Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

Sejarah Mahapatih Majapahit : GAJAH MADA 1299-1364 M

* Gajah Mada-16. MITREKA SATATA MAJAPAHIT. ASEAN-nya Majapahit.

Jalur Rempah-rempah ( lada, cengkih, pala, dll ) Nusantara selama ribuan telah ‘menjahit’  Indonesia / kita hari ini. Gajah Mada berhasil menyatukan Nusantara dengan Sumpah Palapa dan kekuatan militer Majapahit yang dikomandaninya. Hanya Sunda dan Madura yang belum dijamahnya karena terkait silsilah pendiri Majapahit, dan janji pembagian Majapahit timur / Madura dengan co-founder Arya Wiraraja ketika Raden Wijaya berkolaborasi dengannya mengalahkan pasukan Mongol dan Jayakatwang.

Dalam Nagarakretagama, disebutkan wilayah di luar Jawa yang mengakui kejayaan Majapahit, yaitu : Sumatera, Semenanjung Melayu, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara dan Papua Barat.

Menurut Guru Besar Arkeologi Asia Tenggara – John N. Miksic, jangkauan kekuasaan Majapahit meliputi Sumatera, Singapura, Thailand yang dibuktikan dengan pengaruh kebudayaan, corak bangunan, candi, patung dan seni. Bahkan ada perguruan silat bernama Kali Majapahit di Filipina dengan anggotanya dari Asia dan Amerika. Silat Kali Majapahit disebut berakar dari kerajaan Majapahit kuno yang menguasai Filipina, Singapura, Malaysia dan selatan Thailand. Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/pDzuQd14o9E
#MitraSetaraMajapahit, #NegaraSahabatMajapahit,

* Gajah Mada-15. PEMERINTAHAN MAJAPAHIT

https://youtube.com/shorts/m2rVJi1sa5A

* Gajah Mada-14. EKONOMI MAJAPAHIT. Sampai bisa punya 400 kapal perang, istana indah, dan rakyatnya ogah mencuri.

Kerajaan Majapahit berdiri 235 tahun, dari sejak Raden Wijaya mendirikannya tahun 1293 sebagai raja pertama, sampai diakusisi sultan ketiga Demak – Trenggana  tahun 1527 M. Majapahit didahului kerajaan Singosari ( 1222-1292 ), dan  diteruskan kesultanan Demak ( 1475-1568 ) karena pendiri Demak / Raden Patah adalah putra Brawijaya V  / Kertabhumi ( raja Majapahit ke-10 yang memerintah tahun 1468-1478 ) dengan selir Siu Ban Ci.

Dalam catatan sejarah, mulanya ( Raden Wijaya memerintah 1293 – 1309 )  kerajaan Majapahit berpusat di Tarik, Mojokerto, Jawa Timur. Namun, pada era Jayanegara (1309-1328), ibu kota dipindahkan ke Trowulan. Sejak Girindrawardhana / Brawijaya VI ( 1478-1498 ) berkuasa, pusat Majapahit berpindah lagi ke Kediri.

Hayam Wuruk ( raja ke-4 Majapahit yang memerintah 1350-1389 M / 39 tahun ) yang dibantu Tribhuwana / ibunya dan Gajah Mada / perdana menterinya selama memerintah, berhasil membawa Majapahit ke masa keemasannya. Lanjut
https://youtube.com/shorts/QzjjhTdZH6w
#EkonomiMajapahit, #KejayaanMajapahit,

* Gajah Mada-13. ISTANA MAJAPAHIT

https://youtube.com/shorts/49_7X42xO4A

* Gajah Mada-12. PERANG MAJAPAHIT VS BALI.

Setelah mengucapkan Sumpah Palapa tahun 1334 M di pelantikan Mahapatih Amangkubumi / perdana menteri-nya, Gajah Mada ke Bali, wilayah pertama di luar Pulau Jawa yang diserbunya. Wilayah Majapahit saat itu, baru Jawa Timur dan Pulau Madura. Sementara Kebo Iwa, panglima andalan raja Bedahulu, juga berjanji, Bali takkan bisa ditaklukkan selama dia masih hidup. Ikrar siapa yang lebih kuat ? Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/dfUYG8amtGc
#MahapatihGajahMada, #PatihKeboIwa,

* SEJARAH KERAJAAN BALI, Pewaris Seni Majapahit.
https://youtube.com/shorts/zvwCNFdMrHA

* Gajah Mada-11. PERANG BUBAT Jilid 2
https://youtube.com/shorts/v3-OFWKFB04

* SEJARAH LINGGABUANA ( Ayah Pitaloka ) dari KERAJAAN SUNDA-GALUH
https://youtube.com/shorts/269lxxc5RV4

* Gajah Mada-10. PERANG BUBAT Jilid 1 : Majapahit vs Sunda.

Perang Bubat ( ᮕᮨᮛᮍ᮪ ᮘᮥᮘᮒ᮪ ) adalah perang yang terjadi pada tahun 1279 Saka / 1357 M ( abad 14, masa pemerintahan Hayam Wuruk ) di Alun-alun Bubat  ( Trowulan, Mojokerto, Majapahit, Jawa ).

Perang Bubat terjadi karena Mahapatih Gajah Mada berselisih dengan Prabu Linggabuana dari Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat, yang mengakibatkan tewasnya seluruh rombongan Sunda ( sumber : Serat Pararaton, Kidung Sunda, Kidung Sundayana dari Bali ).

Insiden ini sangat merusak hubungan antara dua kerajaan. Bahkan sampai hari ini, masih terasa traumanya bagi sebagian warga Jawa Barat. Kenapa tragedi pahit yang menyesakkan dada keturunan Sunda, sampai bisa terjadi ? Siapa biang keroknya ? Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/pfsa0k9U-Qg

Gajah Mada-9. PERANG MAJAPAHIT VS SAMUDERA PASAI.

Kerajaan Majapahit bisa bertahan 235 tahun menguasai wilayah Nusantara ( termasuk Papua, Timor Leste, Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, Thailand ) karena didukung armada perang yang besar dan kuat pimpinan Gajah Mada dan penerusnya.

Dari buku Sejarah Melayu diketahui :
* Betara Majapahit menitahkan hulubalangnya berangkat dengan 100 kapal jong, melangbing, kelulus, jongkong, cecuruh, tongkang, menyerang Singapura ( Sejarah Melayu ). Baginda pun segera menyuruh pasukannya bersiap menyambut dengan 300 kapal jong, kelulus, pelang, jongkong, tiada terbilangnya.

* Putri Majapahit menikah dengan Sultan Mansur Syah dari  Malaka yang memerintah tahun 1459-1477 M. Daerah Indragiri dan Siantan masih di bawah kekuasaan Majapahit saat itu. Jambi dan Palembang lepas diambil alih Kesultanan Demak saat Ranawijaya / Majapahit bentrok dengan Demak.

Lalu bagaimana dengan kerajaan Samudera Pasai di mana Majapahit sampai perlu mengerahkan pasukannya dan 400 kapal jong untuk menundukkannya. Apa salah Pasai ? Lanjut …
https://youtube.com/shorts/xuhWFgDXcU0
#perangMajapahit, #SamuderaPasai,

* SEJARAH SAMUDERA PASAI
https://youtube.com/shorts/99LQXDelAWM

* Gajah Mada-8. ARMADA PERANG  MAJAPAHIT.

Gajah Mada dianggap sebagian besar masyarakat dan pendiri bangsa Indonesia, sebagai pahlawan, simbol nasionalisme Indonesia, dan persatuan Nusantara. Soekarno dan M.Yamin yakin bangsa ini dapat bersatu, meskipun meliputi wilayah yang luas dan budaya yang berbeda-beda. Gajah Mada adalah inspirasi bagi revolusi nasional Indonesia untuk merdeka dari kolonial Belanda.

Tertulis Rakryan Mapatih Jirnnodhara di Prasasti Gajah Mada. Gajah Mada bernama lahir Mada, sedangkan nama Gajah Mada mungkin baru disandangnya semenjak menjabat patih. Prasasti Gajah Mada yang bertarikh 1273 saka / tahun 1351 ditemukan di Candi Singosari yang dibangun mahapatih Majapahit ini untuk memuliakan eyangnya, Kertanegara ( raja Singosari terakhir ) yang menginspirasinya dengan konsep Dwipantara Mandala ( kini jadi Nusantara ) yang memperhatikan daerah-daerah lain di luar Pulau Jawa. Gajah Mada berupaya keras agar wilayah Nusantara mengakui kejayaan Majapahit.

Ketika pengangkatannya sebagai Mahapatih Amangkubhumi ( perdana menteri ) Majapahit tahun 1258 Saka  / 1334 M, Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa yang intinya : ia takkan menikmati palapa atau rempah-rempah ( yang diartikan kenikmatan duniawi ) sebelum berhasil menyatukan Nusantara.

Saat kejayaan Majapahit, wilayah mandala Dwipantara meliputi Nusantara hari ini, termasuk Papua, juga Timor Leste, Malaysia, Brunei, Singapura, dan Filipina ( kalau Sriwijaya sampai Kamboja ). Wilayah seluas ASEAN itu bagaimana bisa  menertibkannya ya ? Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/p1wP1v2jiQI
#KapalJong, #ArmadaMajapahit,

* GAJAH MADA-7. Bertahan hidup melalui deretan bahaya menyatukan Nusantara..

Pertempuran yang dihadapi Gajah Mada bersama pasukan Bhayangkara yang dipimpinnya : pemberontakan Pasadeng, Ra Kuti, Keta, Sadeng dan perang Bedahulu, Bubat, dan Padompo. Rahasia Gajah Mada bisa bertahan hidup melalui bahaya perang demi perang, dan menjaga kejayaan Majapahit ada di video ini ..
https://youtube.com/shorts/3D__5AoWNYw
#CandiBrahu, #TariGambyong,

* GAJAH MADA-6. Memimpin Bhayangkara dengan Catur Prasetya,  menyelamatkan Raja Majapahit, lalu jadi Patih Kahuripan tahun 1319.

* GAJAH MADA-5. Pasukan Super Elit Bhayangkara pimpinan Gajah Mada yang bikin Majapahit jaya ..

Pada 1 Juli 2022, Kepolisian Republik Indonesia ( Polri ) akan memperingati Hari Bhayangkara yang ke-76 sejak terbitnya Peraturan Presiden Nomor 11 tahun 1962 yang menyatukan kepolisian di daerah menjadi satu di bawah komando Kepala Negara. Kenapa nama Bhayangkara yang dipilih Polri ?
Jelasnya di video ini ..
https://youtube.com/shorts/HIXAM4e_YNU
#PasukanBhayangkara, #GajahMadaMasaJayanegara,

* GAJAH MADA-4.  Realisasi Sumpah Palapa atau penyatuan Nusantara / Dwipantara oleh Gajah Mada di video ini ..
https://youtu.be/jjqZF4sEgC0
#Dwipantara, #TariJarananKepang,

* GAJAH MADA-3. Sumpah Palapa saat pelantikan perdana menteri Majapahit.

* Arya Tadah, PM sebelum Gajah Mada.
* Tribhuwana, plt raja Majapahit  setelah Jayanegara dibunuh Ra Tanca.
* Sumpah Palapa PM Gajah Mada.
Jelasnya di video ini ..
https://youtu.be/xiRBNMy73qU
#SumpahPalapa, #TariRemo,

* GAJAH MADA-2. Awal hidup dan karirnya ..
*  Terlahir sebagai rakyat biasa.
*  Komandan pasukan elit Bhayangkara.
*  Patih Kahuripan, lalu Daha / Kediri.
Jelasnya di video ini ..
https://youtu.be/eKymZmwfw0g
#GajahMadaMasaJayanegara, #TribhuwanaIbuHayamWuruk,

* GAJAH MADA-1. Sejarah hidup, pengabdiannya pada Majapahit, warisannya bagi bangsa Indonesia ..

Dipantara. Nusantara. NKRI. Konsep bernegara yang dirintis leluhur kita dari jaman Singosari, Majapahit dan perang Kemerdekaan. Indonesia harus berbentuk serikat agar tak berpecah, kata Hatta. Negara kesatuan rasa federal, kata Mahfud. Oo, rupanya Majapahit yang survive 230 tahun ini sudah meletakkan dasar-dasar serikat / koalisinya dengan 98 negara yang dinaungi.

Adalah Gajah Mada yang memulainya di pelantikan patihnya tahun 1334 M / Sumpah Palapa yang saat itu ditertawakan banyak orang. Nyatanya, tahun 1945, para founding father-mother RI pun menggunakan spirit penyatuan Nusantara dari beliau. Hari-hari ini kita juga masih terkoneksi dengan satelit Palapa Ring dan terus menjangkau saudara setanah air di seluruh pelosok negeri, bersama menapak asa menjadi negeri maju, bermartabat dan berbudaya ( madani ). Sesuatu banget. Lanjutnya di video ini.
https://youtu.be/jZyQgPy8DUU
#SejarahGajahMada, #DipantaraNusantara,

REFER :

* Babad Majapahit dan Para Wali (Jilid 3). 1989. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Buku Sastra Indonesia dan Daerah.

* Babad Tanah Jawi. 2007. (terj.). Yogyakarta : Narasi.

* H.J. de Graaf dan T.H. Pigeaud. 2001. Kerajaan Islam Pertama di Jawa. Terj. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.

* J.L.A. Brandes, 1897, Pararaton ( Ken Arok ) of het boek der Koningen van Tumapěl en van Majapahit. Uitgegeven en toegelicht. Batavia: Albrecht; ‘s Hage: Nijhoff. VBG 49.1.

* Poesponegoro & Notosusanto (ed.). 1990. Sejarah Nasional Indonesia Jilid II. Jakarta: Balai Pustaka.

* Slamet Muljana. 2005. Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara (terbitan ulang 1968). Yogyakarta : LKIS.

* Mulyana, Slamet (2006). Tafsir Sejarah Nagarakretagama (dalam bahasa Indonesia). PT LKiS Pelangi Aksara. hlm. 122. ISBN 978-979-2552-546.

* Komandoko, Gamal (2009). Gajah Mada: Menangkis Ancaman Pemberontakan Ra Kuti : kisah ketangguhan seorang patih Majapahit dalam menjaga keutuhan takhta sang raja (dalam bahasa Indonesia ). Penerbit Narasi. hlm. 122. ISBN 978-979-164-145-2.

* Sejarah 2: SMA/MA Untuk Kelas XI, Semester 1 dan 2 Program Ilmu Pengetahuan Sosial / penulis, Tarunasena M; editor, Agus Mulyana; ilustrator, Tim Redaksi. – Jakarta: Pusat perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

*  Slamet Muljana ( 1979 ). Nagarakretagama dan Tafsir Sejarahnya. Jakarta : Bhratara.
* Yamin, Muhammad ( 1945 ). Gadjah Mada, pahlawan persatoean Noesantara. Balai Poestaka.
* Pogadaev, V. A., 2001, Gajah Mada : The Greatest Commander of Indonesia. Historical Lexicon. Мoscow: Znanie.
* Buku Ying-ya-sheng-lan / catatan Ma Huan  ( tukang catat Laksamana Cheng Ho yang diutus Kaisar Yung Lo melakukan ekspedisi ke berbagai bandar perdagangan dunia antara tahun 1405 hingga 1433 ) terbit tahun 1451.
*  indonesia.go.id
*  Buku Stutterheim, 1932.
*  CatatanTau-I Chi, tahun 1350.

Written by Savitri

9 Februari 2023 pada 05:59