Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

Archive for Juni 27th, 2024

Perang Lebanon Vs Israel : Siapa Menang ? Panglima Besar Jenderal Soedirman Kapan Wafat + Digelari Pahlawan Nasional ?

leave a comment »

INDONESIA RAYA. Lagu kebangsaan kita. Israel Raya ? Mimpi siang bolong bapak Zionis beserta para keturunannya, termasuk PM Netanyahu yang mengklaim ‘menang’ ( baca : menggenosida lebih 37.000 warga Gaza, Palestina, sebagian besar wanita dan anak-anak ) atas Hamas ( yang masih aktif melawan pasukan penjajah – IDF ).

Kegilaan setan zionis itu merambah ke Lebanon selatan demi menghentikan ratusan rudal, roket, drone pejuang Hizbullah yang meluluhlantakkan fasilitas militer Israel utara. Atau mewujudkan peta Israel raya di lencana seragam IDF. Seperti apa peta kekuatan mereka ?

KEKUATAN HIZBULLAH.

Bentrokan antara kelompok Lebanon – Hizbullah dan IDF di Israel utara meningkatkan kekhawatiran bahwa konflik di Gaza akan menyebar ke front lain. Hamas dan Hizbullah dikenal mahir dalam peperangan asimetris. Kedua kelompok pejuang muslim ini telah memperluas persenjataan mereka selama bertahun-tahun dan bisa menimbulkan tantangan berat bagi militer Israel jika operasi darat Israel  di Jalur Gaza yang padat penduduk dibalas serangan Hizbullah dari utara. Dan itu sudah terjadi.

Kelompok pejuang yang lahir dari gerakan politik Syiah, selama invasi Israel ke Lebanon tahun 1982. Hizbullah memiliki sayap militer yang kuat dan dikenal sebagai salah satu pasukan non-negara yang memiliki persenjataan paling berat di dunia.

Tahun 2021, pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengklaim kelompoknya memiliki 100.000 pejuang. Namun, pengamat luar memperkirakan kekuatan milisi berkisar antara 15.000 – 20.000 pejuang terlatih, dan berpotensi menambah kekuatan dengan 30.000 anggota paruh waktu.

Iran, pendukung utama Hizbullah, dilaporkan telah memasok roket dengan jangkauan lebih jauh dan lebih tepat yang mampu menyebabkan kerusakan signifikan pada infrastruktur Israel dan menghambat akses maritim ke pantai Mediterania Israel.

Sebagian besar persenjataan Hizbullah terdiri : artileri permukaan-ke-permukaan yang kecil, portabel, dan tak terarah, namun bisa menghalangi pasukan yang lebih besar dan lebih maju, misalnya, mengerahkan kawanan drone secara bersamaan terhadap satu sasaran untuk melumpuhkan sistem pertahanan udara Israel.

Hizbullah juga memiliki sistem pertahanan seperti SA-22 Rusia, yang menargetkan pesawat terbang, helikopter, rudal balistik dan jelajah, serta drone, yang membahayakan militer Israel ( yang sangat bergantung pada superioritas udaranya ).

Nasrallah menyatakan bahwa milisinya memiliki apa yang diperlukan untuk menjadi lawan tangguh Israel. Tahun 2006, Hizbullah menembakkan ribuan roket ke Israel hingga menewaskan sekitar 1.200 orang di Lebanon, sebagian besar warga sipil. Israel kehilangan nyawa sekitar 160 tentaranya.

“Tidak diragukan lagi, perang ini akan memiliki satu pecundang terbesar, yaitu rezim Zionis,” cetus misi diplomatik Iran untuk PBB dalam pernyataannya. “Gerakan perlawanan Lebanon, Hizbullah, memiliki kemampuan untuk mempertahankan diri dan Lebanon, mungkin sudah tiba waktunya bagi penghancuran rezim tak sah ini.”

Pekan ini, pemimpin Hizbullah, Hassan Nasrallah, mengatakan bahwa jika militer Israel berperang di Lebanon, kelompoknya akan menggunakan roket dan drone untuk menjangkau target-target di seluruh wilayah Israel.

KEKUATAN ISRAEL

Persenjataan Israel mencakup kapal rudal canggih, tank, helikopter serang, armada drone ( termasuk drone bunuh diri, model Harop dan Harpy, yang bisa melacak dan menghilangkan target bergerak ), pesawat terbaru Amerika ( termasuk ratusan F-16 dan F-35 ).

Menurut Global Firepower Index, IDF memiliki 169.500 tentara aktif. Terbaru, Israel memanggil sekitar 360.000 tentara cadangan dari total 460.000 warga non-Arab berusia 18-40 tahun yang menjalani sesi pelatihan tahunan. Tahun 2022, Israel mengalokasikan 23,4 miliar USD untuk pertahanan. Amerika Serikat memberi bantuan luar negeri sekitar 3 miliar USD pada Israel tiap tahun sejak tahun 2017, yang sebagian besar disalurkan ke militer. Merespon serangan 7/10/2023 di Israel, AS dengan cepat mengerahkan kapal perang dan pesawat ke Israel.

KEKUATAN HAMAS.

Terowongan Gaza didirikan awal intifada pertama tahun 1987, ketika ribuan warga Palestina memprotes pendudukan Israel di Tepi Barat dan Gaza. Pendirinya, Sheikh Ahmed Yassin, ulama Palestina. Selama bertahun-tahun, Hamas mengembangkan infrastruktur militer, meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dalam hal jangkauan dan persenjataan. Mereka juga telah menggali sistem terowongan canggih di bawah Jalur Gaza, serta sebagian wilayah Israel dan Mesir, untuk menyembunyikan dan menutupi aksi pejuang muslim, sehingga menyulitkan IDF melacak dan menemukan mereka. Hamas bisa melakukan serangan mendadak terhadap tentara Israel jika terjadi serangan darat.

Sayap militer Hamas – Brigade Izz ad-Din al-Qassam ( sering disebut  Brigade al-Qassam ) merahasiakan jumlah pasti pejuangnya. Berbagai sumber menyebut antara 7.000 hingga 50.000 pejuang. Hamas memiliki akademi militer yang menawarkan pelatihan khusus, termasuk keamanan siber, dan sayap militer beranggotakan 40.000 orang dengan unit komando angkatan laut.

Brigade ini memiliki persediaan senjata ringan yang banyak, termasuk roket rakitan, mortir,  bahan peledak lain, rudal anti-tank, rudal anti-pesawat yang diluncurkan dari bahu ( MANPADS ) hingga menempatkan Brigade al-Qassam di antara pasukan gerilya dengan perlengkapan terbaik di dunia.

“Kami memiliki roket yang diproduksi secara lokal, tetapi roket jarak jauh datang dari luar negeri ( Iran, Suriah, Mesir )”, kata Ismail Haniyeh, tahun 2022. Hamas mengamankan mata uang kripto dan pendanaan tunai dari berbagai sumber, termasuk jaringan global yang melibatkan badan amal.

KEKUATAN PEJUANG ASING.

Ribuan pejuang dari kelompok yang didukung Iran di Timur Tengah siap ke Lebanon untuk bergabung dengan kelompok Hizbullah dalam pertempurannya dengan Israel, jika konflik yang membara itu meningkat menjadi perang besar-besaran, kata pejabat Iran.

Baku tembak hampir setiap hari terjadi di sepanjang perbatasan Lebanon dengan Israel utara sejak 7/10/2023 yang memicu perang di Gaza. Situasi di utara memburuk  setelah serangan udara Israel menewaskan seorang komandan senior militer Hizbullah di Lebanon selatan. Hizbullah membalas dengan menembakkan ratusan roket dan drone peledak ke Israel utara. Para pejabat Israel mengancam akan melakukan serangan militer di Lebanon jika tak ada negosiasi akhir yang mengusir Hizbullah dari perbatasan.

Selama dekade terakhir, para pejuang dukungan Iran dari Lebanon, Irak, Afghanistan, Pakistan bertempur bersama dalam konflik yang telah berlangsung selama 13 tahun di Suriah, membantu presiden Suriah – Bashar Assad. Para petinggi kelompok pejuang ini bilang, bisa bersatu kembali melawan Israel. Nasrallah bilang, para pemimpin pejuang dari Iran, Irak, Suriah, Yaman, dll, sebelumnya telah menawarkan mengirim puluhan ribu pejuang untuk membantu Hizbullah, namun Hizbullah sudah memiliki lebih  100.000 pejuang. “Kami mengucapkan terima kasih pada mereka, namun kami kewalahan dengan jumlah yang kami miliki,” kata Nasrallah. Pertempuran dalam bentuknya saat ini hanya menggunakan sebagian pejuang Hizbullah, merujuk para penembak rudal dan drone. Namun, hal ini bisa berubah, jika terjadi perang habis-habisan. Para pejuang dari Iran, Irak, Yaman, Afghanistan dan Pakistan “akan menjadi mitra” dalam perang semacam itu. Mereka akan bergabung jika perang meletus di perbatasan Lebanon-Israel.

Ribuan pejuang ini telah dikerahkan di Suriah dan dengan mudah menyelinap melalui perbatasan yang tak memiliki tanda dan keropos. Beberapa kelompok ini telah melancarkan serangan terhadap Israel dan sekutunya sejak perang Hamas Vs Israel ( 7 Oktober 2023 ). Poros perlawanan ini menggunakan “strategi kesatuan arena” dan akan melakukan hal yang sama. Hanya berhenti berperang, ketika Israel mengakhiri serangannya di Gaza dan Hamas. “Kami akan ( berjuang ) bahu-membahu dengan Hizbullah”, kata mereka. Beberapa penasihat dari Irak sudah berada di Lebanon.

Para pejuang dari Pasukan Mobilisasi Populer Irak, Fatimiyoun dari Afghanistan, Zeinabiyoun dari Pakistan, dan Houthi dari Yaman bisa datang ke Lebanon untuk mengambil bagian dalam perang. Qassim Qassir, pakar Hizbullah, sependapat bahwa pertempuran saat ini sebagian besar didasarkan pada teknologi tinggi seperti penembakan rudal yang tak memerlukan sejumlah besar pesawat tempur. Namun, jika perang terjadi dan berlangsung dalam jangka waktu lama, Hizbullah mungkin memerlukan dukungan dari luar Lebanon. “Kartu ini bisa digunakan,” ujarnya.

Eran Etzion, mantan kepala perencanaan kebijakan kemlu Israel juga mengisyaratkan kemungkinan besar terjadinya “perang multi-front” ( aliran besar jihadis dari Irak, Yaman, Afghanistan, Pakistan ke Lebanon dan Suriah yang berbatasan dengan Israel ).

Daniel Hagari, jubir militer Israel, mengatakan, sejak Hizbullah menyerang Israel pada 8 Oktober 2023, mereka telah menembakkan lebih 5.000 roket, rudal anti-tank, dan drone ke arah Israel, yang akan terus berperang melawan poros  Iran di semua lini.

Para pejabat Hizbullah bilang, mereka tak ingin perang habis-habisan dengan Israel, namun jika hal itu terjadi, mereka siap. “Kami telah mengambil keputusan bahwa ekspansi apa pun, betapapun terbatasnya, akan dihadapkan pada ekspansi yang menghalangi langkah tersebut, dan menimbulkan kerugian besar bagi Israel,” kata Naim Kassem.

Koordinator khusus PBB untuk Lebanon, Jeanine Hennis-Plasschaert, dan komandan pasukan penjaga perdamaian PBB yang dikerahkan di sepanjang perbatasan selatan Lebanon, Letjen Aroldo Lázaro, mengatakan, bahaya salah perhitungan yang berujung bencana tiba-tiba dan lebih luas sangat nyata.

Konflik skala besar terakhir antara Hizbullah dan Israel terjadi pada musim panas tahun 2006. Keduanya terlibat perang selama 34 hari yang menewaskan sekitar 1.200 orang di Lebanon dan 140 orang di Israel. Sejak bentrokan terakhir 8/10/2023, lebih 400 orang  tewas di Lebanon, 27 orang di Israel.

Puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan. Qassir menganalisa, jika pejuang asing bergabung, hal itu akan membantu mereka yang pernah berperang bersama di Suriah di masa lalu. “Ada bahasa militer yang sama antara kekuatan Poros Perlawanan dan ini sangat penting dalam pertempuran bersama,” katanya.

KEKUATAN PASUKAN PEMELIHARA PERDAMAIAN PBB ( TNI terbanyak )

Konflik berdarah yang terjadi antara Palestina-Israel pada Mei 2021 menjadi perhatian dunia, juga perhatian khusus Lebanon yang berbatasan dengan Israel, serta sebagai bangsa Arab yang pro-Palestina. PBB lalu menyiagakan sekitar 10.000 pasukan pemelihara perdamaian dari 41 negara di perbatasan selatan Lebanon yang bertugas menjaga situasi senantiasa kondusif. Termasuk 1.323 anggota TNI, di mana Indonesia menjadi negara pengirim pasukan terbanyak. Indonesia juga menjaga perdamaian di Mediterania ( berbatasan dengan perairan Israel ) dengan mengirimkan KRI Sultan Iskandar Muda, dengan 120 personel ( di atas kapal perang,  lengkap dengan helikopternya ).

* Tentara Israel bekerja di tank-tank dekat perbatasan dengan Lebanon di Dataran Tinggi Golan. PM Lebanon menuduh Israel memprovokasi “peningkatan bahaya” di sepanjang perbatasan.

Ada masalah sengketa masa lalu, ketika tanah pertanian Lebanon jatuh ke tangan Israel. Di Lebanon juga banyak keturunan ( sekitar setengah juta ) pengungsi dari Palestina masa perang tahun 1940-an ( peristiwa Nakba, khususnya tahun 1948 ). Para pengungsi ini belum bisa lagi kembali ke tanah air mereka, sebab sudah diduduki  pemukim ilegal Israel. Hingga kini, Lebanon tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Bahkan, Lebanon termasuk salah satu negara Arab yang masih dalam kondisi penuh ketegangan, eksplosif dengan Israel, sehingga PBB menempatkan pasukan penjaga perdamaian di selatan Lebanon, berbatasan dengan Israel.

Tambahan 120 prajurit pasukan perdamaian PBB ini tergabung dalam Satuan Tugas ( Satgas ) Kontingen Garuda ( Konga ) MTF XXVIII-O / United Nations Interim Force in Lebanon ( UNIFIL ) TA 2023. Prajurit yang terdiri dari 32 perwira, 51 bintara, dan 20 tamtama ini diberangkatkan dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer ( Kolinlamil ), Jakarta Utara.

Eskalasi ketegangan militer di sekitar laut Mediterania terkait kehadiran kapal perang negara lain harus bisa diatasi secara profesional sesuai prinsip pelaksanaan operasi perdamaian dunia.

Terkait eskalasi konflik di Gaza, Indonesia belum berencana menarik pasukan perdamaian di Lebanon. Potensi bahaya asimetris di laut, seperti pembajakan dan perompakan, setiap saat bisa memicu instabilitas perdamaian antara Lebanon dan Israel, sehingga diantisipasi Satgas MTF ini.

Turut dilibatkan 16 prajurit non-ABK terdiri : 4 perwira penerbang ( pilot dan copilot ), 1 flight engineers, 4 air crew, 1 perwira kesehatan, 1 perwira intelijen, 1 perwira psikologi, 1 perwira penerangan, 1 perwira hukum, 1 bintara Kopaska, dan 1 bintara penyelam. Mereka diberangkatkan menggunakan KRI Diponegoro ( DPN )-365, menggantikan KRI Frans Kaisiepo-368 yang sebelumnya tergabung dalam MTF TNI Konga XXVIII-N / UNIFIL.

“Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Itu prinsip Satgas Indobatt”. Ewa Turyk ( Sector East Team Leader Civil Affairs Section from Department of Political and Civil Affairs ) bersama staf-nya, memaparkan kondisi terakhir Lebanon pada prajurit Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-R / UNIFIL, di Rub Hall UNP 7-1 Adchit Al Qusayr, Lebanon selatan ( 24/6/2024 ).

“Kita harus memahami aturan yang berlaku, budaya, serta adat istiadat. Seperti contoh kecil, memberikan salam saat bertemu penduduk lokal,” jelas Dansatgas. Team Civil Affairs menjelaskan kondisi Lebanon secara umum, baik ekonomi, politik, sosial budaya, dan kearifan lokal masyarakat Lebanon. Apalagi dihadapkan situasi konflik panas dan tegang saat ini di Lebanon. Kegiatan yang boleh dan tak boleh dilakukan dalam melaksanakan tugas, terlebih saat berhubungan dengan masyarakat.

* TNI membantah kabar pangkalan pasukan perdamaian PBB di Lebanon kena mortir Israel, dan memastikan prajurit aman. Prajurit TNI di Lebanon dilatih evakuasi diri sejak konflik Hamas-Israel pecah. Terkait eskalasi konflik di Jalur Gaza, prajurit TNI di Lebanon siaga dan waspada.

KEKUATAN RELAWAN INDONESIA.

BKPRMI ( Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia ) siap mengirim 1.000 kader terlatih Brigade Masjid untuk membantu TNI menjaga keamanan dan membantu pengungsi di Gaza, Palentina. Para kader Brigade Masjid memiliki keahlian di bidang kesehatan, rehabilitasi, dapur umum, dan trauma healing. “Merekalah yang selama ini kita terjunkan di lokasi bencana seperti banjir, gempa bumi, tsunami di Aceh, Yogyakarta, Palu, dan Nusa Tenggara Barat ( NTB ), Sumbar, kata ketum DPP BKPRMI Datuk H. Said Aldi Al Idrus.

* Warga dan anak Palestina kelaparan, kehilangan anggota keluarga, rumah hancur, sehingga harus tinggal di kamp pengungsian dengan kesedihan yang mendalam.

Menurutnya, BKPRMI telah menyalurkan bantuan ke Gaza sebesar Rp 6 miliar lebih dari hasil sumbangan masyarakat dan DPW, DPD, ustaz, ustazah, santri BKPRMI se-Indonesia, termasuk air bersih bagi pengungsi di Gaza Utara sejak 4 bulan. Namun kurang sempurna jika BKPRMI tidak turun langsung membantu warga Palestina. “Kalau diizinkan pemerintah RI dan PBB, kami akan mengirimkan kader terlatih ke Gaza,” kata ketum Dunia Melayu Dunia Islam ( DMDI ) Indonesia ini.

Said Aldi kembali menegaskan BKPRMI sangat mendukung langkah dan kebijakan jaksa mahkamah pidana internasional yang mengeluarkan surat perintah penangkapan perdana menteri Israel – Benjamin Netanyahu untuk bertanggung jawab atas kejahatan perang dan kemanusiaan.

KLAIM SEJARAH PENDIRI ZIONIS

Peta Israel Raya baru-baru ini memicu kontroversi luas di berbagai platform media sosial, karena ditampilkan dalam lencana prajurit Pasukan Pertahanan Israel ( IDF ). Peta itu tak hanya mencakup wilayah Israel, tapi juga Palestina, Lebanon, Suriah, Irak, Mesir, Yordania, dan Arab Saudi ( Iran yang gigih membantu Suriah dan Hamas malah tak termasuk ).

Agenda ekspansi Zionis Israel hasil interpretasi orang Israel mengenai gambaran tanah bersejarah dalam ‘Alkitab’ ( yang sudah diplintir pendeta sesat Yahudi, karena dengki dengan kebenaran risalah Al- Qur’an yang diturunkan Allah melalui Nabi Muhammad, untuk menyempurnakan 2 agama keturunan Ibrahim sebelumnya ).

Bapak Zionisme – Theodore Herzl menyebut negara Yahudi terbentang dari Sungai Mesir hingga Sungai Eufrat : Palestina, Lebanon selatan ( sampai ke Sidon dan Sungai Litani ), Dataran Tinggi Golan Suriah, Dataran Hauran dan Deraa, Jalur kereta api Hejaz dari Deraa ke Amman – Yordania, serta Teluk Aqaba.

Wilayah Israel Raya versi tokoh zionis lain : wilayah lain dari Sungai Nil di barat hingga Efrat di timur (  Lebanon, Suriah bagian barat hingga Turki bagian selatan ).

Wilayah Israel Raya dalam lencana seragam IDF yang beroperasi di Gaza, meliputi : Palestina, Yordania, Lebanon, sebagian Suriah, Irak, Arab Saudi, hingga Mesir.

*** Anda sudah bisa menyimpulkan berapa lama perang ini akan berlangsung, dan siapa pemenangnya ?

Rasulullah bersabda, “Kalian akan perangi jazirah Arab ( dulu Syam, yang kini diklaim zionis sebagai Israel Raya mencakup Palestina, Lebanon, Mesir, Yordania, Suriah ) sampai Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian ( kalian perangi ) Persia ( Dajjal, raja fitnah yang memimpin zionis Yahudi, nanti muncul di Iran timur ) sampai Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian kalian perangi Ruum ( negara ex-Romawi ) sampai Allah menangkan kalian atasnya. Kemudian kalian perangi Dajjal sampai Allah menangkan kalian atasnya.” ( HR. Muslim ).

PANGLIMA BESAR JENDERAL SOEDIRMAN. Bertahan dengan satu paru sampai kapan ?
https://youtu.be/pBAVoq3uyPA

SOEDIRMAN DIGELARI PAHLAWAN NASIONAL. Kapan ?

29 Januari 1950, hari tak terlupakan bagi rakyat Indonesia, karena di hari itu, seorang pahlawan Indonesia wafat dengan meninggalkan jejak perjuangan luar biasa dalam sejarah Indonesia. Terlebih hanya dengan satu paru-paru. Kapan dan bagaimana akhir beliau ? Lanjut ..
https://youtube.com/shorts/-N6fbaUE6jo

UPDATE DEMOKRASI & HUKUM RI.

* Tak ada bukti sidik jari PS di balok yang mematikan Vina-Cirebon.
https://youtube.com/shorts/iC_2NNF-SoI?si=xnL4TxHIBzt94kKP

* Perkara PS / Vina Cirebon, fiktif atau sungguhan ? Martir terkait oknum APH di jaringan narkoba ?
https://youtube.com/shorts/lI9
QNDc9VpY?si=JIhzaGl-GkjtD4Ih

UPDATE LUAR NEGERI :

* Menghadapi Israel, Hizbullah menyiapkan 100.000 pasukan,  belum termasuk pejuang asing.

* Perang besar-besaran dimulai. Israel menggempur Hizbullah di Kota Khiam, Lebanon Selatan. Menlu Israel mengancam Hizbullah akan hancur dalam perang.

* 10 anggota keluarga bos Hamas tewas dalam serangan Israel di Gaza.

* Netanyahu sesumbar, pertempuran sengit melawan Hamas akan segera berakhir.

* Pakar PBB memberi peringatan perusahaan yang jual senjata ke Israel.

* Greater Israel adalah ideologi Zionis yang ingin meluaskan kekuasaan hingga Mekah dan Madinah.

* Di Gaza, tentara Israel diserang infeksi jamur mematikan.

* Konflik di Gaza mereda, Netanyahu bersiap kirim pasukan lawan Hizbullah.

* AS tidak tenang, dan mengingatkan serangan Israel ke Hizbullah bisa picu murka Iran.

* Sinyal perang Israel-Hizbullah, PBB berharap Lebanon tak bernasib sama dengan Gaza.

* Maskapai penerbangan Kuwait telah berangkat ke Lebanon untuk mengevakuasi warganya, sehari setelah negara Teluk itu mengulangi seruan agar warganya meninggalkan Lebanon, karena situasi keamanan. Maskapai Kuwait Airways ( 22/6/2024 ) telah mengirimkan pesawat besar pertama yang mengevakuasi warga negaranya dari Lebanon, karena kuatir eskalasi militer antara Hizbullah dan Israel meningkat. Mereka juga meminta warga yang saat ini berada di Lebanon, yang tak memiliki keperluan mendesak untuk pergi dari sana, sesegera mungkin. Maskapai nasional Kuwait tersebut berterima kasih pada otoritas terkait atas kerja sama mereka dalam memulangkan warga negara Kuwait dari Lebanon.

* Ilmuwan Jepang temukan cara membuat wajah robot lebih realistis dengan sel kulit hidup.

* AS menarik kapal induk Eisenhower usai melawan Houthi berbulan-bulan, digantikan Theodore Roosevelt.

* Sekjen Guterres murka Israel menuding PBB mendukung Hamas.

* Hampir seluruh warga Gaza didera kelaparan ekstrem karena blokade Israel.

* Tentara Israel ikat warga Palestina terluka di kap jip yang berjalan.

* 21 ribu anak hilang dalam serangan Israel di Gaza.

* Luluh lantak kamp pengungsi Al-Shati dibombardir Israel.

* Sara Netanyahu menuding para pemimpin militer Israel berupaya mengkudeta suaminya.

* Hamas mempersenjatai diri lagi dari bom Israel yang belum meledak di Gaza. Merespons klaim kemenangan Israel, Hamas memamerkan rudal panah merah.

* Turki bilang, Siprus menjadi pangkalan militer yang menargetkan Gaza.

* Setelah menyerang Krimea, rudal ATACMS AS disebut mengalahkan S-500 Rusia untuk pertama kalinya.

* Guru Arab Saudi dipenjara 20 tahun atas tuduhan menghina keadilan Raja Salman dan agama.

* Meningkatnya polusi udara di China, memperparah angka kematian masyarakat.

* Pendiri WikiLeaks – Assange tiba di pengadilan AS.

* Bikin nggak sabar, Song Joong Ki dikabarkan membintangi drakor baru dengan Chun Woo Hee.

UPDATE DALAM NEGERI :

* TNI AD menyiapkan pasukan dan alutsista untuk dikirim dalam misi perdamaian Gaza.

* KPK mengusut dugaan korupsi pengadaan bansos presiden tahun 2020.

* Tangis warga untuk prajurit Yonif 623, meninggalkan Maybrat usai 14 bulan menumpas OPM / KKB.

* Panglima TNI menemui kastaf pertahanan Italia, bahas rencana kapal ITS Amerigo Vespucci merapat ke RI.

* Tim siber mencek dugaan peretasan data Bais TNI.

* Perancis menjamin kelangsungan suku cadang alutsista yang dibeli Indonesia.

* KPK menduga pengadaan lahan di Rorotan oleh Perumda Sarana Jaya merugikan negara Rp 200 miliar.

* Kasus rekayasa jual beli emas Budi Said, Kejagung memeriksa 3 pegawai pajak.

* Sudahi manual, waktunya rekapitulasi pemilu elektronik.

* Saksi mengungkapkan perubahan konstruksi tol MBZ dari beton menjadi baja untuk membantu industri baja nasional.

* Divonis 9 tahun penjara di kasus LNG, Karen Agustiawan banding.

* Kominfo mengaku tak takut terhadap peretas PDN yang minta Rp 131 miliar, dan mengklaim pegawainya kerja 24 jam. Komisi I DPR memanggil Menkominfo dan BSSN, menuntut penjelasan soal PDN diserang. PDN diretas, Ombudsman bilang, yang produksi Ransomware ini harus dicari dan ditangkap. Pusat Data Nasional ( PDN ) diretas, pengamat bilang Kemekominfo-BSSN harus dipimpin orang kompeten.

* Meminjamkan nomor rekening ke pelaku judi “online” bisa dipidana. Satgas mengantongi identitas pemain judi online, bandar belum jadi prioritas. Terkait uang dalam rekening terkait judi online akan masuk kas negara, Polri bilang, masih dikoordinasikan.

* Soal pengiriman pasukan perdamaian ke Gaza, Kemlu bilang, tunggu mandat PBB.

* Kebakaran gudang elpiji di Denpasar, 18 korban meninggal dunia.

* Mantan dirut Pertamina – Karen Agustiawan divonis 9 tahun penjara.

* Polri gandeng BSSN mendalami gangguan server pusat data nasional Kemenkominfo.

* Kemenparekraf mempercepat pembiayaan usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dengan IP.

* PDIP mengantongi 8 nama untuk pilkada Jakarta, tanpa RK.

* Pemprov DKI monaktifkan NIK warga, terkait pilkada Jakarta ?

* Makan siang gratis sedot anggaran Rp 71 triliun, proyek IKN jadi korban ?

* Masyarakat perbatasan menjadikan anggota TNI Satgas Pamtas Yonif 111 / KB bagian dari keluarga kecil mereka.

* Minggu kasih di hari penuh berkah, Satgas Yonif 323 Kostrad membagikan bubur.

* Satgas Yonif 503 Kostrad melaksanakan komunikasi sosial di Kampung Mumugu sambil berbagi makanan pokok.

* Satgas Yonif 509 Kostrad berbagi keceriaan di Kampung Holomama, Intan Jaya.

* Mendatangi Honai warga, Satgas 323 Kostrad membagikan sembako.

* Komandan Lanud Husein Sastranegara anjangsana ke warga Citepus, Kelurahan Padjajaran Yonif 200 / BN membantu warga membangun masjid di Desa Pulokerto.

* Personel Lanud Adi Soemarmo berpartisipasi dalam donor darah di The Sunan Hotel, Solo.

* Untuk meningkatkan keimanan Ksatria Mayangkara melaksanakan ibadah Minggu bersama warga Batas Batu.

* Kodim 0707 / Wonosobo mensukseskan donor darah HUT Bhayangkara ke-78.

* Pos Mbua Satgas Yonif 432 Kostrad melaksanakan Program GO SPP untuk memerangi masalah sandang, pangan dan papan di Nduga atas.

* Satgas Yonif 509 Kostrad melaksanakan kegiatan Peduli Anak di kampung Intan Jaya, Papua.

* Satgas Yonif 721 / Mks berbagi kebahagiaan dengan mengajak masyarakat Papua panen ikan bersama.
 
* TNI AL Kerahkan Kapal Korvet dan Helikopter Panther Ikuti Latihan dengan 47 Negara di India. (  @Puspen_TNI : Pusat Penerangan TNI  ).

* Gula lokal kalah saing dengan impor, target swasembada 2028 bisa ?

* Jabar provinsi paling banyak pemain judi online dengan transaksi Rp 3,8 triliun.

* Firli berkelit soal Rp 1,3 miliar dari SYL : Bohong !

* Pertimbangan hakim tak hukum Karen Agustiawan uang pengganti korupsi LNG. Hakim membebankan pengganti USD 113 juta USD kasus Karen Agustiawan ke perusahaan AS.