Great People & City

Masyarakat Madani di Kota Manusiawi

Samsat Online & Samsat Keliling : reformasi Polri. Gampang & cepat.

with 225 comments

pangandaran

Pasir putih pantai Pangandaran. Terlihat nyaman diselonjori. Asal tak ada tsunami. Urus perpanjangan STNK, tak usah ke Bandung. Mungkin ada mobil Samsat keliling, ngetem tak jauh dari situ. 5 menit saja. Selanjutnya, anda bisa lanjutkan perenungan anda. Asyik, kan ?

Kendaraan anda berplat “F” ( Bogor ), tetapi kerja di Kota Bandung ? Anda bingung harus memperpanjang STNK, sementara anda tidak bisa pulang karena pekerjaan ? Tak perlu risau. Anda kini bisa mengurus perpanjangan STNK tanpa harus pulang kampung. Cukup mendatangi Samsat setempat dan mengurusnya. Umur STNK anda pun bertambah.

Kemudahan tsb bisa mulai dimanfaatkan di seluruh Samsat di Jabar sejak Selasa ( 12/1/2010 ). Peluncuran digelar di halaman kantor Dispenda Jabar yang sekawasan dengan Samsat Bandung Timur. Peluncuran “Samsat Online” dipimpin langsung Kababinkam Mabes Polri Komisaris Jenderal Iman Haryatna, selaku pembina samsat. Selain Samsat Online, acara itu sekaligus meresmikan Samsat Keliling untuk 5 polwil di Jabar.

Samsat Online dan Samsat Keliling merupakan bentuk implementasi program Mabes Polri di Polda Jabar. “Layanan ini juga merupakan bentuk reformasi Polri. Jadi polisi tidak perlu lagi bersentuhan dengan uang, tetapi murni pelayanan kepada masyarakat,”kata Iman. Pemda tak perlu khawatir pendapatan daerah akan berkurang. Justru dengan pelayanan yang kian prima, masyarakat kian antusias untuk membayar pajak dan STNK secara resmi. Apalagi jumlah kendaraan dari tahun ke tahun terus bertambah, tambah Iman.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, menandaskan, adanya Samsat Online dan Samsat Keliling, layanan bisa menjangkau wilayah terpencil.”Apalagi dengan dibantu 7 kantor samsat baru, yaitu di Bandung Tengah, Subang, Ciledug, Soreang, Cimahi, Cinere dan Banjar serta ditambah 5 mobil Samsat Keliling. Itu kian menjangkau masyarakat di daerah terpencil.”

5 menit beres, Rp.104.000, termasuk asuransi. Jadwalnya di lodaya.web.id

Kadispenda Provinsi Jabar, Bambang Herianto, mengatakan, Samsat Online dan Samsat Keliling hanya bisa melayani perpanjangan STNK tahunan. Persyaratan cukup Surat Ketetapan Pajak Daerah ( SKPD ), STNK kendaraan dan KTP dan KTP asli, dengan catatan ; nama pemilik kendaraan dan KTP sama.”Targetnya, 5 menit bisa beres.” Untuk Samsat Keliling, ada 5 mobil yang difungsikan. Lima mobil itu disebar di 5 polwil, yaitu Polwiltabes Bandung, Polwil Bogor, Polwil Cirebon, Polwil Purwakarta, dan Polwil Priangan. Sebelum disebar, mobil Samsat Keliling sempat difungsikan di halaman Samsat Bandung Timur. Tentang keberadaan mobil Samsat Keliling saat bertugas nanti, bisa menghubungi samsat di masing2 wilayah. Masyarakat bisa mengecek di situs web http://lodaya.web.id.

Beberapa warga, Selasa kemarin, terlihat memanfaatkan fasilitas tsb. Salah satunya, Buchori ( 38 ), warga Jalan Sukamulya.”Saya tadi mau masuk. Tetapi saat parkir, ada mobil Samsat Keliling. Ya, sudah saya coba. Tidak sampai 10 menit sudah jadi. Biayanya pun sesuai dengan pajak yang tertera di STNK motor Honda Supra saya, yaitu Rp.104.000,-.Sudah termasuk asuransi,”katanya. ( PR, 13/1/2010 )

Komen A.Savitri :

Kabar gembira. Yang berplat nomor Jawa Barat ( Z, F, D, dll ) bisa memperpanjang STNK, membayar pajak tahunan di mana saja, di wilayah provinsi Jabar. Warga Bandung yang lagi asyik berjemur di pasir putih di Pangandaran, tak perlu berkendara 6 jam ke Bandung untuk mengurus STNK. Cek dulu area sekitar. Mungkin ada mobil Samsat Keliling yang lagi ngetem menanti anda. Atau tanyakan ke penduduk, di mana kantor Samsat terdekat. Urus 5 menit, lalu kembali bercengkerama dengan teman atau keluarga. Atau juga monyet2 hutan lindung Pangandaran, jika anda sedang sendirian. Lone ranger. Mencari inspirasi.

Per lima tahun, pengurusan STNK harus kembali ke Samsat asal. Nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda harus digesek di stiker yang diberikan petugas. Bawa kendaraan anda ke Samsat tsb, karena petugas akan mengecek. Yakinkan diri, kendaraan anda bukan curian atau dari penadah. Maklum, aksi curanmor masih banyak. Setahu saya, di Bandung saja, bisa 50 kendaraan perhari hilang digasak sindikat. Pengamanan ganda dengan alarm dan kunci stang. Atau bisa mencoba cara Mr.Bean atau pembalap Formula, yang membawa sekalian setir kemudi. Buat orang kehilangan hasrat mencuri kendaraan anda.

5 menit per kartu per orang, jika tidak bertumpuk, janji pak Bambang. 33 gedung Samsat yang ada di Jabar sudah distandarisasi ISO 2010. Lima kendaraan operasional akan mendatangi sentra2 penduduk. Warga di daerah terpencil dapat dilayani dengan kerjasama/ komunikasi dengan pihak aparat desa, kecamatan, polsek, polres setempat. Tanyakan saja ; kapan mobil keliling Samsat main ke rumah ? ( maksudnya, kantor atau lapangan desa ).

Adanya Samsat Keliling dan Samsat Online ini dimaksudkan untuk mengurangi / menghapus praktek percaloan, mempermudah masyarakat mengurus STNK, memperbaiki administrasi ( tahu realtime terjadinya pembayaran di seluruh Jawa Barat ) dan menampilkan profil pemerintah yang transparan. “BTC Outlet” di Bandung Trace Center, Jl. Pasteur, dulu online-nya hanya Samsat induk. Kini sudah Samsat se-Jawa Barat. Kota pengaduan untuk layanan Samsat Online ? Dial saja ke nomor : 022-7514525. Interesting.

Samsat ka Bumi : STNK diperpanjang dari sofa kesayangan anda.

Samsat ka Bumi ( rumah ). Bapak2 polisi yang baik hati siap menjemput berkas SIM ke rumah anda. Jemput bola demi kenyamanan/ waktu anda.

Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK ) anda hampir habis masa berlakunya, tetapi tak ada waktu ke Samsat ? Tak perlu risau. Kini, anda tak perlu beranjak dari sofa empuk anda untuk mengurusnya. Cukup hubungi nomor 022-7507799. Esok harinya, petugas Samsat akan datang ke rumah mengambil berkas dan uang administrasi pengurusan STNK. Dalam beberapa jam, anda mendapat STNK baru, tanpa harus keluar rumah. Itu janji Samsat Bandung Timur, yaitu Samsat ka Bumi ( Samsat ke Rumah ). Dirlantas Polda Jabar Jabar, Kombes Agung Budi Maryoto, didamping Kasi STNK Samsat Bandung Timur, Komisaris Dwi Asmoro mengatakan, layanan itu dimulai hari Kamis ( 19/11/2009 ).”Untuk sementara, layanan ini hanya bagi kendaraan pribadi dengan pelat nomor Kota Bandung. Ini khusus perpanjangan per tahun. Kalau yang lima tahunan, tetap di kantor, karena harus ada pengecekan nomor rangka dan mesin.”

Saat ini, telah disiapkan 6 petugas berkendaraan sepeda motor, yang sudah dilatih khusus selama beberapa minggu sebelum diturunkan ke lapangan. Mereka akan terpusat di Samsat Bandung Timur. Tugas ke 6 petugas lapangan itu ; mendatangi konsumen yang masuk daftar, mengecek berkas2 kelengkapan kendaraan, kemudian membawanya ke Samsat untuk diproses. ( PR, 19/11/2009 ).

SIM Keliling : Rp 60.000,- plus fotokopi KTP, SIM asli, dapat SIM baru, hari itu juga.

Polres Kota Cimahi menggelar program layanan pembuatan surat izin mengemudi ( SIM ) keliling untuk warga Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat. Layanan itu berlangsung di 2 lokasi selama 2 hari, yaitu di Alun2 Kota Cimahi ( 2/12/2009 ) dan Gerbang Kota Baru Parahyangan ( 3/12/2009 ). Keberadaan layanan tsb untuk memudahkan masyarakat memperoleh SIM, khususnya SIM A dan SIM C. Pada hari pertama, puluhan masyarakat tampak mengantre di depan mobil SIM Keliling. Ada yang sengaja datang, ada pula yang kebetulan lewat.

Proses yang cepat, tidak ribet itu membuat masyarakat antusias dengan keberadaan layanan tsb, dibanding harus mendatangi Mapolresta Cimahi. Seperti diakui, Dindin ( 69 ), warga Kelurahan Padasuka, Cimahi Tengah, yang merasa lebih cepat di layanan SIM Keliling dibanding kantor polisi. Kanit Registrasi dan Identifikasi Satlantas, Polres Kota Cimahi, Inspektur Dua Suharto, mengatakan, mereka telah melakukan sosialisasi sebelumnya, agar dapat dimanfaatkan warga secara optimal. Dalam layanan tsb, mereka tidak menentukan kuota. Layanan dibuka sejak pukul 9.00 WIB hingga selesai. Sekitar 50-60 orang ikut merasakan layanan tsb tiap harinya. Mereka datang membawa fotokopi KTP dan melampirkan SIM asli. Setelah tes kesehatan, foto langsung di tempat dan membayar Rp.60.000,- mereka mendapat SIM baru, hari itu juga. Yang SIM-nya kadaluarsa, lebih setahun, harus mengurus SIM ke Mapolresta. ( PR, 3/12/2009 )

About these ads

Written by Savitri

19 Januari 2010 at 13:19

Ditulis dalam layanan publik, regulasi

Tagged with ,

225 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. BPKB 8 Bulan Belum jadi

    indahnya

    5 November 2013 at 07:15

  2. pak saya sudah perpanjang stnk 5 tahun tetapi stnk di samsat jakarta timur sedang kosong hanya surat ketetapan pajak saya yang saya terima. Belum ada kompirmasi kapan stnk dapat kami ambil. petugas loket hanya bilang dua bulan lagi ? bagaimana pak saya bisa mendapatkan informasi stnk sdh tersedia di samsat jak-tim. mohon masukannya. terima kasih.

    fery ardiansyah

    26 September 2013 at 11:59

  3. @ Tani.Mulyo : tidak, mesti bikin KTP dulu.

    Savitri

    23 September 2013 at 15:56

  4. Selamat malam pak.
    Saya ingin membuat sim c umur saya 17 tapi belum punya ktp.
    Kira kira bisa tidak pak

    tani.mulyo

    14 September 2013 at 21:04

  5. Mau tanya Pak samsat bandung timur ada program pemutihan stnk nggak until tahun ini apa tahun depan, trimakasih tolong balas me email saya

    Arno

    16 Agustus 2013 at 01:38

  6. SELAMAT PAGI. mau info jam operasional samsat jak-tim bulan agustus ini buka dan tutup libur lebaran dan beroperasi lagi tanggal berapa ? terima kasih

    fery

    1 Agustus 2013 at 08:50

  7. pa saya mau memperpanjang kendaraan bermotor, tapi alamat rumah sudah pindah tapi dalam satu wilayah bandung barat, apakah harus BBN ?

    endang@tf.itb.ac.id

    18 Juni 2013 at 10:39

  8. Met Pagi Menjelan Siang.. Maaf Numpang tanya ? Kira kira Habis Berapa bikin SIM A .. Di Wilayah BREBES JATENG

    Lucky Dika Saputra

    28 Mei 2013 at 10:04

  9. Nama saya supar.simA saya sdh mati 3th…
    Apakah saya msih bisa memprpnjng simA saya??
    Dan berapa biayanya??

    supardal

    24 April 2013 at 11:29

  10. Mau minta tolong klo biaya cabut berkas dr wonosobo brp biayanya? Apa tiap karesidenan beda biaya? Trims….saya tggu jawabannya

    muhammad syah reza

    15 April 2013 at 16:52

  11. @ Wandi : Ini ada jawaban bagus dari Heri Laregrage
    Prosedur Perpanjangan SIM C
    Membuat sim jika melalui prosedur normal terbilang murah sekitar Rp 100.000 untuk jangka waktu 5 tahun. angka 100.000 itu adalah angka pembulatan, mungki bisa lebih murah dari itu. berdasarkan pengalaman pribadi untuk memperpanjang SIM total biaya yang dikelurakan adalah Rp 90.000 dengan rincian Rp 75.000 untuk biaya resmi perpanjangan SIM C, sedangkan untuk (SIM A Rp 120.000), dan Rp 15.000 untuk biaya kesehatan (penerbitan surat keterangan sehat dari dokter), biaya photo kopi ktp 1 lembar dan transportasi ke Polres tidak termasuk hitungan.
    adapun syarat perpanjangan SIM harus melampirkan :
    SIM Asli
    Photo kopi KTP
    Surat keterangan sehat dari dokter.
    Setelah berkas disatukan dalam map yang disediakan oleh Polres, kita diminta ke bagian arsip untuk mengambil arsip permohonan pembuatan SIM, dan arsip sidik jari, serta keterangan2 lain yg pernah kita lengkapi pada saat awal pembuatan SIM. Setelah berkas ketemu maka diserahkan ke kita dan berkas tersebut diserahkan ke loket pendaftaran perpanjangan. Setelah itu tinggal nunggu panggilan untuk prosedur selanjutnya.

    Prosedur selanjutnya kita diminta membayar ke Bank untuk biaya perpanjangan sebesar Rp 75.000. Setelah itu kita dikasih resi pembayaran dan dipanggil ulang untuk melengkapi form pengajuan perpanjangan dan setelah terisi, berkas kita kembalikan ke loket pedaftaran.

    Sekarang tinggal menunggu panggilan terakhir untuk pemotretan dan cetak kartu SIM baru. Mudah bukan ?
    Ingat jangan sekali-kali memakai jasa pihak ketiga alias Calo. Hanya membutuhkan waktu kurang lebihnya 3 jam dari pertama dateng sampai keluar SIM baru atau bisa lebih cepat dari itu, tergantung tim yang melayani proses perpanjangan SIM.

    Sedangkan untuk untuk pembuatan baru, harus melengkapi dengan tes sidik jari dan tes ujian tulis serta praktek. Biaya pembuatan baru sebesar Rp 120.000 untuk SIM A dan Rp. 100.000 untuk SIM C. Tempat ujian tulis dan praktek sudah disediakan dalam satu lokasi untuk memudahkan. Untuk pembuatan baru waktunya bisa sampai seharian.

    Agar anda tidak datang dengan percuma, maka cobalah datang lebih awal. Dikarenakan banyaknya orang yang mengajukan SIM baru ataupun perpanjangan maka beberapa Polres hanya menerima pendaftaran sampai dengan jam 11 siang.

    Selamat mencoba

    Savitri

    4 April 2013 at 21:19

  12. @ Azril : Wah, saya belum pernah ngalami yang begitu. Lebih baik, bawa data yg ada ke loket resmi samsat terdekat untuk mencari tahu solusi ( prosedur pengurusan dan biayanya ).

    Savitri

    4 April 2013 at 21:13

  13. @ Dina : Kalau seluruh samsat di Provinsi Banten sudah online, tentu bisa. Tangerang & Serang termasuk wilayah Banten.

    Savitri

    4 April 2013 at 21:07

  14. perpanjangan stnk roda 4 kab.tangerang dapatkan dibayar di samsat kota serang?

    dina

    30 Maret 2013 at 22:02

  15. @azril.
    slamat sore mba,.
    saya mw tanya bagaimana cara bikin bpkb n stnk baru untuk mobil,sedangkan bpkb n stnk lama tidak ada n tidak diketahui no polisi nya…
    tpi memiliki no polisi tni,..n milik anggota tni?

    azril

    22 Maret 2013 at 18:00

  16. saya mau tanya berapa biaya perpanjangan SIM C ?

    wandi

    22 Maret 2013 at 13:52

  17. pak saya mau tanya, berapa biaya perpanjangan sim ?
    terus satu lagi saya punya motor plat F Pelabuhan Ratu bisa gak kalo saya perpanjang di samsat Bogor Kota, dan ada biaya tambahan gak ?
    terimakasih sebelumnya.

    wandi

    21 Maret 2013 at 15:42

  18. @ Kholikin : setahu saya, Bekasi dan Kuningan masih dalam wilayah Jawa Barat. Sudah online, mestinya bisa. Tapi, kalau tanpa BPKB, jika perpanjangan STNK tahunan, mestinya tak perlu BPKB. Tapi ada juga samsat yang masih perlu menunjukan bukti kepemilikan tsb ( BPKP ). Semoga beruntung.

    Savitri

    10 Maret 2013 at 01:00

  19. siang bu.!saya mu tanya kl perpanjang STNK wilayah kuningan-jawa barat tapi mu byr daerah bekasi bisa g bu.?trus kl BPKBnya msh berada di perusahaan pinjaman dana tunai,bisa g tanpa BPKB.?

    kholikin

    3 Maret 2013 at 14:20

  20. @ Fathur : pengalaman saya, bikin SIM A di Bandung ya mesti pakai KTP Bandung. Ini soal pemasukan bagi daerah kepolisian tsb. Jika anda ber-KTP Jatim, jika belum punya KTP Cirebon, ya terpaksa anda ke Jatim dulu untuk membuat SIM. Setelah itu anda bisa menggunakan SIM itu di Cirebon, dan seluruh Indonesia.

    Savitri

    12 Februari 2013 at 06:12

  21. saya warga jatim tapi utk sementara saya tinggal di cirebon jabar,apa bisa saya bikin SIM A di cirebon dengan KTP jatim? kalo bisa gimana caranya? tolong dong!(fathur.2205@yahoo.co.id)

    fathur

    30 Januari 2013 at 12:53

  22. @ Wartono WB : Sama2 pak. Senang bisa membantu ..

    Savitri

    20 Januari 2013 at 07:43

  23. sya ada beli mobil baru toyota disurabaya untukpemerintahan tapi pelat hitam dan akan dibawa ke makassar dan rencananya akan diubah dimakassar menjadi pelat merah. yang mau saya tanyakan berapa harga mutasi dan cabut berkas. terima kasih

    ayub

    12 Januari 2013 at 22:19

  24. Selamat Siang ..
    Alhamdulillah .. Udah Selesai bayar pajak ,.. Prosesnya cepet,ngantrinya yg lama .. Tp ga apa2 yg penting bayarnya ga usah jauh2,di kantor samsat terdeket aja.

    Makasih banyak Mbak Savitri,berkat info anda saya ga perlu bolak balik banjar-ciamis ..

    Wartono WB

    2 Januari 2013 at 11:11

  25. @ Wartono : Sama2. Jawa Barat sudah online SAMSAT-nya. Tentu bisa, selama itu bukan pajak 5 tahunnya.

    Savitri

    24 Desember 2012 at 04:44

  26. Selamat malam pak,mw nanya nh .. Saya warga ciamis (selatan) tahun baru nanti,saya akan bayar pajak tp masalahnya ,jaraknya jauh gtu loh pak,dan juga saya bekerja d kota banjar dan denger2 sekarang SAMSAT sudah memakai sistem Online .. Pertanyaan saya : ” bolehkah saya membayar pajak kendaraan di SAMSAT kota Banjar?”

    Terima Kasih ..

    Wartono WB

    9 Desember 2012 at 18:42

  27. Selamat malan. saya mau tanya, apa bisa cabut berkas via online disamsat setempat meskipun nomer asli kendaraan saya jauh, misal surabaya gitu? mohon penjelasan. Saya dimalang sekarang

    Eko

    16 November 2012 at 23:21

  28. saya mw tanya kt 1462 kD,itu atas nama siapa and alamatnya dimn???

    Pa Gomex

    11 November 2012 at 00:51

  29. kapan di adakan sim & stnk keliling kab.subang
    kirim jadwal nya …

    Achev Vand Houttens

    8 November 2012 at 12:24

  30. @ Candra : kesadaran tiap birokrat berbeda tiap daerah, tergantung kualitas SDM-nya. Ada yg sudah bisa keliling tiap kecamatan, bahkan pusat2 keramaian yang banyak dikunjungi warga kota. Bersabarlah,.. dan terus suarakan pelayanan publik yang baik untuk warga, ya ..

    Savitri

    26 Oktober 2012 at 03:44

  31. samsat itu kaya raya setiap hari ada UANG masuk terus dari wajib pajak yang saya tanyakan sudahkah samsat memberi pelayanan yang terbaik kepada wajib pajak ,murah senyum ramah sopan seperti pelayanan di kantor bank negara,dan setiap pembayaran apa diberi kwitansi yang sah, selain stnk.apa tidak bisa samsat keliling itu rutin satu bulan sekali di setiap kecamatan -kecamatan,karena orang yang sudah sadar pajak harus dilayani ……………….

    candra

    13 Oktober 2012 at 22:05

  32. pak saya mau tanya kalau perpanjangan stnk apa harus ada ktp apa alasannya orang tersebutkan sudah terdaftar di samsat jelas.gimana bila motor yang dicuri itu diblokir saja pak,kalau jual beli harus langsung balik nama yang bersangkutan.selain 2 alasan ini apa lagi yg membuat ktp wajib,

    candra

    13 Oktober 2012 at 21:47

  33. slmt siang Pa. saya mau ngisi pajak plat ny udah abis th 2012, pajak ny 192 ribu, klo sama ganti plat nomor jadi brpa,?

    yadi suryadi

    8 Oktober 2012 at 10:34

  34. Mau tanya apakah kendaraan yang dijual pada bulan april sudah balik nama (ISUZU Panther TBR541 LM25, tahun 2004 Nopol L 1242 PE, pemilik lama PT. Unikargo Indotama Timur

    novi

    6 Agustus 2012 at 10:11

  35. Saya baru membeli mobil bekas dengan plat F Kotamadya Bogor, sedangkan saya tinggal di Kabupaten Bogor, jika balik nama harus tarik berkas dulu di Samsat Kotamadya atau langsung ke Samsat Kabupaten Bogor untuk Balik nama? terima kasih

    Mukti Hidayat

    7 Juni 2012 at 13:21

  36. sim saya sudah mati 3 bulan kena denda nggak ya

    siti habibah

    19 Mei 2012 at 11:36

  37. kira kira tanpa biaya kah kalau saya mau balik warna STNK dari silver ke warna hitam,,,karna bulan ini masih dalam program wali kota surabaya dalam rangka pemutihan,,,,tolong di jawab

    @mambo gibastio

    15 Mei 2012 at 03:53

  38. Bu mau tanya untuk BBN..
    Skr nama di BPKB & STNK terdaftar di samsat Bandung Timur, saya mau BBN ke nama saya yg terdaftar di KTP dan termasuk ke wilayah samsat Bandung Barat.

    Dimana saya harus mengurus BBN tersebut, apa bisa langsung di samsat Bandung Barat atau harus ke samsat Bandung Timur dulu?

    Thanks b4.

    ndu

    9 Mei 2012 at 11:48

  39. saya mau menanyakan keberadaan motor megapro L 2402 BD yang kata sang pembeli sudah di plat R kan kemana perginya motor bagus itu waktu itu atas nama yuni mukminati desa rungkut lor surabaya jatim

    candra poltabes poda metrojaya

    4 Mei 2012 at 17:10

  40. pak denger” balik nama lgi gratis bnr gk pak??????

    abdullah

    2 Mei 2012 at 15:07

  41. Kalau membaca berita ini jadi bingung… apakah ini hanya upaya pencitraan saja… ?
    Karena kenyataannya saya mengajukan cabut berkas mobil th 2010 di samsat kiaracondong harus membutuhkan waktu layanan 45 hari ?????
    Bahkan ketika saya meminta informasi lebih detail dari petugas tentang alasan begitu lamanya mengurus cabut berkas mobil, selain tidak profesional, tidak jelas & tidak pasti, juga dijawab dengan wajah ketus !!!

    rikaswara

    29 April 2012 at 14:15

  42. mohon bantuannya, saya ingin bayar pajak kendaraan di bandung untuk vw kodok th 71 plat B, tapi sekalian ingin bbn/mutasi dr plat B ke plat D (bandung). kira2 berapa estimasi biaya nya? catatan pajak kendaraan tsb sdh telat 3 bulan yg lalu dan bahwa pemilik (orang) yg lama sdh tdk ada? jd tidak ada ktp dr pemilik yg lama. (PKB yg tertera di stnk Rp. 183.600) terima kasih

    harist haryabuana

    16 April 2012 at 14:58

  43. mau tanya kalau pajak sepeda motor dari kota klaten di pajakkan di kota boyolali bisa tidak ya mohon pemberitahuannya ?

    mega

    14 April 2012 at 12:23

  44. pengalaman saya BBN di samsat Cimahi, sudah bagus, tidak ada pungli, namun pelayanan belum maksimal,sehingga konsumen banyak mengeluhkan akan pelayanan yang lama, birokrasi terlalu banyak, dan kurangnya sosialisasi mengenai pajak progresif sehingga membingungkan konsumen. tinggal pelayanan yang ditingkatkan, pengalaman saya sampai nunggu dari jam 10 s/d jam 3 untuk menyelesaikan proses pengambilan berkas BBN, yang diakibatkan kesalahpahaman antar personal Samsat tersebut. Perlu adanya pembenahan di area pelayanan. Trim,S

    taufan

    9 April 2012 at 21:51

  45. samsat bandung timur tgl 7 april buka ngga ya?/

    eko

    5 April 2012 at 12:02

  46. mau tanya…..

    stnk saya KalTim mau perpanjang stnk dari jawa bisa nggak ya….trima kasih

    suparlan

    29 Maret 2012 at 13:01

  47. Stnk saya Kaltim mau perpanjang di jawa. bisa ga?syarat2nya apa aja kalau bisa ,terima kasih.

    suparlan

    29 Maret 2012 at 13:00

  48. Mengapa bayar pajak tahunan (perpanjang STNK) TIDAK BOLEH menggunakan identitas paspor atau BPKB?(Kata petugas Samsat Giant Pasteur). Bayar pajak jadi terasa sulit karena harus mutasi dulu karena alamat KTP/SIM beda dengan STNK (padahal nopol masih sama-sama D).

    Fatimah

    20 Maret 2012 at 23:24

  49. Saya mu Bayar Pajak STNK Plat bandung. bisa Online ga? Habis tanggal 5 april. untuk samsat cimahi online gak?

    Rahmat Hidyat

    15 Maret 2012 at 13:34

  50. aturan yang tidak jelas tentang perpanjangan stnk, penjelasan nama sama , di ktp nama sama alamat beda ( alamat pertama kodya. alamat ke 2 kabupaten ) petugas sering mengatakan tidak bisa, terang paksa harus tembak ktp. jadi info aturan harus jelas untuk menghindari penyelewengan petugas2 yang tidak profesional, karena aturan samar.

    pran

    7 Maret 2012 at 23:06

  51. saya mau tanya tahun 2012 u BBn kendaraan bermotor di gratiskan kapan di wilayah samsat kediri kota ,jatimur
    trima kasih atas perhatiannya

    andi

    7 Maret 2012 at 10:53

  52. Hallo
    STNK motor saya baru saja hilang, plat F, atas nama istri, gimana ngurusnya? bisa nggak di samsat keliling?

    Budi Hotma

    4 Maret 2012 at 14:47

  53. saya memiliki motor GL-PRO thn 1993. sudah 6thn ini tdk hidup pajaknya. Mohon bantuan info dan saran agar pajak motor saya tsb bisa saya hidupkan kembali. Apakah bila ada jadwal pemutihan pajak kendaraan bermotor biaya yg saya keluarkan bisa lbh murah. terimakasih

    sigit agung

    26 Februari 2012 at 20:12

  54. kalau pemutihan (bebas denda) itu kapan ya??

    Hari Qobil

    24 Februari 2012 at 19:43

  55. saya mau tanya rencannya saya mo bli motor bekas satria fu tahun 2007 tpi berplat.nomor F sedangkan saya berlokasi di bandung .pajal dan stnk mtor tsb akan habis pada bulan 03 tahun 2012 yg saya mau tanya kan kira2 brp ya biaya penggantian pajak&stnk dan sekalian klo di ganti pemilik biayanya brp?syarat dan proaedurnya gmana .mohon tanggapannya

    rizalrevolver@gmail.com

    rizal

    24 Februari 2012 at 08:36

  56. Dicirebon diusulkan program itu biar mempermudah msyarakat cirebon menaati peraturan dan melengkapi perangkat peraturan

    mkk

    24 Februari 2012 at 01:13

  57. Saya dlu bwt SIM A dan C di kota salatiga setelah menikah saya pindah domisili di semarang,kira2 bisa tidak perpanjangan SI$ nya ttp di samsat salatiga saja,soalnya di semarang mahal dan antrean nya panjang

    ika puji lestari

    21 Februari 2012 at 18:04

  58. kehilangan SIM lapor dimana yah?

    wahyu restuningrum

    19 Februari 2012 at 20:59

  59. @ Edy Cisitu : Coba anda langsung ke loket, agar tidak tercegat calo. Bawa berkas lengkap. Boleh juga coba di Samsat drive thru di samping Carrefour Kiara Condong. Cuma 5-10 menit saja.

    Savitri

    14 Februari 2012 at 16:06

  60. @ eNNaL : Cara online itu petugas Samsatnya, bukan kita ( pemilik kendaraan ). Kendaraan anda sebaiknya dibalik nama ke domisili anda sekarang di Sidoarjo, jika akan tinggal lama. Sumbar dan Jatim beda provinsi, nggak bisa online.

    Savitri

    14 Februari 2012 at 15:55

  61. @ Prasetyo : Cirebon dan Bogor memang masih satu provinsi. Kalo anda ingin perpanjangan STNK yang setahun sekali, itu bisa dilakukan di Bogor atau pun Cirebon. Tapi kalo pindah alamat STNK, setahu saya ya seperti balik nama.

    Savitri

    14 Februari 2012 at 15:51

  62. @ Erwin : Bagaimana pak polisi dengan permintaan sdr.Erwin ini ? E-mail Erwin : purwawiguna@yahoo.co.id

    Savitri

    14 Februari 2012 at 15:45

  63. @ Agus Haryoko : Silakan yang tahu, bisa langsung menjawab ke e-mailnya Agus : aharyoko78@yahoo.com

    Savitri

    14 Februari 2012 at 15:42

  64. Numpang nanya boss.
    Sy Agus Palembang.
    sy mo beli mobil Avanza seri E VVTI thun 2007
    No Pol D1289 UY
    No Rangka MHFM1BA2J7K006502
    No Mesin DC 27766
    No BPKB E 5219849
    AN. JAMES JEFFRY

    Mohon Penjelasan akan keberadaan dan kebenaran kendaraan tsb. Atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih
    Semoga POLRI selalu yg terbaik.

    Agus Haryoko

    13 Februari 2012 at 15:39

  65. Kapan ya sim keliling mampir lg ke kabupaten sumedang? paling tidak seminggu sekali lah diberikan jadwal sim keliling untuk di kabupaten sumedang, akan sangat bermanfaat sekali bagi kami.

    erwin purwawiguna

    13 Februari 2012 at 10:21

  66. Saya punya mobil nopol E (Cirebon), dan sekarang saya sdh pindah rumah ke Bogor (nopol F). Untuk pengurusan pindah alamat STNK (nama tetap), apakah perlu cabut berkas di Cirebon ? secara Cirebon dan Bogor masih satu propinsi. Terima kasih infonya.

    Prasetyo

    7 Februari 2012 at 16:12

  67. saya mempunyai honda mega pro dengan pelat no BG/sumatra barat. bagaimanakah caranya untuk memperpanjang stnk dengan cara online. sedangkan tempat saya tingal saat ini di sidoarjo jawa timur. mohon bantuan_

    eNNaL

    6 Februari 2012 at 17:39

  68. @ Danu : mungkin untuk mengurangi resiko curanmor. Beli kendaraan bekas, ya ada BBN setelah itu, kalau tidak ya, pinjam KTP pemilik terdahulu. Apa boleh buat, itu resiko punya kendaraan. Ada keribetan yg harus dijalani.

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:32

  69. @ Lucki LH : masih sama2 Bandung, provinsi Jabar, rasanya nggak perlu BBN. Tapi kalau mau ya silakan. Yang jelas, kalau kabupaten Bandung Barat, dengan KTP Kodya Bandung ( Timur ) tidak bisa. Mesti KTP Bandung Barat juga. Atau sama2 Bandung Timur ( KTP & BPKP-nya ).Siapa yang tahu alamat Samsat Bandung Barat langsung ke e-mail Lucky di : luloopsda@yahoo.com

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:30

  70. @ Dadan : wah, saya baru tahu dari anda. BPKP biasanya bisa diambil 3 – 6 minggu setelah pembelian kendaraan. Juni 2012, kan masih 5 bulan lagi.Eh, anda yg BPKP-nya di leasing ?

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:17

  71. @ Atep : wah, kalau pemutihan, sepertinya sudah berlalu waktunya. 25 tahun ? Anda langsung ke loket resmi Samsat saja, ya. ( bingung juga, saya ngejawabnya ). Silakan, yang jawabannya lebih baik, langsung ke e-mail Atep di : ateproni97@yahoo.com

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:13

  72. @ Pakaian K.W : Ya, semoga kepolisian kita, makin bisa diandalkan.

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:08

  73. @ Syarif Hidayat : Saya sendiri mengurus sendiri di loket resmi di Bandung, cuma butuh proses 45 menit – 1,5 jam. Ya, kebetulan anda ketemu orang yang kurang profesional ( atau mungkin dikerjain ). Saya ikut prihatin.

    Savitri

    29 Januari 2012 at 14:07

  74. pelayanan samsat bandung sangat buruk, pengalaman saya utk pembayaran pajak dan BBNKB yg habis pajak tgl 23 Januari 2012 kami masukkan berkas tgl 20 Jan 2012 ternyata kami dikenakan denda dengan alasan utk proses perpanjangan perlu waktu panjang karena yg diurus bukan hanya 1-2 mobil saja (itu jawaban profesional dr petugas samsat) sehingga untuk perpanjangan pajak Vios thn 2009 makan biaya sebesar 4 juta. Himbauan saya kalau mau perpanjang STNK LAKUKAN 6 BULAN SEBELUM JATUH TEMPO karena jumlah mobil di bandung yg bayar pajak SANGAT BANYAAAAAAK agar tidak dikenakan denda.

    syarif hidayat

    27 Januari 2012 at 13:53

  75. Semakin lama polisi semakin berbenah demi kenyamanan consumennya (masyarakat indonesia)

    Pakaian Kerja Wanita

    25 Januari 2012 at 13:30

  76. mau tanya saya beli motor tua tapi udah telat selama 25 tahun pajak per tahunya sebesar 18.500 kota bandung barat,,,apakah masih bisa di perpanjang,,,???
    terus program pemutihan kendarana masih ada ga,,,??
    kalo masih ada itunganya gimana ya.???
    mohon bales ke email saya,,

    atep

    21 Januari 2012 at 11:59

  77. Saya baca ada bbn tangan ke dua grati bulan januari sd juni 2012,kalo bpkbnya masih di leasing gmna bisa

    Dadan

    21 Januari 2012 at 11:42

  78. Katanya skrg bbn gratis yaa?? Mobil saya wilayah bandung barat, mau saya bbn, tp ktp saya bandung timur..bisa ga?samsat bandung barat dmn ya?

    lucki lukmanul hakim

    18 Januari 2012 at 17:32

  79. @ Ana Sutiana : Cimahi dan Rancaekek masih satu provinsi Jawa Barat. Anda bisa memperpanjang STNK di Cimahi atau pun di Rancaekek. Mutasi, sepertinya tidak urgen. Biaya mutasi, ada yang tahu ? Silakan menjawab ke e-mail Ana : sutiana.AS@gmail.com

    Savitri

    18 Januari 2012 at 15:52

  80. @ Jaka Purnama : silakan yang tahu info terkini bisa menjawab di e-mailnya Jaka : pu2nkslank@yahoo.co.id

    Savitri

    18 Januari 2012 at 15:45

  81. @ Aiie : Cilacap dan Bekasi beda provinsi, jadi tidak bisa.

    Savitri

    18 Januari 2012 at 15:39

  82. @ Danu : silakan bapak yang terkait menjawab di e-mailnya Danu : anurama61@yahoo.co.id

    Savitri

    18 Januari 2012 at 15:38

  83. ass.saya mau tanya saya mau balik nama kendaraan dari wilayah cimahi pindah ke ranca ekek apa harus mutasi atau engga ya.kalo harus mutasi kira2 brp ya biayanya….trms.wass.

    ana sutiana

    13 Januari 2012 at 22:04

  84. mau nanya donk, klo biaya perubahan warna motor berapa? klo skalian ganti nama brp? prosesnya brp lama? trmksh.

    Jaka Purnama

    27 Desember 2011 at 11:00

  85. Askum..
    Maaf…mtr sya plat R/cilacap sya skrng tgl di bekasi,bisa g kalo perpanjang’a STNK di bekasi aja…

    Aiie

    11 Desember 2011 at 11:25

  86. mf buat bapak petugas yg trkait, saya ingin bertanya, knapa bayar pajak kndaraan harus membawa KTP asli? sementara banyak pemilik kndaraan bukan atas nama peribadi. contoh kredit kendaraan bekas. sementara untuk membawa KTP pihak pertama banyak kndala maupun kesulitan. mungkin rinkasan pertanyaan saya, bisa bapak pahami, dan mohon penjelasan nya. terimakasi.

    danu

    10 Desember 2011 at 22:56

  87. @ Rdamputra Jaya :
    Mulai dari prosedur awal : membuat STNK baru. Petunjuk ada di loket resmi samsat ( bukan samsat online, tapi samsat tempat nomor kendaraan anda dikeluarkan ). Sama2.

    Savitri

    29 November 2011 at 12:24

  88. @ Dwi Heryanto :
    Yg tahu jawabnya silakan email ke dwi : dwihermt@yahoo.com

    Savitri

    29 November 2011 at 12:21

  89. @ Ivan Pauzi : Bandung Barat bisa pake samsat online ( samsat se-Jabar ). Datang deh ke Samsat, syaratnya tertera di loket resmi. ( bawa BPKP, KTP, STNK, kendaraan untuk digesek petugas no rangka & mesinnya ).

    Savitri

    29 November 2011 at 12:19

  90. @ fighy : pajak tahunan selama masih satu provinsi bisa ( yg sudah online ). Telat 1 bulan, kena denda. Mungkin anda bisa pinjam sebentar KTP pemilik ( alamat tertera di STNK ). Bandung dan Sumedang, sama2 di Jabar kan ? Sama2.

    Savitri

    29 November 2011 at 12:15

  91. Asslmlkm.. Saya mau tanya.apa bisa saya bayar pajak tahunan diluar kota. Tp pajaknya telat 1 bln.ini mgkn byar pjkn prtma,kr motr thn2010.trs ktp pmlk sblmnya g ada.. Gmna apa bisa?kr nopolnya kotamdya bandung,mau bayar pajak di sumedang..mhn bntnnya..mksh sblmnya.

    fighy

    27 November 2011 at 19:09

  92. mau tanya kalau samsat bandung barat alamat nya di mana ia……
    saya mau memperpanjang STNK mobil DX, dan kalau pake samsat online bisa ga?
    syarat2nya apa aja, mohon informasinya secepatnya…….????

    ivan pauzi

    27 November 2011 at 14:34

  93. mau tanya kalo pla nomor KT mobil Taft GT thn 90
    kalo balik nama ke bandung berapa biayanya ya…

    dwi Heryanto

    21 November 2011 at 07:52

  94. pak,septaria,mau tanya ni,pajak motor saya mati 5 thn bagaimana caranya saya bayar pajak Online dan ganti STNK,mhon petunjuk nya.terima kasih

    Rdamputra Jaya

    16 November 2011 at 13:34

  95. @ muhammad akbar : yang punya infonya, silakan e-mail muhammad di : lubis.akbar@gmail.com

    Savitri

    8 November 2011 at 15:14

  96. @ dany : jadwal yang di kota mana ? silakan yang tahu ke e-mail dany di : true9loves@gmail.com

    Savitri

    8 November 2011 at 15:10

  97. kalau mau mutasi dri slipi ke bogor
    kena biaya berapa?
    tolong infonya.

    muhammad akbar lubis

    7 November 2011 at 14:23

  98. saya ingin tau untuk sim keliling pada bulan ini ada ngga dan kpn trz di mana! Tolong ya konfirmasinya!

    dany

    3 November 2011 at 11:16

  99. @ Joko : nggak bisa, mesti ke Jakarta dan bayar denda.

    Savitri

    28 Oktober 2011 at 11:39

  100. @ Andri : silakan yang bisa menjawab detail ke email Andri di : treks_drie@yahoo.co.id

    Savitri

    28 Oktober 2011 at 11:35

  101. saya punya motor plat B (DKI) belum balik nama ,pajat telat 15 hari bisakah perpanjang di kota sukabumi

    joko kristiyanto

    26 Oktober 2011 at 20:24

  102. tolong info tempat pembayaran pajak motor di bogor,selain di kantor samsat polres yang di pemda?

    andri suhardi

    17 Oktober 2011 at 19:44

  103. Assalamu’alaikum. Terima kasih atas semua komentar dan penilaian dari semua wajib pajak dan warga negara RI khususnya yang ada di Jawa Tengah. Kami adalah pihak-pihak di balik Pembangunan Hardware dan Software Sistem Samsat Jateng Online dan Pelayanan-nya selama ini dari sejak berdiri. Kami menerima kritik dan saran membangun dari warga negara RI dan khususnya Jawa Tengah serta semua pihak yang terkait. Kesempurnaan adalah hanyalah milik Allah. Semoga Allah selalu memberikan Rahmat dan Ridlo-Nya kepada seluruh rakyat negara ini. Aamiin. Sekali lagi terima kasih. Sallam untuk rakyat RI dan Jawa Tengah khususnya. – BURHAN -

    MB Von Dalhar

    14 Oktober 2011 at 17:50

  104. @ Aris : wah, meski second, setahu saya tetap pakai KTP. Coba deh, anda datangi pemilik sebelumnya ( alamat tertera di STNK ), pinjam KTP-nya lalu urus perpanjangan STNK, atau sekalian balik nama sesuai KTP anda.

    Savitri

    14 Oktober 2011 at 15:18

  105. kalo tidak punya ktp atas nama pemilik ( beli mobil second) bisa perpanjang stnk tahunan apa tidak

    aris

    7 Oktober 2011 at 22:58

  106. @ john : silakan yang tahu biayanya e-mail ke sdr john di : johnedwardscute@gmail.com

    Savitri

    6 Oktober 2011 at 16:07

  107. @ Agnia Dreas : silakan yang mau laporan ke emailnya Agnia : aghniadreas@yahoo.com

    Savitri

    6 Oktober 2011 at 16:04

  108. saya ingin menanyakan perihal mutasi plat kuning ke plat warna hitam kira2 berpa biayanya?

    terima kasih.. mohon pencerahanya.

    john

    3 Oktober 2011 at 10:27

  109. tlng check data plat no B 2772 JC
    please urgent

    Agnia Dreas

    30 September 2011 at 09:09

  110. @ nico : harus ke jakarta.

    Savitri

    15 September 2011 at 11:31

  111. @ yony : silakan yang punya jadwalnya kirim ke e-mail sdr yony : excloudsoldier@ymail.com

    Savitri

    15 September 2011 at 11:30

  112. Sy beli motor di jkt,bpkbnya blm sy balik nama,dan bln oktober stnkny sdh hbs masa brlakunya,sedangkan mtr sdh saya bw ke sidoarjo.apa bisa perpanjangan&balik nama bs di lakukan di sidoarjo?

    nico

    13 September 2011 at 10:27

  113. tolong kirimin jadwal perpanjang sim keliling kabupaten bogor dung bwat bulan ini, makasih

    yony

    10 September 2011 at 08:37

  114. @ Karlina : biasanya kalau tanggalan merah, atau libur hari raya, ada perpanjangan waktu ekstra. Nggak didenda. Tapi, pas buka ( tgl 5 September ) harus segera diurus. Menurut pengalaman saya sih. Semoga begitu adanya.

    Savitri

    6 September 2011 at 13:12

  115. stnk motor saya berlaku sampai tgl 3 setember 2011,sedang tgl 3 kantor samsat ,mungkin masih libur masa hari raya,bagaimana apakah hari itu sudah kena denda.?

    karlina

    3 September 2011 at 16:04

  116. @ Ida Farida : moga2 setelah membaca komen anda, mereka memperbaikinya. Kalau seperti di supermarket, disumbangkan untuk yatim piatu, mau ?

    Savitri

    26 Agustus 2011 at 12:03

  117. @ Budi : Kalo mobil berplat B ( Jakarta ) hilir mudik di Bandung ( plat D ) biasa terlihat, terutama saat weekend. Kalo di Batam, saya kurang tahu persis peraturan di sana. Lebih baik, anda tanyakan pada samsat atau polisi lalu lintas di Batam, ya. Sama2.

    Savitri

    26 Agustus 2011 at 11:51

  118. adanya layanan samsat di mall semakin mempermudah khalayak ramai,terimakasih polri……cuma kalo ngeliat di samsat BTC, bagian pembayaran pajak (STNK) sudah mulai tidak tertib, para calon pembayar stnk berkerumun di luar & di dalam ruangan….mungkin bisa lebih tertib lagi ya biar enak dipandangnya…..Satu lagi, sudah lama saya perhatikan dan pengalaman saya berkali-kali bayar STNK di BTC, yaitu uang kembalian Rp.500,- selalu digenapkan tanpa pemberitahuan, misal pembayaran seharusnya Rp.164.500,- langsung dibilang “Rp.165.000,-“….bukan masalah lima ratus rupiah sih, cuma aneh juga nih ada oknum di Bank JB (BJB) yg suka uang lima ratus rupiah (jangan2 per orang)

    ida farida

    23 Agustus 2011 at 12:04

  119. bu, sya mau kerja di pulau batam dan bawa motor, tapi motor sya berplat nomor kabupaten Lumajang jawa timur. apa bisa beroprasi di batam ? mhon penjelasannya…! trimakasih

    budi

    17 Agustus 2011 at 20:13

  120. @ Imams : Tidak bisa. Alamat KTP dengan STNK harus sama. Silakan yang bisa menjawab biaya mutasi ke Subang, e-mail ke : isantosa@yahoo.co.id

    Savitri

    16 Agustus 2011 at 18:53

  121. @ Ujangaja : saya blogger, bukan petugas samsat. Soal telpon tidak diangkat, saya pernah jawab di komen2 terdahulu.

    Savitri

    16 Agustus 2011 at 18:45

  122. @ Rio Bima : Anda tanya ke samsat terdekat, apa di provinsi Kaltim sudah online ? Jika sudah, berarti anda bisa langsung mengurus perpanjangan STNK ( yang satu tahun ). Tapi kalau STNK hilang, setahu saya, anda harus ke samsat tempat nomor anda dikeluarkan. Syaratnya bisa anda baca ( ditempel ) di loket.

    Savitri

    16 Agustus 2011 at 18:43

  123. @ Dede ZM : saya ringkaskan saja keluhan anda, ya.
    Mohon pimpinan Samsat Bandung Timur, agar mencek anak buahnya, apa benar ada pungli ( minimal ) Rp 50 ribu untuk legalisir/ fotocopy faktur/ per kendaraan, bagi staf ( perusahaan ) leasing ? Jika tidak memberi, maka arsip tidak diurus. Padahal, setahu saya gratis. Terima kasih.

    Savitri

    16 Agustus 2011 at 18:37

  124. @ Roy Muslim : silakan yang bisa menjawab lengkap ke e-mail sdr Roy : roy.muslim@yahoo.com

    Savitri

    16 Agustus 2011 at 18:28

  125. selamat siang pak di tlp ko gak ada yg angkat

    Ujangaja Ujang

    15 Agustus 2011 at 10:03

  126. mantab infonya..

    gogo

    8 Agustus 2011 at 22:47

  127. Selamat malam Pak/Bu, Perkenalkan nama saya Rio Bima Vanry Hutagaol, saya mau tanya ini Pak/Bu, saya baru saja kehilangan STNK motor di kota tempat saya kerja sekarang (sangatta,Kutai Timur, Kalimantan Timur) namun plat motor saya itu dari kota Balikpapan Kalimantan Timur,(beda Kabupaten), yang saya tanyakan :
    1. Apakah saya bisa mengurus STNK motor saya yang hilang di Tempat saya Kerja sekarang?
    dan
    2. Syarat-syaratnya apa-apa saja yang harus saya penuhi?

    Terima kasih.

    Rio Bima Vanry Hutagaol

    8 Agustus 2011 at 20:35

  128. saya mau menanyakan mengenai prosedur di kantor bersama/samsat kota bandung,untuk pengurusan pajak tahunan yang sebagaimana telah di wacanakan oleh DisPenda ProvJabar apa benar telah berlangsung pajak progresif untuk setiap pemilik kendaraan bermotor?kisaran berapa persen pajak progresif tersebut?apakah dikenakan juga bagi pemilik kendaraan roda dua?atau pemilik kendaraan beroda empat dan beroda dua?

    roy muslim

    7 Agustus 2011 at 11:11

  129. Punten…, sy mau tanya klo mau perpanjangan stnk 1 tahunan motor atas nama sendiri, pajak bandung {D} tetapi sekarang alamat KTP sy sdh pindah ke subang, apakah masih bisa dibayarkan pajak motor dengan KTP saya yang baru? Apabila motor harus dimutasi ke subang brp biayanya? trmkasih.

    imams

    5 Agustus 2011 at 04:25

  130. @ pertiyani agustina : pembuatan SIM sekarang harus melalui ujian tertulis dan praktek ( benar2 harus bisa nyetir dan parkir dengan benar ). Di mobil SIM keliling tidak ada fasilitas untuk 2 ujian tersebut. Mobil SIM hanya untuk perpanjangan SIM tiap 5 tahun. Maaf, saya hanya seorang blogger ( bukan petugas SIM ). Hanya ini yang bisa saya bantu. Ada yang bisa menjawab lebih baik ? Silakan e-mail ke : pertiyani_agustina@yahoo.co.id

    Savitri

    6 Juli 2011 at 15:24

  131. saya org kabupaten mau bikin sim meski ke soreang,kalo bikinnya di sim keliling bisa ngak soalnya sy udah 4 kali kesoreang blm dpt posisi sy seorang karyawan minta ijin terus malah sy dipecat ,mohon pengertiannya

    pertiyani agustina

    6 Juli 2011 at 12:26

  132. @ bhara : kalau yang 5 tahun harus ke samsat tempat nomor kendaraan dikeluarkan. Syaratnya bisa dibaca di loket samsat, atau jawaban saya pada penanya2 sebelum anda di bawah ini. Sama2.

    Savitri

    5 Juli 2011 at 19:30

  133. @ Dafa : Saya pernah menjawab pertanyaan serupa ( mohon anda mencari di bawah ). Sebaiknya, ke loket resmi. Setahu saya, SIM yang hilang, selama belum kadaluarsa, bisa minta ganti ke poltabes dengan melampirkan surat keterangan hilang dari kepolisian. Tapi kalau sudah kadaluarsa, anda mesti ikut tes tertulis dan praktek, seperti membuat SIM baru. Yang bisa menjawab lebih baik, silakan kirim e-mail ke : dafa_caem@yahoo.com
    Sama2.

    Savitri

    5 Juli 2011 at 19:06

  134. @ Novi : di BTC, setahu saya di lantai dasar gedung tsb. Kalau perpanjangan tiap tahun, setahu saya di sana bisa hanya membawa KTP pemohon dan STNK asli. Yang 5 tahun, harus ke samsat tempat no kendaraan dikeluarkan. Syaratnya, baca jawaban saya untuk sdr. Rindu. Sama2.

    Savitri

    5 Juli 2011 at 18:40

  135. asalamualaikum wr wb
    saya mau nanya pak,,stnk motor saya bntar lg habis (yg 5th),bisa ga untuk memperpanjang stnk di bandung..sedangkan saya bukan warga bandung,saya mahasiswa dari jawa..kalau bs dmana lokasinya ?dan apa syaratnya.
    mkasih

    bhara

    5 Juli 2011 at 17:06

  136. Selamat malam,motor saya kab bandung mw ganti plat nomor sama bayar pajak 5 tahunan,tp ktp pemilik yg sesuai di stnk sama bpkb tidak ada,apakah masih bisa diurus?wktu itu ada oknum polisi yg menawarkan jasa calo dia memasang harga 750rb,motor saya tiger 2006 pajaknya tidak sampai 400rb,kemudian apakah sim yg hilang masih bisa diurus?apa saja persyaratanya?mohon bantuanya terima kasih.

    dafa

    29 Juni 2011 at 23:47

  137. makasih atas informasinya :)
    boleh tahu kalau di BTC, samsat untuk perpanjangan STNK itu dimananya, ya?
    dan apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan perpanjangan? terima kasih..

    Novi

    26 Juni 2011 at 21:31

  138. @ Rindu :
    Kalau perpanjangan yang 5 tahun ( ganti STNK ), mesti ke samsat tempat dikeluarkannya STNK ( Ciamis ). Syaratnya, lihat di loket samsat ( formulir, BPKP, STNK, KTP pemohon, gesek nomor rangka mesin dan gesek nomor mesin di stiker resmi oleh petugas ( kendaraan dibawa ), dana perpanjangan ). Tempatnya ? Lihat di STNK anda, masuk samsat Ciamis wilayah mana ? ( lihat buku telpon, atau telpon 108 ). Ngurusnya di loket resmi, ya.. Semoga, saya cukup menjawab.

    Savitri

    26 Juni 2011 at 20:14

  139. STNK saya Ciamis mau bajar pajak motor 5 tahunan di Bandung bisa ga?
    apa saja syaratnya?
    tempatnya dimana?
    terimakasih

    Rindu

    26 Juni 2011 at 05:48

  140. @ Fiyann :
    Kodya Bandung sama Kabupaten Bandung sudah online samsat-nya. Kalau cuma urusan memperpanjang STNK ( bayar pajak tahunan ), saya pikir tak perlu mutasi. Bayar di samsat mana saja di Jawa Barat boleh. Di BTC, BSM juga boleh ( mobil samsat keliling ). Sama2.
    Yang lebih tahu bisa jawab langsung ke : upay82@yahoo.com

    Savitri

    20 Juni 2011 at 23:19

  141. @ Purnama :
    Jika perpanjangan satu tahun ( bukan yang 5 tahun/ ganti STNK ) tentu bisa. Kan samsat se Jawa Barat sudah online.

    Savitri

    20 Juni 2011 at 23:10

  142. Maaf mau tanya, saya mau mutasi motor saya dari kabupaten bandung (samsat rancaekek) kekodya bandung (samsat bandung tengah) tidal bisa katanya. Pengurusan lewat birojasa dikarenakan saya sibuk kerja, oh ya kendaraan saya vespa tahun 1980. Emang pengurusan mutasi taun tua Ngak bisa. (Niat saya baik ingin mematuhi peraturan, tapi ribet sekali) Ada yang tau ngak yah? mohon bantuannya! terima kasih

    fiyann

    18 Juni 2011 at 00:00

  143. yth. bp petugas samsat Polres Cimahi

    Ass wbr.
    saya tinggal di kota cianjur, kendaraan saya apakah bisa membayar pajak di kantor samsat polres cianjur.

    terima kasih

    purnama

    14 Juni 2011 at 15:52

  144. @ Venno :
    Wah, saya juga baru dengar kejadian seperti itu. Lalu, nomor di BPKP-nya bagaimana ? ( jika tidak sama, apa tidak kesulitan saat akan menjual kendaraan anda kelak ? ).

    Mungkin, anda bisa minta second opinion pada samsat lain yang masih satu provinsi ( moga2 sudah sistem online ). Anda ( pemilik kendaraan, jangan diwakilkan ) bisa datang ke loket resmi petugas samsat dan menanyakan kegusaran anda, juga solusinya. Anda juga bisa minta pengecekan apakah di database samsat : data nomor plat, STNK, BPKP, nomor mesin, dan nomor rangka mesin kendaraan anda sesuai dengan yang anda pegang ?

    Anda juga bisa mengecek ( moga2 bisa diakses dari daerah anda ) dengan mengetik sms : STNK nomor kendaraan, lalu kirim ke 1717. Nanti dapat jawaban : no rangka, no mesin kendaraan yang benar. ( status sah kendaraan tsb ), yang bisa dicek pada kendaraan yang anda pegang.

    Setahu saya, ada oknum samsat yang membantu oknum perusahaan leasing yang bekerja sama dengan penadah kendaraan curian untuk mendapatkan nomor yang mirip dengan yang dicuri, sehingga gampang ngerik-nya ( memalsukannya ). Apalagi pencurian mobil masih marak sekarang ini.

    Semoga pertanyaan anda cukup terjawab, ya

    Savitri

    6 Juni 2011 at 22:14

  145. mba/ibu.. saya mau nanya ni..sebenernya dah 1 thn yang lalu..
    yang mau saya tanyakan, pada saat saya perpanjang STNK 5 tahunan, kan ganti PLAT nomor.. nah pas sudah selesai, kok nomor polisi sebelumnya gga di pake lagi malah diganti yang baru,, kalau saya dengar dari selentingan orang orang, katanya plat tersebut dijual. nah gimana tu bu/mba??mhon info dan sarannya..

    veeno

    6 Juni 2011 at 15:39

  146. @ Donal :
    Sepertinya masih ada staf yang merangkap calo. STNK bisa jadi asli, bisa tidak. Yang jelas, harganya di atas normal ( ada biaya jasa ). Sebaiknya, anda ke petugas samsat di loket resmi. Cuma 45 menit, kok. Jangan termakan bujuk rayu staf dan orang2 yang seliweran di samsat. Langsung ke loket resmi. Ok ?

    Savitri

    13 Mei 2011 at 14:40

  147. saya mau tanya ,kmaren saya bayar pajak melalui mba yang d tempat foto copy di dalam samsat,,,itu stnk nya asli apa tidak pak…?

    donal

    13 Mei 2011 at 14:13

  148. @ Apri :
    Ehm .. untuk keperluan apa ya ? Yang tahu silakan e-mail Apri : eyang_sorban@yahoo.com

    Savitri

    10 Mei 2011 at 14:39

  149. pak saya mohon bantuannya,saya mencari alamat dan nama pemilik plat nomor mobil TOYOTA AVANZA E 1877 KJ.di cirebon.terimakasih sebslumnya……….

    apri

    9 Mei 2011 at 01:28

  150. @ Madrus :
    Tulungagung dan Nganjuk, sama2 di provinsi Jawa Timur. Setahu saya, samsatnya juga sudah online. Ngambil berkas yang anda maksud untuk pembuatan STNK baru ? Biasanya antara 2 minggu sampai 3 bulan tergantung kesanggupan samsat di wilayah masing2. Untuk perpanjangan STNK antara 5 – 45 menit. Anda datang saja ke samsat tempat nomor kendaraan anda dikeluarkan. Prosedur terpampang di ruang konsumen, tinggal baca dan ikuti. Sama2. Yang lebih tahu bisa menjawab ke e-mail Madrus : madrus_aja@yahoo.co.id

    Savitri

    5 Mei 2011 at 13:14

  151. mau nanyak nie. saya beli motor d tulungagung sementara saya tinggal d nganjuk. pertanyaanie. gimana prosedur ngambil berkas d tulungagung N berapa lama jadinya?? thank

    madrus

    29 April 2011 at 23:38

  152. @ Sutarko :
    Soal peraturan, tidak pas kalau hanya lisan dijelaskan. Petugas juga harus bertanggung jawab/ laporan pada atasannya. Menyulitkan dia jika hanya lisan saja dari pemohon STNK. Coba anda perlihatkan bukti hitam di atas putih. Seperti surat kematian dari RT/RW, surat keterangan waris dari walikota atau notaris. Lengkapi dengan kwitansi jual beli dengan ahli waris/ pemilik vespa. Semoga, dengan anda tidak menyulitkan petugas, anda pun tidak disulitkan petugas. Anda pun bisa membayar pajak motor tepat. Ini saran yang bisa saya pikirkan untuk anda saat ini.

    Savitri

    10 April 2011 at 09:42

  153. bapak dan ibu petugas samsat yang terhormat,kenapa bayar pajak motor kok ribet harus ada KTP aslinya, sedangkan motor saya motor vespa tua tahun 73, dan atas nama pemiliknya sudah tidak ada alias sudah meninggal dan KTPnya sudah tidak ada, itu kata keluarganya,kenapa tidak ada kebijaksanaan untuk pakai KTP pemilik motor yg sekarang,sedangkan kalo tidak bayar katanya pelanggaran, tapi sundah niat mau bayar kok ribet harus ini harus itu

    sutarko ago

    8 April 2011 at 11:26

  154. @ Kartonodoang & pembaca GP & C:
    Yang tahu jawabnya, silakan e-mail ke : kartonodoang@yahoo.co.id

    Savitri

    7 April 2011 at 21:47

  155. slmt pg..sy ingin menanyakan jadwal sim/stnk keliling untuk wilayah subang kpn y (atau bl ada nmr telp yang dapat saya hubungi) terima kasih..

    kartonodoang

    4 April 2011 at 07:22

  156. @ Ivan :
    Yang tahu silakan memberitahu ke e-mail Ivan di : tumpal19742@yahoo.com

    Savitri

    28 Maret 2011 at 22:48

  157. berapa biaya pergantian nomor mesin tanpa ada surat pib

    ivan

    25 Maret 2011 at 01:39

  158. @ Dede Lisnur :
    Wah, pertanyaan detail. Ada yang bisa jawab ? Silakan e-mail ke : dede_lisnur@yahoo.com

    Savitri

    20 Maret 2011 at 18:48

  159. pa sy mau nanya stnk keliwat dari th2008 sampai 2011 mau di isi kira kira berapa an wawan irawan nopol d6970eu honda nf 100sld alamat jl.dago pojok tanggulan 07/03 kec.coblong kira berapa ya pa sya bayar

    dede lisnur

    19 Maret 2011 at 18:44

  160. @ Edi :
    Perasaan, biaya ganti plat terakhir cuma Rp 15 rb. Mungkin, keseluruhan perpanjangan STNK di tempat anda agak dimark up, sehingga kuatir ketahuan jika dikasih bukti pembayaran. Setahu saya, samsat yang sudah direformasi, semua biaya tercantum di kwitansi, sehingga transparan dan cepat. Mungkin, reformasi ini belum sampai ke samsat daerah anda. Anda harus bersabar, KPK akan menyebar ke semua provinsi. Tunggu tanggal mainnya, sehingga pengurusan STNK pun akan clear dan profesional saat anda datang tahun berikutnya. Semoga. Sama2.

    Savitri

    16 Maret 2011 at 19:07

  161. @ Yayan :
    Telat, ya didenda. Sejak awal, mestinya anda sudah memikirkan kepemilikan motor berbeda daerah secara keseluruhan. Termasuk resikonya. Diskedul kapan akan ke Jabar. Sebulan sebelum jatuh tempo STNK, sudah bisa ngurus perpanjangan ke Samsat. Tertulis di STNK tetap tanggal biasanya ( tidak dipercepat sebulan ). Ada kereta api yang bisa mengirim sepeda motor dengan aman, kalau anda capek mengendarai sendiri ke Yogya. Atau kalau domisili lama di Yogya, anda bisa mengurus ganti STNK ke alamat baru di Yogya. Dst, banyak cara halal, kalau diniatin.

    Tapi kalo pengennya serba instan. Baru kepikir pas hari jatuh tempo, main calo, asal beres nggak peduli caranya, duit ngepas, ngeluh ribet, dsb, ya, repot. Anda pernah kepikir, saya juga ribet njawabin orang2 yang ingin gampangnya saja ? Eh, ngomong2 apa perlunya saya peduli kemalasan orang2 macam ini ? Find the answer by yourself, man ..

    Savitri

    16 Maret 2011 at 18:48

  162. saya perpanjangan stnk dg juga ganti plat,waktu saya ditarik uang 80.000,oleh petugas yang menangani tapi bayarnya bukan di kasir dan saya tidak dikasih bukti pembayaran.pertanyaan saya apa memang demikian aturannya mohon penjelasanya,sebelm dan sesudahnya saya haturkan banyak terimaksih.nuwun

    edi

    15 Maret 2011 at 14:26

  163. kan q sm mtr ny d jogja bu,,
    jd klo mtr ny d bw k jabar bth wkt & ribet.
    itu klo telat bayar gmn bu?

    yayan nuryaman

    14 Maret 2011 at 13:37

  164. @ Yayan :
    Wah, kalau perpanjangan yang 5 tahun, biasanya kendaraannya mesti dibawa. Kalau sudah dicek fisik ke samsat Yogya, saya tak yakin apa bisa, apalagi pake calo. Kalo anda datang ke samsat Jabar, sudah tertulis di depan, dilarang pakai calo. Udah illfeel duluan petugasnya. Apalagi modus seperti ini bisa dipakai sindikat curanmor untuk memalsukan surat2 kendaraan.

    Rasanya, tidak sulit kok, 5 tahun sekali, selama 45 menit anda meluangkan waktu membawa motor anda ke samsat Jabar untuk perpanjangan STNK yang 5 tahun itu ( ganti dokumen STNK ). Motor anda sudah bertahun-tahun bekerja keras untuk anda. Beri perhatian sesekali untuknya. Beri ‘istri’ anda itu status yang sah dengan cara yang benar. Setuju ?

    Ref : http://wahyuandre.wordpress.com/2010/05/11/membaca-nomor-plat-mobil-anda/

    Savitri

    11 Maret 2011 at 11:43

  165. bu,plat mtr q Z,skrg lg d jogja.mau mmperpanjang
    stnk yg 5 thn,tp mtr ny ga usah d bw k samsat jabar,bisa bu?
    cek fisik udh d samsat jogja sm calo.

    yayan nuryaman

    10 Maret 2011 at 14:04

  166. @ Euis Sapinah :
    Wah, saya tidak hafal. Yang tahu bisa menjawab ke e-mail Euis di : euissapinahsuryani@gmail.com

    Savitri

    9 Maret 2011 at 11:05

  167. sim keliling di cianjur kapandan dimana?

    euis sapinah cianjur

    3 Maret 2011 at 10:04

  168. @ Darma :
    Mungkin, lain ladang lain belalang. Setiap tempat berbeda-beda birokrasinya. Mungkin, di agen motor A waktunya 2 minggu, agen B 1 bulan, dst. Nunggu kekumpul dulu STNK-nya, biar sekali urus ke samsat. Weekend kemarin saya nonton “Reportase Investigasi” di TransTV tentang sindikat curanmor. Motor hasil curian di sulap nomor mesin, nomor rangka dan STNK- nya hingga kelihatan asli ( aspal ), bekerja sama dengan oknum samsat dan perusahaan leasing.

    Motor seharga 12 juta, dijual 2 juta. Pembeli yang tahu itu barang curian tapi tetap membeli, ia juga dihukum, dianggap penadah. Apalagi pencuri dan pemalsunya. Cara mengecek, seingat saya ( moga2 bisa diakses dari daerah anda ), dengan mengetik sms : STNK nomor kendaraan, lalu kirim ke 1717. Nanti dapat jawaban : no rangka, no mesin kendaraan yang benar. ( status sah kendaraan tsb ), yang bisa dicek pada kendaraan yang anda pegang. Semoga info ini berguna ( sambil menunggu 15 Maret itu ).

    Savitri

    1 Maret 2011 at 20:57

  169. itu dia. kemarin saya baru dapat bukti pembayaran pajak saja untuk satu tahun. di belakangnya disisipkan surat keterangan stnk asli baru selesai 15 maret 2011.

    darma

    23 Februari 2011 at 16:01

  170. @ Darma :
    Pengalaman saya, 4 hari sudah jadi. Plat nomor setahu saya dibuat di kantor Samsat tempat STNK dikeluarkan. Apalagi, kini ada penertiban plat nomor yang tidak standar ( jadi tak bisa sembarangan membuat/ dibuat di tempat lain ) dengan denda yang lumayan besar. Lebih baik, anda bertanya pada agen tempat anda membeli motor, di mana Samsatnya ? Mungkin anda bisa mengambil sendiri ( dengan nomor resi berwarna kuning, kalau tak salah ), jika ingin segera mendapat plat nomor. Semoga cukup menjawab.

    Savitri

    23 Februari 2011 at 15:03

  171. @ Imron :
    Saya pernah menjawab pertanyaan serupa ini. Coba lihat jawaban untuk sdr Hardy R. Sama2.

    Savitri

    23 Februari 2011 at 14:52

  172. saya tinggal di bekasi.saya mau bayar pajak mobil kijang plat D.tapi tidak ada ktp pemilik pertama….bisa ga ya trimakasih

    imron sugandi

    22 Februari 2011 at 19:27

  173. sebenarnya, proses bikin plat nomor itu berapa lama? tahun 2010, saya memperpanjang stnk, platnya selesai selama 1 bulan.
    kini, beli motor baru tanggal 5 pebruari 2011, stnk baru akan dikirim ke rumah hari ini. platnya belum selesai. dengar kabar, katanya nunggu 3 bulan.
    apakah saya boleh membuat plat nomor sementara di tempat lain?

    darma

    22 Februari 2011 at 11:09

  174. @ Gepenx :
    Anda mestinya membaca posting secara teliti sebelum bertanya. Online di sini, bukan kitanya online, tapi petugas Samsatnya yang online dengan kantor Samsat lain di provinsi yang sama. Jika plat anda B ( Jakarta ), anda harus ke provinsi DKI Jakarta untuk mengurusnya. Belum ( tidak ) bisa di Jawa Barat.

    Savitri

    21 Februari 2011 at 15:27

  175. sebenarnya membayar pajak secara online dah bisa pa belum,saya mau perpanjang stnk motor saya yang plat B kok susah bgt…………bls

    gepenx

    16 Februari 2011 at 20:32

  176. saya beli satria RU 2 tak ber flat B jakarta timur… dan pajak sudah mati 10 bulan… saya mau bayar pajak tapi tidak ada KTP asli pemilik awal… saya berencana ingin membayar pajak dan kemudian memutasikan nya menjadi nama saya dan berflat F… ada yg tau kira2 abis berapa biayanya?
    email ya ke dikysiwi@gmail.com

    Diky Putra Siwi

    30 Januari 2011 at 07:32

  177. @ Gery :
    Setahu saya, mendapatkan pengganti dari BPKP yang hilang atau pun kebakar, seharga memperoleh BPKP salinan. Yang tahu tarifnya silakan e-mail ke gery@yahoo.co.id

    Savitri

    19 Januari 2011 at 05:19

  178. @ Muhammad Fadli :
    Yang mau mencerahkan, silakan e-mail Muhammad di khopetsamiaji@gmail.com

    Savitri

    8 Januari 2011 at 08:31

  179. @ Heru :
    Wah, kita tanyakan pada pengunjung saja ya ? Yang bisa menjawab silakan e-mail ke Heru di cantikacell@gmail.com

    Savitri

    8 Januari 2011 at 08:18

  180. @ Class :
    Setahu saya, artikel di atas untuk skup Jawa Barat. Di provinsi lain, saya belum tahu. Yang pasti, anda tidak bisa membayar dari Palembang, karena sistim online di Jabar ini pun, petugasnya masih melihat fisik kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya. Semoga cukup menjawab.

    Savitri

    8 Januari 2011 at 07:50

  181. saya mau nannya tentang pajak kendaraan-kendaraan di indonesia,mohon jawaban dari anda yang tau..

    1. Berapa % pajak kendaraan mewah di Indonesia?, pada umumnyakan kendaraan diIndonesia pajak kendaraan itu 1-2%..

    2. Saya memiliki mobil katana tahun 89, awalnya saya membayar pajak hanya sekitar 800.000 ribu, tapi terakhir saya membayar, kenapa tiba-tiba menjadi 960.000 ribu??
    faktor apa yang membuat itu naik, sementara tidak ada denda..

    mohon pencerahan dari teman2 semua..

    Muhammad Fadli

    3 Januari 2011 at 02:31

  182. Aku pingin balik nama mobil civic wonder 86, dari AB-kodya yogya mjd AB-Bantul, Apa harus perkiraan biaya yg hrs saya keluarkan ( apa ada biaya cabut berkas dan mutasi masuk Bantul ), terimakasih atas bantuannya.

    heru

    22 Desember 2010 at 06:50

  183. gimana masalah pembayaran pajak apakah bisa dilakukan diluar kota,.?saya motor plat f,,,,dan tinggal di palembang, bisakah saya bayar di palembang pajak nya
    ,,,?

    class

    9 Desember 2010 at 06:04

  184. Wah semakin mudah saja ya sekarang…

  185. @ Ade, Ali :
    Lama2 saya pusing menjawab pertanyaan tentang perpanjangan dan mutasi surat2 kendaraan. Saya cantumin alamat e-mail kalian saja, ya. Siapa yang lebih tahu silakan menjawab ke email Ali ( mualimin_alsa@yahoo.com ) dan Ade Mulyadi ( ade_82mulyadi@yahoo.com ). Mohon yang bertanya, baca dulu jawaban2 komentar yang sudah ada di posting ini, sehingga saya tidak habis waktu mengulanginya. Saya blogger bukan petugas samsat. Mohon diketahui, ya ..

    Savitri

    6 Desember 2010 at 13:50

  186. @ Dean :
    Wah, saya tak punya akses ke info tsb. Siapa yang tahu silakan kirim jawaban ke e-mailnya sdr.Dean : awert10@yahoo.com
    ( ngomong2 untuk apa ya ? perlu berkas untuk perpanjangan STNK ? )

    Savitri

    6 Desember 2010 at 13:39

  187. saya mau minta alamat lengkap pemilik kendaraan bermotor berplat nomor z.6313.Do

    tolong kirimkan secpatnya

    Dean

    5 Desember 2010 at 07:22

  188. mau tanya kalau mau mutasi motor dari jogja ke sumatera selatan (palembang n sekitarnya) gimana caranya, n juga saya beli dijogja belum atas nama sendiri STNK nya…apakh saya harus balik nama dulu dijogja baru saya urus mutasi nya ke daerah tujuan?….trima kasih

    Ali

    30 November 2010 at 11:41

  189. saya mo nanya klo denda,karena lewat pajak 2 tahun berapa yach?

    kendaraan saya adalah astrea grand tahun 1992, klo ga salah pajaknya cuma 105.000.

    ade mulyadi

    30 November 2010 at 06:48

  190. @ Sobirin :
    Maaf, saya tak bisa merilis keluh kesah anda di blog ini. Birokrasi kita memang belum bisa seperti yang kita harapkan. Oleh karena itu ada reformasi birokrasi dan KPK. Semoga ke depan bisa lebih baik.

    Savitri

    15 November 2010 at 08:37

  191. @ Wira :
    Saya blogger yang kurang tahu detail biayanya. Lebih baik anda datang menanyakan langsung ke loket samsat terdekat.

    Savitri

    15 November 2010 at 08:32

  192. Selamat pagi..aslm,,,,,Mau tanya untuk bapak petugas Samsat kota depok biaya Pencabutan Berkas Mobil COROLLA th.1977 di kota depok berapa total biayanya?dan rincianya sekalian untuk apa aja….mau saya mutasikan ke kota jogja….sebelumya terimakasih……wira jogja….mohon dibalas segera….saya tunggu.
    bapak mohon dibalas pertanyaan ku yaaa….trima kasih

    wira walyantiko

    8 November 2010 at 03:17

  193. motor sy Kawasaki ZX 130 tahun 2007 plat Kodya bandung, sy mau BBN dan Mutasi ke Kab.Bandung, prosedurnya bagaimana? kira2 biayanya berapa ya? Hatur Nuhun

    Made Budra

    2 November 2010 at 11:05

  194. @ Riki :

    Mungkin sebaiknya anda langsung konsultasi ke petugas samsat di loket resmi. Kelihatannya anda mesti balik nama BPKP ( sebelumnya bayar pajak kendaraan plus dendanya ). Ini pengalaman mereka yang pernah mengurusnya. Saya ambil dari http://ardal.blogspot.com/2007/04/pajak-motor.html
    Rincian biaya yang dikeluarkan selama mengurus sendiri pajak dan balik nama motor di Samsat Batam, kawasan Batu Ampar :
    1. Beli map dan fotocopy Rp. 7.500,-
    2. Beli formulir pajak dan balik nama Rp. 10.000,-
    3. Beli formulir cek fisik Rp. 20.000,-
    4. Biaya cek fisik Rp. 5.000,-
    5. STNK dan TNKB Rp. 40.000,-
    6. Pajak motor dan bea balik nama Rp. 239.300,-
    7. Administrasi BPKB Rp. 30.000,-

    Cara menghitung biaya balik nama ala Biro Jasa PAS :

    Patokannya adalah PKB terakhir di STNK Anda, PKB ada dibaris kedua STNK anda, karena balik nama maka BBN KB baris pertama di STNK akan terisi, nilainya di dapat dari PKB x 2/3 = BBN KB, kemudian SWDKLLJ untuk motor 35.000, Mobil 143.000, biaya administrasi (2 baris terakhir) untuk Motor 40.000, mobil 70.000. Untuk contoh perhitungan biaya balik nama mobil dengan nilai PKB sebesar 900.000 silahkan lihat di websitewww.birojasa-pas.com, Anda tinggal menyesuaikan dengan PKB kendaraan Anda.
    ( sumber : http://www.hotfrog.co.id/Companies/Biro-Jasa-PAS-Praktis-Amanah-Service/Biaya-balik-nama-mobil-motor-estimasi-34782 )

    Smoga bisa jadi perbandingan untuk anda.

    Plat nomor kendaraan di Indonesia :

    Kode Plat Nomor Kendaraan Se Indonesia :
    A : Serang, Banten, Lebak
    B : Jakarta, Bekasi, Tangerang, Depok
    D : Bandung
    E ; Cirebon, Kuningan
    F ; Bogor, Sukabumi, Cianjur
    G ; Brebes Tegal Pekalongan Pemalang
    H ; Semarang Kendal Purwodadi
    K ; Kudus, Demak, Jepara
    L ; Surabaya
    M ; Madura
    N ; Malang
    P ; Banyuwangi dan sekitarnya
    R ; Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara
    S ; Tuban. Lamongan Bojonegoro
    T ; Karawang, Purwakarta, Subang
    W ; Sidoarjo
    Z ; Tasikmalaya, Sumedang, Ciamis, Banjar
    AA ; Magelang, Wonosobo, Temanggung, Purworejo, Kebumen
    AB ; Jogyakarta, Bantul, Sleman, Kulon Progo, Gunung Kidul
    AD ; Surakarta, Sragen, Boyolali, Sukoharjo, Karang Anyar, Wonogiri
    AE : Madiun, Ngawi,
    AG ; Kediri, Tulungagung, Blitar
    BA : Padang
    BB : Bukit Tinggi
    BD : Bengkulu
    BE : Lampung
    BG : Sumsel
    BH : Jambi
    BK : Sumut
    BL : NAD
    BM : Riau
    BN : Bangka belitung
    DT : Sulawesi tenggara
    KB : Kalimantan barat
    KT :Kalimanatan Timur
    DK : Bali
    DS : Papua
    DA ; Banjarmasin
    EA ; Mataram

    Savitri

    28 Oktober 2010 at 10:36

  195. saya mau tanya,
    saya dapat motor dari lelang platnya E dan saya sendiri di tegal tapi STNK abis telat 1bulan lagi ..,,
    nah saya masih bingung untuk pergantian STNKnya..,,, apalagi ktp STNK gak ketemu orangnya..
    kira2 biaya nyampe berapa……

    trima kasih

    riki

    26 Oktober 2010 at 01:57

  196. @ Bintang & Dedek :
    Saat ini saya belum tahu jawabannya. Ada yang tahu ? Anda bisa baca koran top di daerah anda. Biasanya ada info semacam itu di kolom berita kota/ daerah.

    Savitri

    23 Oktober 2010 at 15:19

  197. Mau tanya kalau perpanjangan SIM Keliling di kab. Bandung ada ga ya…….kalau ada tempatnya dimana dan jadwalnya kapan……trima kasih

    bintang

    22 Oktober 2010 at 04:26

  198. pak, saya mau nanya sms ke no brp buat cek identitas no pol kendaraan bandung. trims

    Dedek

    22 Oktober 2010 at 03:21

  199. @ Yuddi :
    Syarat pengurusan di samsat online, hanya KTP asli, STNK asli dan uang pembayaran pajak kendaraan ( di STNK drive thru ditambah memperlihatkan BPKP ). Pengalaman : satu kata saja, berbeda antara data KTP dengan data STNK, sudah menjadi masalah. Apalagi alamatnya berubah. Kalau sama ( data KTP dengan STNK ), di seluruh samsat Jawa Barat pun, perpanjangan STNK bisa anda lakukan, tidak hanya di Kodya Bandung.
    Anda bisa menunjukkan SIM anda pada petugas samsat ? Jika masih sama dengan data STNK, mungkin bisa membantu meyakinkan polisi, bahwa anda memang pemilik sah kendaraan itu ( siap2 juga bawa BPKP asli, siapa tahu ditanya juga ). Semoga info ini berguna.

    Savitri

    11 Oktober 2010 at 02:41

  200. Saya mau perpanjang STNK / bayar pajak (PKB) tapi alamat di KTP saya sudah berubah (pindah alamat)… apakah harus mutasi, apakah bisa pengurusan via samsat on line. Pindah alamat masih di Bandung juga, masih sama-sama Kotamadya.

    Yuddi H

    10 Oktober 2010 at 01:25

  201. @ April Susanto :
    Tergantung daerah masing2. Tidak semua punya fasilitas mobil SIM keliling. Semoga keluhan anda dibaca oleh mereka, ya.

    Savitri

    6 September 2010 at 16:06

  202. @ Edi :
    Saya kurang tahu, dan saya belum pernah ganti warna mobil. Sebaiknya, anda tanya langsung ke Samsat.

    Savitri

    6 September 2010 at 16:02

  203. klo untuk wilayah kabupaten jadwal sim keliling ko ga ada ya.. yang di rancaekek… ktnya mau bantu masyarakat tp susah juga…. jadwalnya ga jelas! klo bisa ditambah lagi armada nya biar jelas jadwalnya….

    april susanto

    5 September 2010 at 23:19

  204. Kira2 Berapa biaya untuk perubahan warna mobil?

    EDI

    4 September 2010 at 22:59

  205. @ Andy :
    Pagi tadi saya dengar di radio, hotline polisi 112 ( bebas pulsa ) suka dimainin masyarakat, anak2, telpon lama, iseng, telpon dari perempuan usil, dsb, sehingga petugas menjadi enggan mengangkatnya. Hal sama bisa terjadi pada sms layanan cek STNK. Saya sarankan, anda datangi samsat terdekat dan tanyakan soal itu ( atau sekalian tanyakan urusan STNK anda ). Di koran2 tertentu seperti “Pikiran Rakyat”, dicantumkan jadwal mobil keliling STNK di tempat2 umum. Siapa tahu tak jauh dari tempat anda berdiri ?

    Savitri

    1 September 2010 at 11:17

  206. @ Fajar :
    Saya perempuan, blogger, pemilik kendaraan seperti anda juga. Bukan polisi. Saya menjawab berdasarkan pengalaman saya. Jangan emosi, ya. Pastikan anda mengikuti semua prosedurnya, termasuk menyimpan resi untuk pengambilan plat nomor. Jangan sampai hilang. Jika hilang, prosedurnya bisa dari awal. Jika anda tidak bersedia melakukan kerja ekstra tsb, bisa jadi anda kurang diprioritaskan. Resi itu juga ada batas waktu, jika dalam sebulan plat nomor tidak diambil, bisa hangus. Jadi, kalau diminta petugas loket ambil 3 hari lagi atau hari anu, sebaiknya anda mengikutinya. Jangan tunda lagi. Begitu, yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

    Savitri

    1 September 2010 at 10:36

  207. Selamat Pagi
    Kalau untuk layanan cek STNK melalui SMS apakah masih aktif? soalnya setiap kirim selalu tidak ada jawaban, mohon infonya bgmana cara kirim yang benar dan ke nomor SMS berapa? Terima kasih

    Andy

    31 Agustus 2010 at 08:09

  208. pak saya mau menanyakan plat nomor motor saya yg udh hampir 3 bln blm keluar kenapa bisa begitu?tiap saya tanyakan selalu blm ada.minta perhatiannya dong pak!

    fajar

    30 Agustus 2010 at 06:03

  209. @ Joni Arema :
    Anda bisa telpon penerangan 108 untuk mendapatkan no telponnya, kemudian dari sana tahu alamatnya.

    Savitri

    30 Agustus 2010 at 00:42

  210. dimana alamat samsat kab cirebon. mksih

    joni arema

    26 Agustus 2010 at 03:37

  211. @ Alia :
    Rilis posting itu sudah lama sekali. Masih mending baru sekarang nggak ada. Kejadian sama dengan halaman perijinan di web resmi pemkot Bandung. Baru seminggu nyalin, sudah nggak ada sekarang ( mungkin sedang dievaluasi ). Polisi lagi ada pembenahan. Dari yang dulu Poltabes sekarang Polrestabes. Personel akan diperbanyak di tingkat polsek sehingga lebih dekat dan lebih cepat melayani masyarakat. Jadi, harap maklum.

    Savitri

    25 Agustus 2010 at 11:48

  212. @ Andri :
    Seperti kehilangan lain, biasanya harus ke kantor polisi dulu, mendapat surat kehilangan STNK. Lalu minta STNK pengganti/ baru ke Samsat tempat dikeluarkannya STNK motor tsb, berbekal BPKP, KTP, Surat Kehilangan dari kepolisian. Bawa juga motornya. Tanyakan ke loket resmi, apa prosedur berikutnya, untuk mendapat STNK pengganti sekaligus membayar pajak kendaraan. Itu yang bisa saya sarankan. Semoga berguna.

    Savitri

    21 Agustus 2010 at 07:17

  213. stnk motor sy hilang yang ada cuma bpkb nya aza….

    tp rencana mau sy perpanjang atau pun harus ganti stnk baru karena klo sy liahat dah habis….5 taun
    gmna cara dan solusi nya??

    andri

    19 Agustus 2010 at 18:19

  214. @ Ubud Sb :
    Saya rasa boleh dicoba, tentu dengan surat pengantar dari petugas check fisik samsat terdekat, bawa kendaraan itu benar sudah dicek fisik. Juga, nomor telpon dia yang bisa dihubungi oleh konfirmasi Samsat asal. Sama2.

    Savitri

    11 Agustus 2010 at 05:52

  215. Mohon sharingnya,

    Saya mau memperpanjang STNK yg sudah mati 1,9 bln yg tentunya kena penalti dan kebetulan sdh menginjak 5 tahun ( Gesek / check fisik ), permasalahannya kendaraannya tidak mungkin untuk datang ke SAMSAT Asal,
    nach untuk check fisiknya boleh gak di lakukan di SAMSAT terdekat dan hasilnya di bawa untuk proses perpanjangan di SAMSAT asal.

    Trims..

    Ubud Sb

    10 Agustus 2010 at 12:05

  216. Pak Kalau Mau Balik nama & Memperpanjang STNK,Bisa Ga Pake Fotocopy pemilik pertama,karena pemilik awalnya pindah ke luar jawa & saya Tidak tau no. tlpnnya ?

    Hardy R

    29 Juli 2010 at 06:08

  217. @ Dani :
    Bahasan minggu depan, tentang desa, lengkap dengan gambar2-nya. Insya Allah. Great People & Village ? Tunggu tanggal mainnya, ya..

    Savitri

    28 Juli 2010 at 17:13

  218. @ Hardy R :
    Saya belum pernah mengalami kasus demikian. Kalau dibolehkan begitu saja, bisa jadi modus pelenyapan identitas kendaraan curanmor. Sebagian menyelesaikan dengan cara menembak KTP, tapi itu tidak sesuai lagi dengan era reformasi birokrasi sekarang ini. Jika ada kwitansi jual beli kendaraan tersebut antara pemilik pertama dengan anda, prosesnya menjadi lebih ringan. Anda sebaiknya menanyakan langsung ke petugas Samsat yang resmi ( di loket ) ; bagaimana menyelesaikan masalah yang anda hadapi. Selamat berjuang.

    Savitri

    28 Juli 2010 at 15:13

  219. laen kali gambar kampung dunk?? Th’S

    DANI

    22 Juli 2010 at 04:26

  220. @ Andri Anas Zein :
    Intinya selama masih di Jawa Barat tentu bisa, asal KTP yang di BPKP masih berlaku. Bawa BPKB-nya, siapa tahu dicek lagi oleh petugas soal keabsahan kepemilikan. Kalau tidak ada KTP, mungkin bisa kartu keluarga atau surat keterangan ahli waris yang bisa menghubungkan almarhum dengan yang mengurus ke Samsat/ online. Saya penguna kendaraan seperti anda, bukan anggota Samsat. Jawaban ini sifatnya saran. Sama2.

    Savitri

    16 Juni 2010 at 16:50

  221. pak klau mau bayar pajak plat D tp ktp yang dibpkb udah meninggal trus mau dibayar dipurwakarta bisa tidak?
    trima kasih

    andri anas zein

    11 Juni 2010 at 03:47

  222. @ Yuli :
    Tidak bisa. Kalau ganti maupun balik nama STNK, juga BPKP harus ke Samsat tempat nomor kendaraan anda dikeluarkan.

    Savitri

    9 Juni 2010 at 11:56

  223. seandainya mau balik nama STNK, bisa tdk di samsat keliling /samsat online?

    yuli

    8 Juni 2010 at 06:26

  224. @ Septaria :
    Kalau bukan ganti STNK ( perpanjangan 5 tahun ), alias hanya untuk bayar pajak kendaraan setahun, anda bisa ke Samsat Bandung Timur, Bandung Trade Mall ( BTC ), mobil Samsat keliling, atau di mana pun selama masih di wilayah Jawa Barat. Samsat on line di sini, maksudnya petugas2 Samsat terkoneksi satu sama lain se-Jabar, seperti kalau di bank ( BCA ) on line, nasabah bisa mengurus keperluannya di kantor cabang bank tsb di mana saja. Petugasnya yang online, bukan kita.
    Kalau ganti STNK, ya, harus ke kantor asal STNK dikeluarkan. Syaratnya, setahu saya, hanya STNK asli dan KTP asli, ( seperti di BTC untuk perpanjangan setahun ). Tapi kalau perpanjangan 5 tahun, mesti pakai fotokopi BPKP. Bawa kendaraan anda untuk digesek nomor rangka dan nomor mesinnya oleh petugas. Bawa juga BPKP asli jika petugas loket ingin meyakinkan kepemilikan kendaraan anda. Bayar kewajiban anda ( uang ) sesuai ketentuan di loket resmi. Jangan di calo. Pengalaman April kemarin mengganti STNK di Rancaekek perlu waktu 1,5 jam. Semoga jawaban ini cukup memuaskan anda. Selamat memperpanjang ..

    Savitri

    6 Mei 2010 at 14:52

  225. Stnk saya kab bndng perpanjangnya disamsat rancaekek.kalo pake samsat online bisa ga?di samsat bandung timur bisa ga?syarat2nya apa aja,terima kasih.

    Septaria

    26 April 2010 at 04:06


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 40 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: