Suharto, mengatakan, mereka telah melakukan sosialisasi sebelumnya, agar dapat dimanfaatkan warga secara optimal. Dalam layanan tsb, mereka tidak menentukan kuota. Layanan dibuka sejak pukul 9.00 WIB hingga selesai. Sekitar 50-60 orang ikut merasakan layanan tsb tiap harinya. Mereka datang membawa fotokopi KTP dan melampirkan SIM asli. Setelah tes kesehatan, foto langsung di tempat dan membayar Rp.60.000,- mereka mendapat SIM baru, hari itu juga. Yang SIM-nya kadaluarsa, lebih setahun, harus mengurus SIM ke Mapolresta. ( PR, 3/12/2009 )

Written by Savitri

19 Januari 2010 pada 13:19

Ditulis dalam Ragam

Tagged with ,

285 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya mau tanya tahun 2012 u BBn kendaraan bermotor di gratiskan kapan di wilayah samsat kediri kota ,jatimur
    trima kasih atas perhatiannya

    andi

    7 Maret 2012 at 10:53

  2. Hallo
    STNK motor saya baru saja hilang, plat F, atas nama istri, gimana ngurusnya? bisa nggak di samsat keliling?

    Budi Hotma

    4 Maret 2012 at 14:47

  3. saya memiliki motor GL-PRO thn 1993. sudah 6thn ini tdk hidup pajaknya. Mohon bantuan info dan saran agar pajak motor saya tsb bisa saya hidupkan kembali. Apakah bila ada jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor biaya yg saya keluarkan bisa lbh murah. terimakasih

    sigit agung

    26 Februari 2012 at 20:12

  4. kalau pemutihan (bebas denda) itu kapan ya??

    Hari Qobil

    24 Februari 2012 at 19:43

  5. saya mau tanya rencannya saya mo bli motor bekas satria fu tahun 2007 tpi berplat.nomor F sedangkan saya berlokasi di bandung .pajal dan stnk mtor tsb akan habis pada bulan 03 tahun 2012 yg saya mau tanya kan kira2 brp ya biaya penggantian pajak&stnk dan sekalian klo di ganti pemilik biayanya brp?syarat dan proaedurnya gmana .mohon tanggapannya

    rizalrevolver@gmail.com

    rizal

    24 Februari 2012 at 08:36


Tinggalkan komentar