Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

Wisata NTB, NTT, Indonesia.

Labuan Bajo, NTT, dekat Pulau Komodo, yang sudah jadi warisan dunia Unesco

LABUAN BAJO, NTT. Siap mempesona..

Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 dengan 17.504 pulau ( kepulauan terbesar di dunia ) yang indah dan menarik wisatawan lokal dan mancanegara. Salah satu pulau yang terkenal dengan wisata pantainya adalah Labuan Bajo.Sejak dikunjungi pesepakbola terkenal ke Labuan Bajo, pulau ini ikut terkenal hingga ke mancanegara.

Labuan Bajo, satu dari 19 desa dan kelurahan yang berada di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Labuan Bajo kini dikembangkan menjadi Kota Labuan Bajo. Wilayahnya meliputi : Kampung Ujung, Kampung Tengah, Kampung Air, Kampung Melo, Lamtoro, Wae Kelambu, Wae Medu, Cowang Dereng, Wae Kesambi, Wae Bo, Lancang, Sernaru, Wae Mata, Pasar Baru, Pede dan Gorontalo.

Sejak dulu Mbajo ( sebutan lokal ) menjadi tempat berlabuhnya para pedagang dari Makassar( Bajo dan Bugis ) sampai dibangunnya Dermaga Ferry, Pelabuhan Tilong ( dermaga terbesar menuju Labuan Bajo ), Pelabuhan PELNI, dan Bandar Udara Komodo. Hampir setiap meter wilayah Labuan Bajo memiliki keindahan dan keunikan. Terhampar pantai, laut, bukit, air terjun, goa, padang rumput dan desa yang kelestarian adat istiadatnya masih terjaga hingga sekarang.

Kota kecil di pinggir pantai terbarat Pulau Flores ini memiliki obyek wisata dan pulau terdekat yang bisa dikunjungi : Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Pulau Seraya, Bena Village, Pulau Mangiatan, Pantai di Goa Rangko, Pulau Kanawa, Loh Liang, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin, Wae Cicu, Pulau Bidadari, dan Taman Nasional Komodo. Pantai Pink berpasir warna pink yang menarik. Manta Point, patung di dasar pantai spot diving yang unik.

Yang terpopuler, Pulau Komodo dengan hewan langka komodo, satu-satunya hewan yang selamat dari letusan gunung Krakatau bersama tsunaminya, menjadi maskot wisata NTT dengan tiket VIP/ membership untuk bisa mengunjungi, demi menjaga kelestarian habitatnya. Maklum, Pulau Komodo sudah menjadi Taman Nasional berkategori situs warisan dunia UNESCO.

Selamat pesiar bersama keluarga tercinta.

Written by Savitri

6 Maret 2020 pada 11:23