Madani & Manusiawi

Great People, Bandung, West Java, Indonesia.

SDM Unggul. Kiat 4 jadi 2 Eselon. ATM Dukcapil/ KTP-E. Akselerasi BUMN. Presiden Tetap 2 Periode. SEA Games 2019 di Filipina. Solusi Korban First Travel, AkuMobil. Halau Debt Collector-Fintech Ilegal. Sertifikasi Majelis Taklim. Giant Sea Wall Pantura Jakarta. Grasi Koruptor AM ? Wisata Panjat Tebing di Geopark Karst Citatah, Jabar..

leave a comment »

SDM Unggul. Apa definisinya ? Rektor Unpad di Opsi*Avi ( MetroTV, 2/12/2019 ) menyebutnya : manusia bernilai tinggi, berpengetahuan luas ( IQ/ kognisi/ akademis/ hard skill ) dan trampil ( soft skills : EQ, SQ, FQ/financial, gigih/ AQ ) untuk mengolah situasi terkini dan perubahan ( future skills ). Pendidikan bermutu kunci kemajuan bangsa. Perguruan tinggi menjadi tempat lulusan sekolah bertransformasi menjadi sumber daya manusia unggul.

SDM UNGGUL : INDONESIA MAJU, KE-4 DUNIA TAHUN 2030 – 2045. Caranya..

Untuk itu pemerintah perlu punya prioritas dan fokus ( mengingat anggaran terbatas ), mana universitas yang akan mencetak guru, mana yang mencetak pengusaha/ industri, dan mana yang berorientasi riset/ inovasi sesuai kebutuhan masyarakat dan industri. Tetapkan 5 industri unggulan : pertanian/ ketahanan pangan, maritim ( 2/3 luas Indonesia : laut ), kreatif/ pariwisata ( Indonesia : super power budaya ), kimia/ farmasi ( biodiversity hutan + laut Indonesia terkaya di dunia ), migas/ ketahanan energi ( ring of fire : panas bumi, PLTA, PLTB ), misalnya, lalu fokus membenahi regulasi, tata kelola, SDM, investasi, dan kolaborasinya dengan perguruan tinggi, SMK, pelatihan vokasi/ BLK ( untuk riset, inovasi, dosen dari praktisi industri, penyaluran SDM magang & unggul ). Contoh, satu universitas di China difokus dan di-support penuh oleh pemerintah, dalam 10 tahun, kini masuk jajaran 10 universitas terbaik dunia. Indonesia mau masuk 4 besar ekonomi dunia tahun 2045 dengan PDB 7 triliun USD per tahun, income Rp 27 juta per orang per bulan ( memanfaatkan bonus demografi tahun 2030-2045, usia produktif / 18-60 tahun, lebih banyak ). How ?

Selain fokus dengan 3 jenis perguruan tinggi dan 5 jenis industri tsa, pemerintah juga perlu memperbaharui/ memberi subsidi alat riset/ lab di kampus perguruan tinggi, dan alat produksi di SMK serta BLK yang kini uzur 20-30 tahun ( sehingga para dosen sulit melakukan riset besar, bisanya cuma menghabiskan jatah anggaran Rp 2-10 juta untuk syarat kinerja dosen ) atau membuat terobosan inovasi aplikatif untuk memperbaiki kinerja industri kita. Saat ini, lulusan kampus, SMK dan BLK kurang terserap pasar kerja yang alat produksinya 20 tahun lebih maju ( kemenaker : baru 2 dari 10 lulusan sisdiknas yang terserap pasar kerja ). Fasilitas dan ruang tak terpakai itu malah digunakan untuk ruang ideologis baru/ ekstrimis. 20% anggaran pendidikan di APBN belum tepat sasaran ?

Universitas dengan riset terbaik : UGM, IPB, Undip, ( Unpad-Bandung, Unair-Surabaya, disebut di antara 10 universitas riset terbaik tsb ). UGM punya tradisi : pengenalan kampus pada mahasiswa barunya dengan pelajaran kewarganegaraan, cinta tanah air, setia Pancasila, cara studi mandiri/ self-learning di universitas, sosialisasi dengan teman dari fakultas lain untuk melatih kolaborasi dalam mencari solusi atas persoalan yang dihadapi ( internal kampus itu miniatur dunia nyata yang lebih lengkap/ kompleks ), memperkenalkan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di kampus untuk latihan berorganisasi, berdiskusi/ brain storming, memimpin orang, manajemen waktu dan dana. Setelah kuliah sekian semester, mahasiswa UGM diminta kerja praktek lapangan, berinteraksi dengan masyarakat/ persoalan sebenarnya, tinggal di rumah warga/ desa, memberi solusi/ membangun fasilitas untuk warga tsb, sehingga setelah lulus sarjana, mereka tak gagap saat masuk dunia kerja sesungguhnya.

Prof. Azra menyarankan beban studi mahasiswa dikurangi : yang semula 8-12 mata kuliah per semester jadi 4-5 mata kuliah saja dengan 4-5 sks per mata kuliah ( fokus/ mendalam/ ekspert ). Lokakarya untuk dosen tentang agama dan kebangsaan juga perlu digiatkan untuk mencegah dosen men-infiltrasi paham radikal pada para mahasiswa.

Diperkirakan, sebanyak 23 juta pekerjaan saat ini akan hilang, dan akan muncul 27 juta pekerjaan baru pada tahun 2030. Dari survei, diketahui 69% warga milenial saat ini ingin jadi owner bisnis/ start-up. Diketahui pula, pengangguran lulusan diploma meningkat, kini 6,9% dan universitas/ sarjana, kini 6,2%. Solusinya : instal hardware agar mahasiswa siap terjun ke industri 4.0. Internet of things.

Di episode Q & A, MetroTV pernah ramai didiskusikan : legalisasi ganja untuk penelitian. Lalu BPJS mengeluhkan mahalnya obat yang sebagian besar bahannya masih impor. Terakhir, Kick Andy Show ( MetroTV, 29/11/2019 ) menghadirkan Kilala Tilaar/ anak kedua Martha yang bicara tentang kekayaan flora fauna Indonesia untuk kosmetik dan obat/ herbal. Keanekaragaman hayati kita bisa diteliti oleh akademisi di kampus lalu diproduksi industri farmasi kita untuk mengurangi beban pasien BPJS, tanpa perlu menambah resiko bertambahnya penderita narkoba karena tanaman ganja yang kurang pengawasan ( akui kelemahan kita masih pada pengawasan, pemeliharaan, penegakkan hukum ). Biarlah luar negeri kaya dengan mengekstrak ganja dan mengekspornya ( penegakan hukum mereka sudah lebih baik. Mereka juga punya ladang opium yang luas di Afganistan dan negeri-negeri muslim lain yang mereka invasi untuk diedarkan ekstraknya oleh sindikat narkoba internasional ke seluruh penjuru dunia. Ambisi zionis no.1, remember ? Kita takkan unggul bersaing dalam kebatilan dengan mereka. Di Oprah Show, banyak pasien bersaksi : menjadi pecandu narkoba dan rumah tangga mereka hancur setelah kecelakaan mobil/ patah tulang dan diobati di klinik yang menggunakan resep mengandung bahan narkoba tsb ). Kita bisa lebih kaya/ sehat kok dengan produk jamu dan obat ekstrak tanaman tropis hasil inovasi SDM unggul di kampus riset. Setuju ?

( Konsumsi orang Indonesia menurut standar PBB : Rp 20.000 per orang per hari x 267 juta penduduk × 356 hari = sekitar Rp 1.700 triliun per tahun ( APBN sekitar Rp 2000 triliun ). Jika konsumsi dalam negeri ini bisa dipenuhi oleh petani, nelayan, peternak, produsen lokal ( termasuk obat ) maka itu bisa mendorong maju perekonomian kita. Apalagi jika bisa mengekspor surplus produksi tsb ( Economic Challenges, MetroTV, 27/11/2019 ). Pertumbuhan ekonomi 5,2% sudah di tangan. Kita tak perlu terlalu risau dengan perang dagang di luar sana ).

ESELON DIBABAT BIAR INVESTASI & PELAYANAN PUBLIK CEPAT.

Andrinof Chaniago, pengamat kebijakan publik mengatakan, yang penting dilakukan adalah perencanaan dan pengoptimalan kerja pejabat fungsional setelah eselon dirampingkan. Selama ini, ASN ( PNS dan pegawai kontrak/ fungsional ) mengincar jabatan struktural yang memberinya fasilitas, tunjangan, dan kekuasaan. Jabatan struktural ikut mengambil keputusan penting ( contoh, izin proyek perlu tanda tangannya, kalau dia sibuk dinas luar kota, rapat tertunda, investasi terhambat. Ketua Korpri mengusulkan sistem IT untuk mengatasi persoalan akibat ketakhadiran si pejabat secara fisik di ruang rapat ). UU no.5 tahun 2014 tentang ASN mengatur bahwa swasta/ profesional bisa masuk lembaga pemerintahan ( regulasi sebelumnya tidak bisa ). Kini ada pembagian posisi : administrasi, pengawas, dan pimpinan tinggi.

Sekitar 430.000 pegawai eselon 3-4 akan dibabat. Birokrasi sehat adalah kunci sukses eksekusi kebijakan pemerintah ( pengguna anggaran ), bukan presiden atau pun menteri. Perlu job training untuk memaksimalkan kinerja pejabat tsb. Kepda jangan lagi menitipkan anggota timsesnya ke jabatan struktural untuk balas jasa/ bayar hutang kampanye. Contoh, dokter hewan jadi kepala puskesmas di daerah karena kedekatannya dengan kepda ( EMI, 2/12/2019 ). Mau diobati TB oleh dokter hewan ?

Ada 42 000 peraturan yang bertentangan yang harus disinkronkan/ dihapus. Eselon 3-4 saat ini menempati posisi kepala bidang/ kantor dan sub bidang/ camat. ASN eselon 3 di Jakarta bisa take home pay Rp 12 juta per bln. Sedangjan di daerah ‘cuma’ Rp 6 juta, sehingga sering tak cukup untuk membiayai sekolah anaknya yang beranjak SMA/ universitas ( pemerataan kesejahteraan perlu diperhatikan sebelum menuntut kinerja prima ASN ). Pemerintah menjawab, dana tunjangan eselon 3-4 tidak lenyap, melainkan dialihkan menjadi reward/ remunerasi bagi pejabat fungsional yang berkinerja baik. Bahkan bisa melebihi tunjngan struktural, jika bisa excellent/ hebat prestasi kerjanya.

Kemenkeu sudah memulainya Jumat lalu ( 29/11/2019 ). Lainnya, menyusul tahun 2020. Posisi kepala dinas, kepala kejaksaan negeri adalah eselon 3 pusat yang struktural, tak bisa fungsional. Perlu dibarengi pula dengan kejelasan jenjang pembinaan ASN untuk bisa masuk eselon 1-2 dan memimpin orang. Tidak didrop orang tak jelas lagi/ orangnya kepda. Sehingga protes dari mereka yang terusik bisa dikurangi. Menghadapi perubahan, siapa sih tak galau ? Jokowi bilang akan mengganti pekerjaan eselon 3-4 dengan AI/ kecerdasan buatan. Semoga tranformasi birokrasi lelet ke birokrasi sigap profesional bisa berjalan mulus. Amiin..

BIKIN KTP-E & KK DI ATM DUKCAPIL/ MALL. Praktis..

Ada 50 mesin anjungan dukcapil yang siap disebarkan di 50 kota ( ruang ATM, mal ) untuk memudahkan warga mencetak KTP-E dan KK setelah warga mendaftar ke disdukcapil di wilayah masing-masing dan mendapat QR Code via sms dan e-mail ( Prime Time News, MetroTV, 26/11/2019 ). Password membuka ATM ini bisa dengan QR Code, scan sidik jari, atau mengetik NIK. Alat ini termasuk Artificial Intelligence yang dibilang Jokowi untuk mempercepat pelayanan publik/ membabat eselon. Canggih pan ?

AKSELERASI BUMN. SUB HOLDING & FOKUS CORE BISNIS

Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) berorientasi melayani masyarakat ( sebesarnya kemakmuran rakyat sesual pasal 33 UUD 1945 ) dan memberi pendapatan bagi negara. Faktanya, BUMN kini masih belum maksimal mencapai tujuan pembentukannya tsb. Dari 142 BUMN ( dan sekitar 700 anak dan cucu perusahaannya ) baru 15 BUMN yang memberi keuntungan pada negara ( tingkat pengembalian aset di atas 2-3% ). Sisanya, hidup segan mati tak mau ( membebani keuangan negara ) atau merugi ( TPA minus ) karena tidak fokus pada core bisnis dan anak-cucu perusahaan BUMN tidak related/ terkait dengan bisnis inti tsb. BUMN minyak, misalnya, bisa punya anak perusahaan berupa hotel, rumah sakit, penerbangan, dsb, yang cenderung menjadi tempat hidup parasit di dalamnya yang menikmati suntikan dana dari negara agar tidak kolaps.

Hampir semua BUMN kini punya hotel, untuk survive di era disrupsi atau kemaruk ( memperbesar keuntungan dengan aji mumpung/ mengambil lahan swasta atau sektor informal warga lokal ). Sejarahnya, BUMN diamanati rakyat untuk menyediakan jasa dan barang yang menguasai hajat hidup orang banyak, dan bidang-bidang yang belum mampu disediakan swasta ( contoh, tol Trans luar Jawa digarap BUMN karena swasta kurang berminat/ modal ).

Namun, kini swasta sudah mampu menyediakan dengan lebih efesien sehingga BUMN perlu bersinergi dengan BUMN pesawat/ GIA atau hotel swasta, tak perlu punya pesawat dan hotel sendiri-sendiri ( enyahkan ego sektoral ). Dengan video call/ WA atau teleconference/ skype, peserta rapat bisa berdiskusi dari tempat masing-masing, tak perlu ngumpul dulu di meeting room hotel atau pulang pergi naik pesawat. Hemat waktu, tenaga dan uang ( negara ). Fokus pada bisnis inti yang sudah dipikirkan kemanfaatannya oleh para founder dahulu.

Dalam rangka mengembalikan BUMN pada habitatnya itu, menteri Erick menata kembali BUMN sebagai sub holding. Anak perusahaan harus related dengan core bisnis induknya/ kompetensinya. BUMN Krakatau Steel yang punya 60 anak perusahaan harus memeriksa keterkaitan bisnis utama dengan bisnis ‘anak-ana knya’. Begitu pula BUMN lain yang punya anak perusahaan di bidang properti, perbankan, retail, dsb, perlu melakukan restrukturisasi, mempertajam inovasi dan produktivitasnya, sehingga yang neracanya minus bisa positif ( tak jadi beban negara ), bahkan bisa memberi keuntungan pada negara ( sebagai pemegang saham utama ).

Jika semua BUMN sudah profit, baru beranjak ke super holding ( seperti Temasek-Singapura yang punya 7-8 sektor bisnis ) yang menggarap proyek-proyek besar di luar negeri. Well, kita doakan semoga Bang Erick bisa menyehatkan BUMN kita sampai berkontribusi 50% atau lebih ( kini baru 23% ) pada APBN. Selamat berjuang, Bang..

TETAP DUA PERIODE UNTUK MASA JABATAN PRESIDEN

Menggelinding wacana 3 dan 1 periode jabatan presiden ( Prime Time News, MetroTV, 24/11/2019 ). Siapa yang menggelindingkan isu ini di ruang publik ? Isu kontra produktif/ sempalan seperti ini tak perlu dilayani. Presiden sehabis mengunjungi Desa Gamcheon, Busan, Korsel ( semula kumuh kini jadi desa teknologi ) merasa ada yang sedang cari muka terkait isu 3 periode ini. Ia memilih memikirkan solusi keluar dari tekanan ekonomi eksternal/ Perang Dagang.

Yah, dibiarkan dulu di publik, jangan langsung dibakukan. Tiap aspirasi yang muncul tak harus semuanya dilayani, apalagi sampai menyita waktu dan energi yang diperlukan untuk mengatasi persoalan bangsa di depan mata/ substantif. Pengamat pemilu Titi Anggraini mengatakan, hasrat berkuasa 3 periode jika dituruti akan merembet ke seumur hidup. Pengalaman berbagai bangsa di dunia 2 periode jabatan 4-5 tahun adalah yang paling banyak/ cocok digunakan untuk saat ini.

Kalau satu periode/ 7-8 tahun agar presiden tak tersita waktunya berkontestasi untuk periode berikutnya ( seperti Filipina, gelaran SEA Games 2019 ternyata kurang persiapan/ dikecam warga dan peserta. Semoga Indonesia masih bisa masuk 2 besar juara meski dengan segala keterbatasan sarana dan akomodasi di sana karena pembatasan anggaran Senat/ parlemen Filipina. Kontingen santri Jabar juara umum even Pospesnas/ PRSSNI 3/12/2019 ) akan bermasalah bagi dunia usaha karena kurang kesinambungan kebijakan/ program pembangunan. Di sisi lain juga menyulitkan publik mengganti kepemimpinan negara jika presiden terpilih ternyata tudak becus bekerja. Sudahlah, presiden 2 periode saja. Oke ?

GIANT SEA WALL JAKARTA. Tidak mau tenggelam..

Giant Sea Wall sepanjang 4,7 km dari rencana 23 km sudah dibangun untuk nencegah Jakarta tenggelam. Diding Setiawan, tokoh nelayan Teluk Jakarta/ pantai utara yang semula mendemo reklamasi, kini mau mendukung jika diajak dialog reklamasi ( penuntasan Giant Sea Wall ) karena sudah tahu jika bahaya tenggelam Jakarta sampai benar terjadi maka yang pertama akan tertimpa musibah mengerikan itu adalah tempat tinggalnya dan rekan nelayan ( The Nation, MetroTV, 19/11/2019 )

Pengamat tata kota Nirwono Yoga bilang : intrusi air laut ( air tanah jadi asin ) saat inii sudah sampai Bundaran HI. Pemanasan global yang mencairkan es kutub dan meninggikan muka air laut, memperperparah dampak penyedotan air tanah oleh gedung-gedung tinggi/ pencakar langit ( muka air tanah turun, air laut masuk/ tanah amblas, air rob/ pasang sulit kembali ke laut/ terus menggenang/ mengikis daratan Jakarta ).

Tahun 2050 Jakarta akan tenggelam jika tak ada perbaikan signifikan mulai sekarang ( Dukuh Atas jadi bibir pantai Jakarta ). 3 PR/ pekerjaan besar mencegah Jakarta tenggelam : hentikan penyedotan air tanah, olah sungai ke muara hingga layak minum ( selama ini Jakarta tergantung suplai air 85% dari waduk Jatiluhur, 10% sedot air tanah, 5% dari pengolahan air permukaan ), dan menuntaskan Great Sea Wall/ tembok raksasa penahan air laut.

GRASI KORUPSI GUBERNUR RIAU. Sinyal tidak tegas..

AM, mantan gubernur Riau, 79 tahun, terpidana kasus suap alih fungsi lahan diberi grasi pengurangan hukum 1 tahun dari 7 tahun penjara ( jadi bebas Oktober tahun 2020 ) oleh Presiden Jokowi setelah mendengar pertimbangan MA ( disetujui ) dan menkopolhukam, dengan alasan tua dan sakit-sakitan ( tapi sangat gigih memperjuangkan pembebasan dirinya ). Ada sindiran : apa negara merasa berat membiayai rumah sakit si napi ? Terpidana narkoba sakit-sakitan tak meluluhkan hati presiden kok ( EMI, 29/11/2019 ). Padahal narkoba dan korupsi sama-sama kejahatan kemanusiaan. Extraordinary crime yang layak dihukum mati, atau di lempar ke mulut kawanan buaya lapar seperti di China. Apalagi AM ini sudah melakukan korupsi berkali-kali. Pantang kapok. Kalau uzur jangan berani korupsi, udah tahu kuping KPK tajam mengawasi. Salah sendiri, kok sekarang merengek-rengek minta diampuni. Memalukan.

Masa SBY, presiden bahkan pernah memberi grasi 3 tahun pada koruptor. Bukan main cerobohnya, mengusik rasa keadilan masyarakat. Pesan grasi semacam ini bagi calon koruptor memberi sinyal : presiden tak tegas terhadap tipikor. Dipertanyakan komitmennya oleh publik. Dicurigai ada ruang kompromi oleh oposisi. Serba salah, meski presiden dan menkumHAM bilang grasi ini cuma perkecualian dari segunung permohonan grasi yang disodorkan napikor. Aktivis anti korupsi meminta presiden mencabut grasi.

We say, don’t do it again, Mr. President. Karena setelah grasi, napikor lain akan lebih bernafsu/ berlomba-lomba mengajukan grasi. Nah, lho. MenkumHAM YL mestinya jangan diminta masuk kabinet lagi ( semangat anti korupsinya tampaknya lemah, lebih akomodotif terhadap aspirasi partainya, bukan rakyat ). Soal lapas/ mewah dan RKUHP juga banyak masalah di tangannya. Mantan hakim Dr. Asep Iriawan/ narsum langganan MetroTV atau Prof. Eddy Hiariej / guru besar hukum pidana UGM, rasanya kok lebih pas/ kapabel di posisi menkumHAM. YL, setahu saya, sempat mundur untuk dilantik sebagai anggota DPR RI. Kenapa dia masuk lagi ? Capee deh..

SOLUSI KORBAN UMROH FIRST TRAVEL

Kasus penipuan biro pemberangkatan umroh First Travel ( FT ) sudah di babak akhir. MA sudah memutuskan kasasi : aset FT masuk kas/ dirampas negara karena masalah bukti dan legal standing pemohon. Setelah ditaksir, aset FT yang bisa disita ternyata hanya bernilai Rp 25 miliar, kata Abdullah, kabiro humas MA ( Prime Time News, MetroTV, 2/11/2019 ). Kalau pun dibagi 63.000 jemaah FT, tiap orang paling hanya menerima Rp 300 ribu. Jauh dari biaya umrah normal ( di atas Rp 20 juta per orang ). Sehingga negara/ kemenag hanya bisa membantu memberi subsidi/ menitipkan beberapa jemaah FT pada biro umrah terpercaya. Jemaah selebihnya diminta ikhlas, terutama mereka yang lebih mampu secara ekonomi ( jika kehilangan diikhlaskan, Insya Allah memberi ganti yang lebih baik ).

Realistis ( kritis-waspada sejak awal ), tak mungkin WNI bisa umroh dengan cuma membayar Rp 8-12 juta per orang ( sepertiga harga normal ) bisa menghindarkan masyarakat dari penipuan. Uang negara/ pajak rakyat juga tak bisa semaunya digunakan untuk nomboki Rp 300 ribu itu jadi puluhan juta agar semua korban FT bisa umroh ( WNI lain bisa iri/ timbul persoalan baru ). Bukannya negara/ hakim tak punya hati nurani, seperti protes jemaah FT usai putusan perdata di PN Depok kemarin. Semua ada aturannya, termasuk berperkara di pengadilan.

Di antaranya, jumlah kerugian jemaah mesti dirinci satu persatu. Setiap jemaah FT punya hak perdata. Lima pemohon kasus perdata FT tidak cukup mewakili 63.000 korban FT yang tersebar di seluruh nusantara dengan kerugian nominal bervariasi lalu menuntut aset FT senilai kerugian tsb dikembalikan pada mereka ( gugatan Rp 49 miliar ). Ario Tedjo, satu dari 5 penggugat di PN Depok dan Dewi Gustana, agen FT yang sudah 2 tahun berjuang sejak kasus ini bergulir mungkin terpaksa menelan pil pahit dan berusaha memetik hikmah dari kasus FT.
Di acara Hotroom ( MetroTV, 26/11/2019 ) muncul saran dari Tobas ( anggota Komisi III DPR RI ) : Kemenag, Kejagung, Kemenkeu perlu duduk bersama untuk memberi rasa keadilan pada ribuan korban FT. PP no.27 tahun 2014 memberi kewenangan pada menkeu untuk pemindahan tangan atas penggunaan aset FT yang sudah dirampas milik negara ( dilelang, uang dibagi ke para korban ).

Jika saja, dulu jemaah FT lebih gesit bergerak menyita aset FT di pengadilan niaga/ KPPU sebelum pasutri penipu pemilik FT di bui polisi ( aset FT belum sampai dirampas negara di MA atau disita penyidik polisi sebagai barang bukti, atau diambil lebih dulu oleh rekanan FT/ pemberi piutang dalam tuntutan pailit ) maka PN Depok mungkin takkan menolak gugatan korban FT ( karena aset FT yang di minta pemohon masih ada. Kini setelah putusan MA inkrah, aset tsb milik negara, bukan lagi milik pihak tergugat/ FT ). Nasi sudah jadi bubur.

Next time, seperti pernah saya posting di blog ini beberapa tahun lalu ( tapi kejadian lagi karena tak ditindaklanjuti ) : agar pengelolaan umroh diperlakukan seperti pengelolaan haji. Masyarakat menitipkan uang pembayaran umron ke perbankan kredibel yang ditunjuk pemerintah, lalu pemerintah menyeleksi biro umrah terpercaya yang bisa dipilih calon jemaah untuk memberangkatkan mereka umroh ke Mekkah. Ada uang jaminan biro terpilih andai jemaah gagal berangkat sehingga jemaah bisa dialihkan ke biro umroh lain. Jemaah tak terlalu kecewa/ rugi. Negara hadir dan bernurani.

SERTIFIKASI MAJELIS TAKLIM

Muncul tudingan “berlebihan” ketika kemenag memunculkan ide “sertifikasi majelis taklim”. Namun ketika ditanya balik, si penuding tak bisa menjawab. Ada sekitar 5000 KUA yang bisa membina sekitar 60.000 ustadz/zah di Indonesia. Mereka akan didaftar ( untuk dapat tunjangan kegiatan/ dukungan fasilitas/ peningkatan ilmu ) dengan syarat : menguasai Qur’an dan Hadis, serta ajaran agama dengan baik. Mestinya, orang yang benar-benar kredibel/ berilmu agama lengkap yang mengajari cara beragama yang benar atau berdakwah soal agama. Agama lain, seperti pastur/ pendeta Nasrani juga punya kualifikasi ketat tentang siapa yang berhak disebut pendeta dan mengajari jemaat cara beragama yang benar/ damai. Bukan sembarang orang yang ( bahkan belum hafal isi juz 30 ) dibiarkan berkoar mengobarkan ‘jihad’ ke Suriah atau meneriakkan ‘kafir’ di ruang publik/ milik 6 agama, seperti yang terjadi selama ini. Negara cuma mengkoreksi kekurangannya yang selama ini abai, sehingga sempat muncul ketegangan SARA yang merugikan kita semua. Tak ada yang berlebihan.

Sekitar 48% milenial/ 129 juta anak muda akan menjadi target pemerintahan Jokowi untuk membumikan Pancasila melalui olahraga, musik, film atau 3 hal yang paling disukai anak muda ( Prime Time News, MetroTV, 3/12/2019 ). Tujuan negara takkan tercapai jika warganya tak satu ideologi/ Pancasila. Beragam ideologi membuat bahtera NKRI limbung lalu tenggelam. Tak boleh terjadi.

PENIPU AKUMOBIL. FLASH DEAL YANG MENGECOH..

Bermula dari AkuMobil dikeluarkan dari daftar bisnis ilegal lalu jadi legal oleh oknum OJK, membuat 2600 peminat ( dari pemilik dealer sampai perwira bintang 1 ) yang menghadiri pameran di mall besar di Kota Bandung terkecoh membayar deposit Rp 1 juta untuk ikut undian menggiurkan ( dapat hadiah mobil sepertiga harga ). Anehnya mereka tak curiga, ketika 1700 orang yang dinyatakan menang harus bayar Rp 50 juta dalam waktu 15-30 menit ( sinyal penipu calon korban tak diberi waktu cukup untuk berpikir. Normalnya, kita perlu waktu sekurangnya 2 minggu untuk membeli barang seharga jutaan, untuk crosscheck dan mengendapkan hasrat keinginan : apa benar-benar perlu ? ).

Nyatanya, baru 250 mobil terkirim yang terkirim. Itu pun menurut saksi yang hadir di acara Hotroom ( MetroTV, 19/11/2019 ), ia belum dapat BPKP ( kuatir dikira barang ilegal ). Si dealer ( niat jual beli ) yang tergiur harga super murah hingga 30% harga normal, memborong 7 mobil, karena lihat ada teman di jajaran panitia undian ( atau rakus ? ). Korban lain menjelaskan kenapa mereka tertarik/ berkilah karena sistem Flash Deal sedang trend ( lihat iklannya di TV, sejumlah marketplace tak mau kalah dengan BL menawarkan diskon gila-gilaan/ bisa dapat hadiah mobil, ponsel, laptop, motor cuma dengan ikut undian Rp 12.000 bahkan Rp 1,- dengan peserta 999+. Ikut tiap hari selama 3 bulan penuh pun tak ada yang tembus ). Bedanya situs jual tsb tak memenangkan semua peserta seperti penipu AkuMobil yang berjanji akan mengembalikan dana bertahap seiring deposit yang masuk ( peserta belakangan takkan kebagian mobil seperti bisnis MLM/ arisan berantai ).

Ibarat seruan intoleran yang melengahkan korban ekstrimis, sistem flash deal yang ngetrend di ruang publik/ media juga melengahkan korban AkuMobil. Beda tipis atributnya. Penipuan atau malpraktek/ wanprestasi ?

Solusinya : kejar aset BJS ( apa dia yang ortunya ‘bisnis’ jual koin emas di Trenggalek, Jatim yang meminta warga desa menggadaikan sertifikat tanah untuk membeli koin mereka, sampai punya berderet mobil mewah di garasi ? ) seperti pada kasus First Travel ( sebelum aset BJS disita penyidik, rekanan, negara ). Pencegahannya : OJK/ aparat harus pro-aktif menyisir pameran di mall, selidiki legalisasi perusahaan, pengurus/ panitia dan izin undiannya. Masyarakat juga waspada jika ditawari barang super murah melebihi akal sehat/ harga normal. Teliti sebelum membeli/ cek ke aparat/ OJK.

TEROR DEBT COLLECTOR. Aparat tangkap fintech ilegal, tak perlu aduan..

Ellis Widyawanti meminjam uang lebih Rp 15 juta dari 15 koperasi simpan pinjam ( ilegal ) di Batam, dengan bunga 20% per bulan dibayar per hari. Ellis dan anaknya sempat tersekap nyaris kelaparan pada 24/11/2019 karena didatangi penagih hutang yang meneror dengan mematikan aliran air, listrik, bahkan menggembok pintu pagar dari pagi sampai sore. Untung, suaminya di Jakarta masih bisa dihubungi, untuk menghubungi KPAI yang lalu menelpon polsek terdekat rumah Ellis ( Hotroom, MetroTV, 3/12/2019 ).

Debt collector asal NTT bernama Pieter Nuwa Wea sudah 13 tahun bekerja menagih hutang miliaran ( minyak, solar, batubara ) dan mendapat komisi terbesar 40-50% dari nilai kredit macet tsb. Pengalaman naasnya : pernah ikut kena grebek polisi ketika menagih hutang Rp 2 m namun kemudian dibebaskan karena penjaminan sertifikat rumah untuk bayar hutang sudah atas izin keluarga si debitur.

Ahmad Tariq, mahasiswa yang namanya digunakan orang lain untuk meminjam uang, bisa melapor ke polisi, dan si pencuri data terkena pasal 263 tentang pemalsuan data.

Entjik Djaffar, wakil Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia yang memayungi 140 perusahaan pendanaan, dengan nilai dana Rp 60 triliun sudah masuk ke masyarakat per tahun 2019. Fintech yang tergabung dalam asosiasi ini sudah terdaftar resmi di OJK dan menetapkan bunga maksimal 0,8% per hari, tak boleh lebih. Dianggap fintech ilegal jika sudah mematok bunga 2-3% per hari ( aparat bisa segera menangkap ribuan fintech ilegal, tanpa menunggu aduan korban ).

Software fintech resmi diperiksa OJK ( tak boleh menyedot data pribadi, nomor kontak dalam phonebook dan foto peminjam tanpa izin seperti lazimnya aplikasi di play store ). Cara kerja fintech resmi itu tertib, mulai dari ngecek KTP-E calon peminjam dengan langsung terhubung dengan sistem dukcapil ( kantor kependudukan dan catatan sipil ), foto peminjam tak cukup dengan men-scan KTP-E, tapi sampai video call lewat WA dan melihat wajah calon peminjam dan merekamnya untuk kehati-hatian memberi kredit. Juga memanfaatkan big data/ AI untuk menilai kemampuan calon debitur dalam membayar hutang.

( kalau fintech ilegal, cuma dalam beberapa menit setelah men-scan KTP-E, kredit bisa cair. Hutang Rp 15 juta bisa membengkak jadi Rp 30 juta dalam 10 hari dan pada hari ke-8, sudah mulai diteror debt collector. Berabe kan ? Mending pinjam uang dari teman baik/ keluarga dekat, jual barang sendiri, atau berhemat untuk bisa membayar barang yang dibutuhkan, pesan Ellis insyaf. Hotman Paris menyarankan, jika debt collector sampai merampas kemerdekaan anda/ hilir mudik di depan rumah, segera lapor ke polsek terdekat, lalu kirim foto laporan pada kepolisian itu pada penagih lewat WA ( identitas/ nomor penagih sudah di tangan polisi ) sehingga mereka mengerem kekerasan terornya pada peminjam )

Supardji Ahmad ( ahli hukum ) mengatakan, belum ada kejelasan tentang tindak pidana korporasi hingga saat ini ( kasus Cityba** dulu, hanya kena sanksi administrasi, meski kekerasan 5 debt collector yang disewanya sampai merenggut nyawa si debitur ). UU Perlindungan Data Pribadi juga belum ada sehingga debt collector bisa meneror debitur dengan menyalahgunakan data pribadi peminjam yang tersedot melalui aplikasi. Debt collector harus ber badan usaha. Calon peminjam perlu memeriksa badan usaha fintech ( di OJK/ otoritas jasa keuangan RI ) sebelum meminjam ( agar tak meriang diteror ).

PEOPLE OF THE YEAR 2019

MetroTV dalam HUT-nya yang ke-19 memberi award bagi 5 orang yang telah berkontribusi besar bagi negara yaitu : CEO Start Up : Devara, kini staf khusus presiden, founder aplikasi Ruang Guru ( People of the Year 2019, MetroTV, 24/11/2019 ). Hendro Utomo untuk kategori social media movement. Newsmaker of the year : Sri Mulyani. CEO of the Year : Tumimawa, dari Wijaya Karya ( penilaian September 2018 sd September 2019). Government officer : walikota Semarang, Tangerang Sel,atan, Surabaya, Yogyakarta, dan Bupati Banyuwangi. Selamat ya. Semoga makin menginspirasi.

CLOSING

Elang, singa, harimau, macan tutul salju ( bisa meloncat 10 meter untuk menerkam mangsa ), komodo, beruang kutub, hiu putih, buaya adalah predator puncak dalam rantai makanan di ekosistemnya ( On the Spot, Trans7, 27/11/2019 ).

Kita tak bisa mengirim bebek ke sekolah elang, kata pengusaha retail yang senyum dan pelayanan staf-nya melegenda. Kami mencari orang berkualitas itu dan mengajarinya produk dan budaya perusahaan kami ( K-Lite FM, 28/11/2019 ). Senoga SDM unggul di Indonesia bisa jauh lebih banyak lahir/ dicetak daripada koruptor yang membebani bangsa ini selama puluhan tahun. Untuk menyongsong Indonesia emas tahun 2030-2045. May the dream comes true..

*****

PARIWISATA WARGA +62 : TOP DEVISA

Olahraga ekstrim pemacu adrenalin seperti di Geopark Citatah, Jawa Barat. Siap adu nyali ?

PANJAT TEBING DI KARST CITATAH. Balapan dengan Kopassus..

Tebing Citatah adalah kawasan tebing di Kabupaten Bandung Barat ( KBB ) sejauh 5 km dari Padalarang. Jika memasuki Kota Bandung dari Cianjur, Bogor, Jakarta melewati Puncak/Jonggol, anda akan melewati kawasan Tebing Citatah, dengan morfologi berbukit dari kapur, terlihat berbeda dengan bukit pada umumnya.

Citatah disorot berbagai media lokal dan nasional setelah KRBC ( Kelompok Riset Cekungan Bandung ) menemukan situs purba Gua Pawon ( 9/12/2000 ), Pasir Pawon, Karst Citatah berupa alat batu, tulang, gerabah, sisa tulang dan gigi binatang.

Citatah menjadi area pertambangan kapur yang produktif sejak pertengahan abad 19 dan makin aktif setelah menggunakan alat canggih dan dinamit untuk meledakkan bagian bukit yang mengandung gamping dan berdampak buruk terhadap lingkungan.

Citatah memiliki tiga tebing : *TEBING CITATAH 48 ( Gunung Manik ) : terletak di Jl. Pamucatan Raya, Bandung, Jawa Barat. Di bawah pengawasan Kopassus/ pasukan khusus TNI-AD sehingga perlu minta izin ( pada Pusat Pendidikan Latihan Pasukan Khusus/ Pusdipassus di Batu Jajar, Bandung Barat ) sebulan sebelum memanjat tebing setinggi 40–50 meter dari batuan karst/ kapur dengan 25 jalur pemanjatan tsb. Ada tugu berbentuk pisau belati menancap di puncak tebing. Perlu waktu sekitar15 menit ke Tebing 48 dari Tebing 125.

*TEBING CITATAH 90 ( Gunung Pabeasa ) : di daerah Padalarang, Bandung, Jawa Barat ( belakang pabrik Multi Marmer Alam ). Tebing berbatu karst/ kapur setinggi 90 meter dari permukaan tanah ini berada di area pabrik penambangan batu karst. Tebing yang memiliki 4-5 jalur ini lebih sulit dipanjat karena cenderung rapuh permukaannya.

* TEBING Citatah 125 ( Gunung Singgalang ) : tebing tertinggi di kawasan Citatah ( 125 meter ) ini menjadi pusat latihan sekolah panjat tebing yang ada di Bandung dan Jabodetabek. Lokasinya mudah dijangkau, tak jauh dari jalan raya Bandung-Cianjur ( Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat ). Tebing berbatu andesit dan marmer ini punya tingkat kesulitan normal sampai tersulit lewat jalur Hanoman, dan Elang. Tebing terpopuler bagi pemanjat pemula sampai profesional ini bisa dicapai 6 menit jalan kaki dari jalan raya, atau anda bisa parkir mobil dekat tebing yang dikitari kebun warga setempat.

Selama perjalanan menuju lokasi wisata khusus ini, anda akan disuguhi pemandangan indah baik melalui arah Ciawi maupun Tol Cipularang. Have a nice weekend, people..

“Pengantin Yogyakarta”- by Vitrisa, 2017. Culture Love : paper drawing.

EMPAL BANDUNG

Empal Bandung, kuliner khas Bandung, Jawa Barat

BAHAN :

  • 500 gram daging has dalam
  • 500 ml air
  • 500 ml santan dari 1,5 butir kelapa
  • 2 batang serai dimemarkan

BUMBU HALUS :

  • 12 butir bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt merica
  • 3 cm kencur
  • 5 cm lengkuas
  • 1,5 sdm garam
  • 75 gram gula merah
  • 10 gram asam jawa

CARA MEMBUAT :

* Rebus daging dalam air sampai empuk dalam panci tekan/ presto. Jika tanpa presto, tambahkanair rebusan.

* Potong daging tipis-tipis. Tusukkan lidi di daging ( sepotong daging 3 lidi agar serat daging tak terurai ). Baru kemudian, memarkan daging sampai tipis benar.

* Rebus kembali daging dalam santan, salam, serai, bumbu halus sampai santan habis.

* Goreng empal dalam minyak goreng, sebentar saja ( agar empal tidak keras ).

Untuk 8 tusuk, persiapan 15 menit, lama memasak 90 menit ( Resep Majalah Sedap )

Tinggalkan komentar